Cara mengatasi Mp3 Bluetooth Bunyi Nois Kemresek dan Dengung

Soldiradem Blog - Kali ini saya menemukan masalah pada mp3 kit bluetooth yang mengalami gangguan bunyi desis pada mode bluetooth dan dengung pada mode aux. Keduanya memiliki korelasi hampir sama yaitu karena disebabkan power suplai.  Masalahnya dimana dan bagaimana cara mengatasi bunyi desis pada mp3 bluetooth, mari kita bahas lebih lanjut. 

Kali ini saya mendapatkan pengalaman baru tentang memasang kit mp3 bluetooth mengalami gangguan nois dan hum secara bersamaan. Ketika mode aux normal tidak ada dengung namun setelah menggunakan bluetooth mengalami gangguan suara desis.

Seperti yang saya katakan di awal, gangguan ini disebabkan oleh bagian power suplai. Pertama saya mencoba suplai menjadi satu dengan suplai tone control ternyata terjadi gangguan, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba suplai berbeda namun masih dalam satu ct hasilnya lebih parah lagi. 

Kemudian saya memutuskan untuk menggunakan suplai dari SMPS untuk DVB, pada saat dicoba di luar box hasilnya mp3 tidak dengung lagi. Namun ketika diaplikasikan di dalam box terjadi gangguan desis ketika mode bluetooth. 

Lantas saya menemukan hal yang janggal ternyata disebabkan oleh reaksi SMPS yang ada di dekat kit mp3. Kemudian saya memutuskan memindah SMPS berjauhan dengan kit mp3.  Hasilnya pada mode bluetooth tidak ada gangguan lagi.

Cara mengatasi Mp3 Bluetooth Bunyi Nois Kemresek dan Dengung

Gangguan tersebut hanya pada saat mode bluetooth sedangkan pada mode aux input normal tanpa gangguan hum dan nois. 

Baca juga: cara mengatasi speaker aktif bunyi kemresek

Kesimpulan dari pengalaman ini adalah ketika ingin merakit mp3 kit bluetooth sebaiknya menggunakan suplai terpisah agar lebih stabil.  

Sebisa mungkin menggunakan suplai dari SMPS karena terkadang saat menggunakan trafo masih terdapat gangguan dengung dan nois. bahkan meskipun SMPS tersebut juga untuk suplai kipas ternyata juga tidak terjadi gangguan. tegangan extra trafo jiika sudah digunakan untuk tone control terkadang tidak bisa digunakan suplai mp3 dan kipas secara bersamaan. 

Jauhkan dari segala sumber yang menghasilkan frekuensi termasuk trafo dan SMPS. meskipun harus menggunakan kabel panjang setidaknya meminimalisir gangguan. 

Jika antara soket input aux menggunakan kabel panjang maka kabel harus diganti dengan kabel het bukan kabel pita. Begitupun dengan output harus menggunakan kabel het agar meminimalisir gangguan frekuensi liar. 

Intinya bahwa mp3 mplayer merupakan sumber input yang sangat menentukan kualitas audio jadi harus diperhatikan karena sinyal dari kit terseubt akan diperkkuat sehingga jika dari sumbernya saja sudah cacat maka akan diperkuat lebih buruk di bagian penguat tone contorl dan amplifier. 

Demikian semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya. salam solder!! 

Baca juga: cara mengatasi penguat mic dengung dan nois

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.