TV LG Suara Kadang Besar Sendiri (LV1116N)

Tv lg flatron dengan keluhan suara terkadang besar sendiri - Ketika pertama kali dihidupkan tv menyala dengan normal,  namun setelah beberapa saat suara kadang tiba tiba-tiba langsung besar sendiri. User tv lg ini , biasanya ketika tv umat seperti itu langsung mematikan tv beberapa saat baru kemudian suara normal lagi.Tv lg flatron dengan keluhan suara terkadang besar sendiri - Ketika pertama kali dihidupkan tv menyala dengan normal,  namun setelah beberapa saat suara kadang tiba tiba-tiba langsung besar sendiri. User tv lg ini , biasanya ketika tv umat seperti itu langsung mematikan tv beberapa saat baru kemudian suara normal lagi.

Bagi saya hal ini merupakan sesuatunya baru yang belum pernah saya alami. Sehingga saya menebak apa yang sebenarnya  sebenernya terjadi.

TV saya buka dan kemudian saya  bersihkan dengan kondisi yang kotor. Pada tahap ini saya mulai pengamatan komponen dan soldiran . Ternyata saya dapati bahwa tv ini dulu juga bermasalah pada audio. Terbukti dengan adanya soldering ulang pada blog audio. Yaitu ic amplifier dan ic control lv1116 n.

Karena tegangan semua normal pada ic control terukur dengan 9v audio normal. Akhirnya saya menemukan permasalahan yang sama di google pada beberapa blog. Bahwa permasalahan ini mengarah kepada ic control lv1116.

Saya memutuskan untuk mencari sparpart tersebut , namun ternyata di daerah saya tidak ada yang jual.

Jalan keluar dari masalah tv lg suara besar sendiri ini adalah dengan mengganti ic dengan sistem jumper. Yaitu dengan cara mematikan ic control dengan menju output dari ic cpu langsung ke amplifier. Alhasil tv tidak bisa dikontol dengan volume program. Meski di volume sudah di kecilkan , suara masih tinggi.

Pada akhirnya ic kontrol tersebut saya akan ganti dengan potensio meter biasa. Alhasil volume tv lg menggunakan sistem manual.
Jika tidak begitu bagaimana lagi wong ic sulit didapat.

Ya sudahlah karena yang punya setuju kasus tv lg suara besar sendiri akhirnya rampung dengan mengganti ic kontrol dengan potensio meter manual.

Jadi ic control lv116 berfungsi sebagai tone kontrol sehingga ketika ic ini bermasalah kadang suara tiba-tiba besar sendiri bahkan kadang timbul desis padahal pada saat mode av bukan rf. Karena ic ini sulit di dapat maka ganti dengan potensio adalah jalan akhir. Dengan cara menjumper output audio dari ic jungle ke input amplifie dengan potensio sehingga pengaturan volume menjadi manual.

Semoga bermanfaat!  Ini bukan tutorial artikel yang saya buat hanyalah sebagai referensi saja. Untuk solusi terkadang beda dengan kerusakan yang sama namun komponen yang bermasalah berbeda. Untuk itu penting di fahami.

0 Response to "TV LG Suara Kadang Besar Sendiri (LV1116N)"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel