Penyebab Speaker Aktif Bunyi kresek dan cara memperbaikinya

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Bunyi kresek

Soldiradem blog - Kita bisa identifikasi gejala kerusakan sebuah speaker aktif dari bunyi yang kita dengar. Ada sebuah speaker aktif tiba-tiba ada suara kresek-kresek meskipun tidak di putar potensionya ada juga bunyi kresek ketika diputar potensionya. Keduanya memiliki perbedaan kerusakan. Mari kita bahas lebih lenjut tentang suara kresek yang sering terjadi pada speaker aktif dan amplifier rumahan yang menggunakan tone control. 

Menarik sekali pembahasan kali ini. Dimana permasalahan kadang sepele menjadi pertanyaan banyak orang yaitu gangguan audio pada speaker bunyi kresek-kresek. Bisa jadi ini masalah kerusakan speaker bisa juga rusak karena sistem amplifier dan tone control, tergantung pada situasi perangkat yang digunakan. 

Maka dari itu kita harus memahami prinsip kerja dari perangkat audio yang akan kita perbaiki misalnya kita sedang menangani speaker aktif maka kerusakan timbul pada tone control, input, amplifier dan speaker, sedangkan misalnya kita menangani amplifier tanpa tone control permasalahannya akan lebih sederhana lagi karena hanya mengarah pada sistem driver.

Penyebab dan solusi speaker bunyi kresek

Konsep mudahnya untuk memahami kerusakan speaker bunyi kresek-kresek bisa menggunakan pertanyaan berikut ini:

Apakah menggunakan tone control? atau hanya menggunakan amplifier saja sudah terdengar kresek-kresek? atau gejalanya ketika volume besar baru terdengar kresek.? atau pada saat suara kecil speaker terdengar ada kresek? Atau hanya terdengar kresek saat volume di putar. Berikut kita bahas satu satu. 

Potensio Bunyi kresek saat diputar 

Perangkat yang menggunakan sistem ini adalah speaker aktif dan amplifier rumahan yang menggunakan tone control. 

Permasalahan timbul keduanya hampir sama yaitu ketika potensio diputar akan terdengar speaker bunyi kresek. 

Kerusakan disebabkan oleh potensio meter mengalami korosi oleh jamur atau karat sehingga mengakibatkan sinyal kresek. Ini sering terjadi pada potensio yang jarang digunakan sehingga terjadi penjamuran pada tembaga maupun material potensio. 

Potensio meter mengalami kerusakan disebabkan sudah longgah dan aus sehingga menimbulkan suara kresek saat diputar. Kadang yang lebih parah ketika diputar kadang besar sendiri. Potensio longgar disebabkan karena pernah terbentur sehingga knop lojek. 

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Bunyi kresek

Cara paling ampuh mengatasi suara kresek yang disebabkan oleh potensio adalah mengganti potensio meter dengan yang baru. Terutama jika potensio sudah lojek.

Untuk potensio yang tidak longgar anda bisa melakukan pertolongan pertama dengan pembersihan ringan menggunakan minyak kayu putih. Awalnya akan kembali normal namun ini akan timbul lagi jika jarang digunakan. 

Timbul suara kresek ketika volume besar 

Sekarang kita membahas tentang permasalahan lain yaitu ketika volume besar speaker bunyi kresek-kresek

Ini masalahnya berbeda lagi. Penyebabnya kadang sepele yaitu pada input. Kabel yang tidak standar bisa menjadi peyebabnya. Tandanya ketika kabel input dicabut maka suara kresek akan hilang. Begitu dikembalikan suara akan hadir lagi. 

Nah pada kasus speaker aktif kita sering manemukan speaker aktif menggunakan input dari mp3 player. AUX dari mp3 player sangat sensitif karena kabel yang digunakan tidak terlindungi sistem ground sehingga gangguan kresek atau kresek-kresek sering terjadi. 

Untuk memperbaikinya kita coba mem-baypas sistem mp3 kemudian input dijalurkan langsung dari soket RCA ke tone control. Kabel yang digunakan harus menggunakan kabel het sehingga terlindung dari gangguan kresek Terutama sangat terdengar jelas di speaker trible. 

Baca juga : cara memperbaiki speaker aktif polytron mati kadang hidup

Blok Amplifier Bunyi kresek meski tanpa input

Artinya speaker hanya terhubung dengan amplifier tanpa tone control namun timbul kresek. 

