Cara Memperbaiki Amplifier Mati, Serak, Dengung dan Suara Kecil

Cara memperbaiki amplifier rusak -  Amplifier banyak digunakan dalam berbagai perangkat elektronik yang menggunakan audio seperti: Sound sistem, speaker aktif, TV, radio, dan perangkat lain yang menggunakan sistem audio. Maka tidak heran ketika terjadi kerusakan tidak ada suara atau suara perangkat bermasalah aspek terpenting adalah blok amplifier. Banyak kerusakan pada amplifier berdasarkan gejala umum diantaranya amplifier mati total, amplifier suara serak, amplifier dengung, desis, suara pecah, dan amplifier tidak keluar suara.

Untuk memperbaiki amplifier rusak mati, serak, dengung dan suara kecil secara umum anda bisa mengenal blok amplifier di dalam rangkaian. Pada pelajaran elektronika dasar, amplifier sering digunakan sebagai materi pelajaran awal. Hal ini bertujuan sebagai dasar belajar elektronika yaitu mengenal blok amplifier dan blok power suplay. Sehingga nanti saat mengenal perangkat lain sudah mengerti jenis blok amplifier dan power suplay di dalam rangkaian yang bermasalah. 



Bagi anda yang belum mengenal elektronika dasar sedikitpun tidak usah khawatir. Disini saya akan sedikit menggambarkan sesederhana mungkin cara memperbaiki amplifier agar anda paham mengenai sebuah kerusakan amplifier.

Jenis power supply Amplfier 

Aspek pengenalan dasar, anda harus kenal pada blok power suplay. Pada jenis amplifier terdapat berbagai macam jeis power suplay. Yaitu smps dan power suplay trafo step dwon konvensional.

cara memperbaiki amplifier
Amplifier yang menggunakan Power suplay Model SMPS

Jenis power suplay SMPS banyak dijumpai pada perangkat amplifier model sekarang. Selain bentuknya lebih ramping amplifier yang menggunakan SMPS sangat menguntungkan karena lebih efektif penghematan daya. Model SMPS  tidak hanya dijumpai pada perangkat amplifier saja karena speaker aktif juga menggunakan model power suplay jenis SMPS. Mungkin menggunakan smps pada perangkat saat ini lebih efektif dalam segala hal. Namun utuk ketahanan memang lebih kokoh pada trafo konsfensional.

Cara Memperbaiki Amplifier
Trafo konvensional Toroid

Trafo konvensional ada dua bentuk, ada yang bentuk kotak dan bentuk donat atau yang sering disebut trafo donat. Trafo donat sering digunakan jenis amplifier built up, sedangkan trafo kotak sering digunakan pada amplifier rakitan. Sekarang sudah tersedia banyak trafo toroid untuk digunakan pada trafo rakitan entah itu pabrikan atau rakitan para penghobi yang menjual trafo troid. Kelebihan trafo toroid dibanding trafo konvensional sangat banyak, salah satunya adalah minimnya gangguan audio yang berasal dari bocornya elektromagnetik trafo. 


Kerusakan amplifier yang disebabkan oleh power supply bermasalah yaitu amplifier mati total bisa juga hanya standby. Untuk itu anda perlu mempelajari power suplay sebelum mengenal lebih jauh mengenai kerusakan power suplay. Minimal mengenal komponen power suplay. Yaitu dioda, elko, trafo, resistor, volt dc,voltac. Dengan mengenal tersebut anda dapat mempelajari kisi-kisi apa saja kerusakan pada blok power suplay.

Nah setelah anda mengenal blok power suplay kemudian anda menginjak pada cara memperbaiki amplifier.

Mengenal Driver amplifier 

Materi ini akan mengarah pada sistem penguatan amplifier driver class ab. dimana amplifier ini sangat banyak digunakan saat ini. Dibawah ini merupakan sebuah driver power amplifier class ab yang saya beli untuk dirakit dengan transistor final. 

Driver power amplifier

Untuk itu kita lebih spesifik memperbaiki amplifier dengan jenis class ab dan yang umum digunakan yaitu OCL. dimana jenis driver ini banyak digunakan di perangkat speaker aktif dan kit yang beredar saat ini di dominasi oleh sistem ocl sehingga kerusakan ini banyak dicari. 

