3 Cara Menghilangkan Dengung Pada Modul MP3 Bluetooth

3 Cara Menghilangkan Dengung Pada Modul MP3 Bluetooth - Berbagi pengalaman melalui tulisan adalah hal yang saya lakukan meskipun era saat ini lebih mengarah kepada video. Namun, saya lebih nyaman mengekspresikan ide dan pengalaman saya melalui tulisan, karena itu adalah dasar yang saya kuasai, bukan sekadar mengabadikan secara visual. Meskipun demikian, saya sadar bahwa minat membaca tulisan telah menurun.

3 Cara Menghilangkan Dengung Pada Modul MP3  Bluetooth

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan pengalaman tentang merakit MP3 player Bluetooth di perangkat amplifier maupun speaker aktif yang mungkin perlu penggantian modul MP3. Dimana ketika merakit modul MP3, kadang kita mengalami kendala berupa gangguan dengung dan noise pada saat disambung ke perangkat amplifier. Ketika dicoba menggunakan tanpa MP3, rangkaian normal, tetapi saat input diberikan modul MP3, ternyata ada suara dengung dan noise ketika MP3 dinyalakan. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya, berikut saya telah merangkumnya untuk anda semuanya sesuai dengan apa yang saya alami.

1. Power supply

Hal pertama yang kita bahas tentang power supply karena dari sini modul ini bisa bekerja dengan normal atau tidak. Gangguan dengung pada MP3 bisa disebabkan oleh sumber tegangan. Mengambil tegangan sembarangan bisa mengakibatkan gangguan dengung pada modul MP3 karena sistem grounding pada MP3 bermasalah atau tegangan mengalami disipasi daya.

Bagaimana baiknya?

Apabila saat pemasangan MP3 untuk speaker aktif tidak ada sumber tegangan yang dapat diambil maka harus digunakan supply MP3 menggunakan supply sendiri. Mungkin biaya operasional lebih tinggi tetapi dijamin hasilnya terbebas dari dengung.

Baca juga: penyebab modul mp3 mudah mati

Penggunaan SMPS?

SMPS menjadi sumber power supply untuk MP3 terkadang yang menjadi penyebab MP3 dengung. Jadi perlu percobaan dalam mencari penyebab dengung dengan cara mencoba dari sumber lain saat power supply yang digunakan adalah SMPS. Dicoba bagaimana hasilnya, apakah ada bedanya, jika demikian kemungkinan karena rangkaian SMPS menjadi penyebab karena rangkaian mengandung frekuensi liar yang dapat mengganggu MP3 player dengung dan noise.

2. Kabel Audio

Menghilangkan Dengung Pada Modul MP3 Bluetooth

Di dalam modul bawaan menggunakan kabel tanpa terlindung ground dan kurang baik untuk audio. Jadi hal ini bisa memicu gangguan frekuensi liar berupa noise dan dengung. Jika dimungkinkan lebih baik dengan menggunakan kabel input bawaan karena dapat meminimalkan dengung dan noise.

Baca juga: cara menghilangkan dengung pada speaker aktif

Ini bukan kata-kata, karena saya telah melakukan pengujian secara langsung. Dimana ketika menggunakan kabel biasa bawaan MP3, ketika disentuh di bagian isolator ternyata memiliki respon terhadap input. Sedangkan ketika menggunakan kabel audio yang dibungkus ground kabel input, ketika disentuh pada bagian isolator tidak akan ada respon sama sekali. Ini membuktikan bahwa pengaruh besar kabel bisa menjadi penyebab MP3 player mengalami gangguan dengung dan noise.

3. Penempatan Modul MP3 dalam box

Saya selalu memastikan ketika menyusun tata letak, saya akan memikirkan bagaimana agar rangkaian tone control dan sumber audio lainnya dijauhkan dari radiasi power supply. Hal ini telah saya bahas sebelumnya dalam artikel saya tentang cara mengatasi gangguan dengung pada modul MP3 pada amplifier.

Dimana pada artikel tersebut saya memaparkan penyebab dan dampak dari radiasi SMPS yang dapat mengganggu sistem audio Bluetooth. Ketika mode aux audio normal, tetapi ketika menggunakan mode Bluetooth noise dan dengung timbul. Dan solusinya adalah memindahkan bagian SMPS menjauh dari rangkaian MP3. Hal ini sering dialami oleh sebagian kita ketika merakit amplifier yang menggunakan modul Bluetooth.

Demikianlah pengalaman saya dalam mengatasi gangguan dengung dan noise pada pemutar musik MP3 saat terhubung ke perangkat amplifier atau rangkaian tone control. Semoga bermanfaat!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "3 Cara Menghilangkan Dengung Pada Modul MP3 Bluetooth"