Penyebab paling sering adalah menyepelekan pada sistem input dimana input berdekatan dengan trafo. ini sangat mengganggu terutama trafo konvensional dan SMPS. Gelombang yang di pancarkan oleh Sistem step down tersebut bisa masuk ke input apabila soket dan kabel tidak terlindungi oleh grounding. Meskipun terlindungi ground juga belum tentu dapat mengatasi gangguan dari sinyal elektromagnet dari sistem step dwon. Maka lebih baik manajemen tata letak lebih baik. 

Kemudian kita bahas penyebab lain tentang amplifer yang terkena gangguan di speaker kresek.  yaitu masalah driver. Tanda paling sering kita temui ialah ketika volume kecil terdengar suara serak. 

Ada dua kemungkinan antara speaker rusak atau bisa juga karena arus DC bocor. maka selidiki dari arus DC terlebih dahulu. 

Arus DC bisa kita ketahui dengan menggunakan maksimal 10v DC meter untuk mengukur. Jika Arus sudah terlalu tinggi lebih dari 5 volt ada dua kemungkinan lagi antara transistor driver atau transistor final. 

Namun ketika terjadi kerusakan pada transistor final kita bisa membaca arus dc lebih tinggi daripada kerusakan transistor driver yang kadang hanya terdeteksi 5 volt kurang. Ini sedikit pengalaman. tapi kadang juga berbeda kasus. 

Cara mencari penyebab kerusakan speaker aktif bunyi kresek 

Cara Memperbaiki Speaker Bunyi kresek

Jika menggunakan tone control pastikan untuk mencopot input dari luar misalnya dari hp, setelah itu ketika permasalahan masih timbul, putuskan antara amplifier dan tone control. dari sini kita bisa menyimpulkan mana blok rangkaian yang menyebabkan suara speaker kresek-kresek. 

Bagaimana jika kita menemukan antara tone control dengan amplifier dalam satu pcb? 

Mudah saja, yaitu kita harus mencari output dari tone control atau driver pada input power amplifier menggunakan elko 1 uf atau kadang menggunakan capasitor 104n.

Jika hanya menggunakan amplifier

Sama seperti penanganan menggunakan tone control, coba cek pada kabel input dari hp. jika masih kresek, geser tata letak input jauh dari sistem power suplai dan jangan lupa gunakan kabel het agar input dapat terlindung ground. 

Beberapa kejadian bahwa potensio meter berkualitas rendah dapat mengakibatkan terjadi suara kresek desis pada saat volume besar. Namun kadang dengan memberikan kabel ke body potensio dihubungkan ke ground masalah ini sudah selesai. 

Baca juga: cara memperbaiki amplifier

 Speaker terdapat Kotoran

Speaker suara kresek bisa juga rusak karena kemungkinan terlalu banyak debu yang tertimbun di dalam lubang coil speaker. Akibatnya ketika coil bergerak terjadi gesekan . Atau bisa juga membran speaker sudah tidak seimbang menggerakkan coil speaker. Untuk lebih meyakinkan anda bisa menggunakan amplifier lain untuk mengecek keadaan speaker yang sesungguhnya daripada hanya menerka-nerka dan ini jalan yang lebih praktis. 

Mp3 Player Penyebab bunyi kresek

Saya pernah mengalami merakit mp3 playe menggunakan bluetooth sering terjadi gangguan audio yang dihasilkan salah satunya bunyi kresek. Peyebab paling sering dari gangguan audio adalah sinyal input yang terganggu oleh gelombang frekuensi komponen lain seperti transfotmator dan radio. Terlebih saat kita menggunakan hp dan bluetooth dimana bluetoot untuk audio rawan sekali gangguan hal semacam itu. oleh karena itu kita harus menjauhkan segala bentuk gangguan dari sumber input mp3 player bluetooth

Langkah mudah memperbaiki speaker aktif bunyi kresek

1. Bersihkan potensio menggunakan minyak bensin bisa juga kayu putih, jika perah harus ganti dengan yang baru. 
2. Perhatikan soket input karena sinyal akan terganggu jika soket input terdapat kotoran dan karat. 
3. Gunakan kabel berkualitas
4. Jauhkan sumber input bluetoot dari sinyal dan gelombang magnet. 

Demikian tentang cara memperbaiki speaker bunyi kresek- kresek dan beberapa penyebabnya. semoga bermanfaat!!!!!!!!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Penyebab Speaker Aktif Bunyi kresek dan cara memperbaikinya"