Kerusakan driver power amplifier biasanya dan kebanyakan adalah kerusakan transistor, sehingga bagaimanapun andah diharuskan bisa mengukur transistor apakah transistor ini rusak atau tidak. jika asal ganti, mungkin biaya yang akan dikeluarkan akan lebih mahal. Oleh karena itu lebih baik mempelajari cara mengukur transistor, namun apabila merasa keberatan mungkin secara spesifik harus mencari jenis driver yang digunakan dan bagian mana saja yang sering rusak. dengan panduan tersebut anda bisa memperbaiki amplfier dengan lebih mudah. 

Di blog soldiradem ini telah ditulis pengalaman saya tentang berbagai jenis driver berdasarkan kerusakannya. terutama untuk speaker aktif dan jenis driver ocl. 


Sistem kerja pada jenis amplifier satu dengan yang lainya berbeda-beda, tergantung pada sistem yang digunakan pada sebuah amplifier. Ada beberapa kelas pada amplifier audio yaitu class a, class b, class ab, class c, class d, class h.

Amplifier memiliki berbagai macam ukuran, mulai yang sekelas rumahan sampai kelas lapangan. Untuk itu di sini kita akan membahas kerusakan Menurut kisi-kisi saja tidak secara pasti komponen nomer berapa yang rusak namun komponen apa yang rusak.

Cara memperbaiki amplifier

Berikut kisi-kisinya;

Amplifier ketika dihidupkan menyebabkan mcb pln jeglek

Amplifier jika dihidupkan MCB/spedo PLN jeglek ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor dari amplifier berdaya tinggi sehingga MCB tidak mampu menahan daya amplifier dan yang kedua faktor kerusakan pada power amplifier.

Kerusakan pada amplifier dengan gejala seperti ini biasanya terjadi pada jenis power amplifier menggunakan smps. Namun tidak menutup kemungkinan juga bahawa trafo konvensional juga mengalami kerusakan dengan gejala sperti ini. Gejala mcb langsung anjlok menandakan bahwa ada sesuatu komponen yang mengalami korslet berat. Sehingga perlu pengecekan lebih lanjut.

 Pertama cek pada gulungan primer trafo bagi tyang menggunakan trafo. Biasanya terjadi penurunan impedansi pada spoel trafo sehingga menyebabkan korslet berat pada trafo. Pada jenis yang  mengguakan smps ini biasanya juga terjadi pada bagian primer smps. Namun sebelum itu perlu pengecekan pada transistor final amplifier. Pengalaman yang telah saya alami bahwa kerusakan pada power amplifier dengan kerusakan mcb langsung anjlok saat dihidupkan terjadi short circuit pada komponen transistor final.

Selain transistor final kerusakan seperti ini juga dipicu oleh transistor driver short terutama pada bagian bufer akhir yang langsung menyuplai basis trsansistor final. Keusakan pada konsleting driver ataupun transistor final biasanya akan ditandai protek dan juga kadang skring putus. 

Pada pengguna SMPS ketika terjadi gejala semacam ini disebabkan oleh FET pada SMPS  mengalmi kerusakan. Tandanya bisa FET  pecah atau hanya retak saja. Hal ini sering terjadi jika penggunakan amplifier overheat, misalnya menggunakan crossover yang tidak cocok dengan jenis amplifier yang digunakan sehingga terjadi overheat. 

Cara memperbaiki amplifier Terjadi cacat audio 

Cacat audio yang dimaksud adalah hasil akhir dari penguatan speaker. Biasanya amplifier yang baik memiliki artikulasi suara yang sangat bersih tanpa ada cacat nada. Hal ini lah yang diharapkan para pengguna audio. Ketika terjadi gangguan dan cacat pada perangkat amplifier akan sangat tidak nyaman. Cacat audio gejalanya yaitu suara serak, hum, nois,distorsi,. Diantara cacat audio tersebut seringkali terjadi pada amplifier. Sehingga perlu pengenalan lebih lanjut, Silahkan baca; pengertian hum, nois,distorsi.

Cara memperbaiki amplifier berdengung dan berdesis

Bagi amplifier yang dilengkapi dengan tone control gangguan dengung dan desis sering terjadi. Hal ini sangat wajar terjadi jika sistem power suplay kurang memadai. Power suplai untuk tone control sangat penting untuk menentukan kualitas audio yang dihasilkan. Karena beberapa dalam perakitan power suplai dengan asal akan menimbulkan tegangan riple yang berdampak pada penguatan ic op amp maupun transistor. 


