Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki TV China Layar Gelap Suara Normal

Cara Memperbaiki TV China Layar Gelap Suara Normal

Soldiradem blog
Sedikit nostalgia tentang tv layar gelap tapi suara normal. Dulu hal ini sangat sulit untuk dipahami bagi saya seorang pemula di dunia reparasi tv, hingga pada akhirnya setelah menemui beberapa kerusakan serupa layar gelap suara normal itu hal yang paling menjadi petokan ketika menemui kerusakan berikutnya. Keberhasilna pertama setelah beberapa kali gagal menemui titik terang akan menjadi landasan dan membentuk mindset dalam mengatasi tv layar gelap suara normal. 

Sebenarnya untuk beberapa kerusakan memiliki ciri gejala yang berbeda. meskipun layar gelap tapi ternyata setelah dicek secara seksama terkadang heater nyala tapi layar gelap. Berbeda ketika menemui kerusakan jelas heater mati, itu hal paling mudah dipahami. 

Tv china layar gelap heater tidak nyala

Kali ini saya mendapat Tv china rusak dengan gejala layar gelap heater tidak nyala. Heater tidak nyala hal yang perlu dicuriagai adalah sistem flyback dan juga heater itu sendiri. Dalam sistem flyback ada beberapa kemungkinan antara suplay b+115v atau kerusakan pada suplay heater. 

Pada proses pengecekan ada kerusakan jalur suplay heater dengan masalah tidak ada tegangan. Cek bagian resistor masih normal. cek heater masih nyambung dengan resistensi normal.

Sebelum saya memutuskan kerusakan pada flyback saya cek juga pada tegangan video yang seharusnya 150v ternyata hanya 130 v. Ini ada indikasi bahwa b+115V drop

Dan benar saja secara fisik elko pada bagian b+ sudah melembung. Seolah mengunggah memori lama saya tentang kerusakan dulu pada tv china dengan gejala layar gelap heater tidak nyala. 

Jika anda sedang mengalami gejala yang sama, ini bisa menjadi mindset dasar dalam analisa sebuah kerusakan pada tv china sejenis merek mesin wcom.

 Caranya dengan melihat pada heater menyala atau tidak. Kemudian baru cek pada tegangan video dan juga heater. 

Jika keluaran dari flyback bermasalah itu bisa disebabkan karena suplaynya bermasalah. Tnetu terkadang kerusakan ini hanya bisa ditemukan pada khusus tv china dengan model wcom. 

Tv china layar gelap heater nyala

Pada kasus yang lain layar gelap suara normal pada tv china kamuflase kerusakan. Dimana layar gelap heater nyala. Setelah diselidiki tegangan pada hetar maupun video, dalam keadaan normal. ternyata kerusakan malah terjadi pada blok vertikal.  Di mana ketika screen flyback dinaikkan terlihat di layar ada garis mendatar. 

Kamuflase ini meski dipahami bagi anda yang sedang belajar memperbaiki tv china. terkadang apa yang kita lihat secara fisik bisa jadi rusak pada bagian yang berbeda. 

Garis horizontal di tengah layar tidak nampak jika kontras pada tv rendah dan juga tegangan screen turun. Maka dari itu penting ketika menemui kerusakan layar gelap suara normal untuk menaikkan trimpotv pada screen flyback. 

Jadi ketika menemukan kerusakan tv china dengan gejala heater nyala namun layar gelap bisa dilakukan langkah sederhana yaitu menaikkan adjuster screen di flyback, jika pada kerusakan tegangan video bisa juga mengakibatkan layar menjadi gelap. Atau hal sepele yang disebabkan oleh kerusakan soket CRT. 

Demikian semoga bermanfaat!!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.