Langkah Memperbaiki Suara TV Kadang Ada Kadang Hilang

Sedikit cerita pengalaman mengnai suara tv kadang ada kadang hilang, Tentu teknisi pengalaman pernah mengalami keluhan tv sistem audio rusak seperti ini. Bahkan bisa dibilang kerusakan suara ini bisa mudah, bisa saja malah membingungkan, soalnya setiap permasalahan tv itu ada kalanya berbeda kerusakan komponen.

Setiap tv memiliki sistem audio yang berbeda sehingga dari segi komponen kita harus jeli dalam mengenali setiap amplifier yang digunakan oleh sebuah tv.

Mungkin bagi pemula ini penting untuk dipahami bahwa setiap tv juga memiliki komponen amplifier audio namun bisanya pada tv menggunakan amplifier berdaya lebih kecil dan bisanya menggunakan ic sebagai penguatan akhirnya.
Langkah Memperbaiki Suara TV Kadang Ada Kadang Hilang


Input amplifier biasanya diumpan dari blog  ic jungle/ic micom. atau bisa juga dari ic program jika masih menggunakan dua ic.

Bagaimana untuk mengenali blog audio ini, ?

Salah satu cara paling mudah mengenali blog audio sebuah tv adalah dengan cara mengurutkan dari kabel speaker.

Dari speaker itulah seorang pemula bisa mengenali blog audio pada sebuah tv, diurutkan dari kabel kemudian menuju blog audio.

Sebenarnya ada kembaran ic audio yaitu ic vertikal karena sama sama menempel pada pendingin dan jumlah kakinya sma seperti pada tv cina wcom, menggunakan tda2003 ic ini hampir sama degnan ic vertikal 78141. tapi bedanya ic vertikal akan terhubung dengan defleksi yoke. Sedangkan ic audio terhubung dengan speaker.

Nah sekarang kita akan membahas topik utama kita adalah kerusakan tv suara kadang ada kadang hilang

Kita fokuskan pada permasalahan ini. Dan cara ini bisa diterapkan pada berbagai merek tv seperti polytron, wcom, lg, panasonic,sanyo, sharp dan masih banyak lagi. karena sistem audio pada tv tabung memiliki sistem kerja hampir sama hanya saja memiliki perbedaan komponen.

Padac tv lg saya pernah menulis pengalaman juga tentang mengatasi suara tv lg suara besar sendiri. dalam artikel tersebut saya bercerita bagaimana sistem audio pada tv lg dikontrol melalui ic program. Daripada penasaran bisa langsung klik link yang tertulis.

Setelah ketemu blog audio silahkan amati pada komponen komponen yang berada di blog audio tersebut.

Blog audio ini ditandai dengan sebuah ic yang menempel pada pendingin, dan disitulah komponen pendukung berupa elko dan resistor amati beberapa komponen terutama elko yang ada di sekitaran blog audio apakah ada yang mencurigakan atau terbakar atau meledak.

Kemudian amati juga solderan kaki kaki ic amplifier. Kasus retaknya solderan bisa mengakibatkan tv kadang suara hilang kadang normal.
Langkah Memperbaiki Suara TV Kadang Ada Kadang Hilang

Jika perlu langsung soldering ulang saja pada bagian kaki ic karena kemungkinan penurunan kualitas solderan bisa terjadi karena kinerja dari ic audio sangat panas.

Apabila setelah solder ulang ternyata masih belum membuahkan hasil kita menginjak pada bagian tegangan audio.

Cari tegangan dari power suplay biasanya ada yang menggunakan tulisan kadang juga tidak ada, yaitu tegnagan ic audio rata rata 16 volt.

Cara mencari tegangan ini kita bisa mencari jalur dari output power suplai menuju ic audio.

Pastikan tegangan berada di 15-16 volt.

Jika terjadi drop pada tegangan tersebut, cari elko yang memfilter tegangan 16 volt tersebut, biasanya berukuran 470uf 25 volt atau ukuran lainya.

Kebanyakan elko tersebut kering jika terjadi drop pada tegangan 16 volt.

Setelah bisa memastikan tegangan normal biasanya tv yang rusak suara kadang hilang, biasanya langsung teratasi.

Salah satu cara untuk menandai Penyebab kerusakan suara berubah-ubah bisa dengan cara yang sederhana yaitu:

Jika saat tv dinyalakan, kemudian pcb digerakkan suara berubah-ubah bisa jadi keruskan disebabkan ada komponen yang kendor solderanya.

Sedangakan jika sebaliknya suara tidak berubah ketika pcb digerakkan, berarti tegangangan yang bermasalah.

Mungkin itu yang bisa saya bagiakan untuk rekan rekan semuanya terutama bagi yang sedang belajar dalam memperbaiki tv. semoga sedikit membantu.

Mungkin saya juga pernah menulis tentang 4 langkah mudah mengatasi tv hilang suara dalam artikel tersebut sudah dijelaskan bagaimana langkah demi langkah dalam memperbaiki tv masalah audio terutama bagi pemula.

Publish by:soldiradem.com

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Langkah Memperbaiki Suara TV Kadang Ada Kadang Hilang"