Jadi hati-hati jika ingin suara bersih tanpa dengung dan desis diperhatikan pada power suplai. Saya pernah mengalami dimana pada bagian power suplai tersebut tersambung sebuah lampu led dapat mengakibatkan suara dengung dan desis pada amplifier. Maka dari itu ketika ingin menyalakan sebuah led berikan resistor dengan hambatan yang tinggi agar tidak mengganggu suplai dari tone control. berikan led minimal 100k. anda bisa menambah selama led masih bisa menyala. 

Suara dengung amplifier juga dipengaruhi oleh box. jika anda menggunakan box dari kayu pastkan pada panel depan dan belakang menggunakan besi. atau jika perlu di bagian bawah dan atas juga dilapisi besi agar grounding tertutup sempurna. 

Anda bisa bereksperimen dengan sistem tersebut tanpa besi dan menggunakan besi, saya telah membuktikannya dan saya bagikan kepada anda bahwa box kayu kemungkinan besar terjadi dengung pada amplifier. 

Grounding potensio adalah solusi bagi anda yang menggunakan box kayu., kadang hal ini bisa mengatasi amplifier dengung namun kadang masih timbul dengung. bahkan pada amplifier yang menggunakan plat besi juga harus menjumper pada bagian body potensio ke ground agar sinyal tidak terganggu oleh sinyal luar. 

Beberapa amplifier telah dirancang dengan karakter tertentu sehingga sangat sensitif terhadap nada rendah atau nada tinggi. Maka pemilihan driver juga sangat menentukan kualitas gangguan. 

Pada bagian input amplifier ketika didekatkan objek akan timbul suara. itu artinya bahwa gain amplifier sangat tinggi. Juga dapat mengakibatkan gangguan dengung dan nois pada amplifier. Kuncinya adalah pemilihan driver berkualitas juga bisa meminimalisir timbulnya dengung dan nois. 

Namun, apabila anda dalam keadaan memperbaiki amplifier anda bisa mencari bagian resistor gain untuk diganti dengan nilai yang lebih kecil. agar sensitivitasnya semakin rendah. 



Memperbaiki Amplifier suara kecil

Suara kecil dipicu oleh dua hal diantaranya: 

  • Sistem tone control terjadi kerusakan, seperti; matinya ic opa-mp pada tone control ic dan transistor. 
  • Pada driver amplifier terjadi kerusakan transistor pada sistem penguatan pertama, misalnya terjadi pada transistor a733 dan c945.Kekurangan daya, menyebabkan suara kecil. Karena suplay yang dibawah standar, untuk itu perlu pengukuran menggunakan dc meter. 
Memperbaiki driver power amplifier suara kecil ada hubungannya dengan suara serak pada volume rendah. baru baru ini saya menemukan bahwa suara kecil disebabkan oleh transistor driver 2n5551 rusak dan kurang tegangan. 

Output pada amplifier terdapat tegangan dc

Sebuah amplifier normal pada output to speker akan mengeluarkan tegangan ac jika diukur menggunakan dc meter jarum tidak akan bergerak . Jika mengalami hal suara amplifier aneh misalnya suara serak segera lepas speaker dari out amplifier. 

Ukur tegangan secra pasif (tanpa beban speaker) menggunakan dc volt pada output amplifier. Jika terdapat tegangan dc pada output amplifier maka ini akan sangat berbahaya untuk speaker, karena dapat membakar spoel speaker. 

Keluarnya tegangan DC pada output amplifier terjadi akibat ada kebocoran pada sistem penguat terutama transistor final. Ini sering kali disebabkan oleh transistor final antara kolektor dan emitor terjadi kebocoran sehingga arus dc mengalir ke emitor atau output amplifier. Lanjut baca; Cara Memperbaiki amplifier terdapat dc pada output speaker

Mungkin sedikit itu dulu Semoga memberikan refrensi untuk anda semua yang sedang mencari cara memperbaiki amplifier. Tentu ketika anda mendapatkan suatu kerusakan amplifier ada baiknya mencari kerusakan secara spesifik misalnya mulai dari merek sampai detail kerusakan agar dapat terjawab oleh mesin pencarian google. 

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

1 komentar untuk "Cara Memperbaiki Amplifier Mati, Serak, Dengung dan Suara Kecil"

Spiker Alquran 19 Desember 2018 pukul 15.49 Hapus Komentar
Maaf kak mau tanya, kalau ampli sy itu indikator power, surond, basoka, dan yang lain lain pada hidup/nyala tapi tidak ada suaranya, itu apanya ya yang rusak?