Widget HTML #1

Cara Mengatasi Speaker Aktif Serak suara tidak jelas

Cara mengatasi speaker aktif serak kadang suaranya kecil tidak jelas

Speaker aktif suara kecil dan serak mengindikasikan kerusakan yang lebih serius di bagian blok amplifier terutama kerusakan transistor final tip 41 dan 42. Namun perlu di perhatikan juga bahwa ini tidak sepenuhnya benar, kadang juga disebabkan oleh kerusakan bagian sumber input dan tone control. Tentu tidak serta merta kita langsung memfonis sebelum akhirnya kita memiliki kesimpulan yang sebenarnya sebelum melalui tahap pengecekan dari setiap bagian yang saling berkaitan di dalam blok speaker aktif.  

Saat ini di pasaran terdapat berbagai jenis speaker aktif yang didalamnya terdapat perbedaan terutama jenis speaker aktif watt besar dan kecil. watt kecil biasanya menggunakan sistem ic tda 2003, 2030, pada bagian power amplifier, sedangkan 100 watt ke atas sudah menggunakan sistem ocl yang menggunakan transistor TIP 41C, 42C.

Cara memperbaiki speaker aktif serak berdasar suara yang ditimbulkan

Gejala Speaker aktif berbunyi serak, suaranya tidak jelas seperti radio yang kehilangan sinyal. Hal ini sangat mencolok saat nada middle. Jika pada nada rendah tidak begitu terasa, namun pada mid low akan terdengar "greeek". Gejala-gejala ini perlu dipahami untuk mempercepat perbaikan bagian speaker aktif sehingga pengerjaan lebih cepat. 

Suara greek! hanya sesekali itu bisa berarti ada soket yang kendor terutama bagian konektor input. namun jika suara grek disertai serak coba ukur menggunakan dc meter di bagian output speaker. Jika keluar tegangan dc di speaker langsung cek bagian blok power amplifier. Terutama bagian transistor final tip 41c dan 42c tergantung jenis speaker yang anda gunakan, ada yang menggunakan ic sebagai amplifier untuk speaker aktif mini seperti advance, polytron, GMC dan speaker aktif dengan daya kecil lainnya.

Suara speaker kecil disertai serak, pertama cek out speaker adakah tegangan dc. Jika iya langsung cek bagian transistor final amplifier atau ic jika sistem menggunakan ic sebagai amplifier.

Speaker terdengar suara pecah juga bisa disebabkan oleh kerusakan transistor final. coba cek out speaker apakah ada tegangan DC. Jika ada kemungkinan blok amplifier mengalami kerusakan. Jika tidak ada tegangan dc di out speaker, coba cek tegangan power suplai. Suara pecah distorsi yang disebabkan sistem suplai mengalami drop tegangan.


cara memperbaiki speaker aktif serak
SPEAKER AKTIF SERAK

"Lalu, apa penyebabnya? Mari kita bahas dan uraikan beberapa faktor penyebab speaker aktif menjadi serak sebelum kita membahas cara mengatasinya."

A. Penyebab speaker Aktif Serak

Penyebabnya bisa di sebabkan oleh beberapa kerusakan yang terjadi pada beberapa bagian blok bagian speaker aktif yaitu:

#1. Sumber Input Speaker aktif

Sumber input dari speaker aktif sangat bervariasi dewasa ini. Saat ini, produk yang ada di pasaran sudah dilengkapi sumber input dari dalam berupa mp3. Penggunaan mp3 pada speaker aktif memiliki kekurangan dan kelebihan. Kelebihannya adalah simpel dan mudah digunakan dibandingkan dengan menggunakan input dari luar jika harus menggunakan jack soket sebagai penghubung. Terlebih sekarang telah tersedia mp3 dengan sistem koneksi Bluetooth, sehingga dapat menggunakan input tanpa kabel.

Namun, seringkali mp3 yang menggunakan Bluetooth atau yang belum memiliki fitur Bluetooth menyebabkan suara speaker aktif menjadi serak dan mengalami gangguan noise. Hal ini menjadi kelemahan saat menggunakan aux dari mp3, karena jika blok mp3 rusak, maka seluruh input akan terganggu.

Terkadang, penyebabnya hanya karena soket penghubung mp3 dengan tone control yang longgar, sehingga suara speaker aktif menjadi serak.

#2. Blog Tone Control

Setelah membahas sumber input, sekarang kita beranjak masuk ke dalam box yaitu, blog tone control.
Biasanya jarang jika tone control menyababkan suara serak. Tone kontrol biasanya jika terjadi kerusakan, ditandai dengan suara putus-putus, ada suara dengung dan nois, potensio jika di putar berbunyi kresek- kersek.

#3. Blog Amplifier

Pada bagian ini mungkin sering terjadi di antara blog yang lainya jika memang kerusakanya bergejala suara serak. Untuk mengatasi di blog ini mungkin sedikit harus paham mengenai pengukuran ,pengecekan kaki transistor dan bagaimana tanda kerusakan transistor.
Baca juga: penyebab suara speaker aktif sember

 B. Cara Mengatasi Speaker Aktif Suara Serak

#1. Pengecekan speaker

Kita memasuki bagian pertama, yaitu speaker. Perhatikan gerakan membran speaker, jika terdengar bunyi krek-krek, berarti memang spolnya kotor. Jika speaker terasa kotor pada bagian spoel, maka bisa dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih minyak atau bensin. Jika spol pada speaker longgar, gantilah dengan yang baru. Namun, jika speaker yang digunakan kecil dan sulit mengganti spolnya, maka disarankan untuk mengganti speaker dengan yang baru.

#2. Sumber Input

Cara mengatasinya adalah dengan mencoba mengurutkannya dan memeriksanya. Mulailah dengan mengganti sumber input yang lain. Jika setelah percobaan tidak berhasil, cobalah mengalirkan input ke amplifier tanpa melalui tone control. Di sana akan terlihat apakah masalah ada pada amplifier atau tone control-nya. Jika suara speaker masih serak, berarti masalah terletak pada amplifier.

#3. Amplifier

Kerusakan pada blog amplifier sering ditandai dengan suara serak. Kerusakan yang umum adalah kerusakan bagian transistor final tip 41 dan tip 42. namun sebelum mengganti dengan yang baru lebih baik cek terlebih dahulu transistor driver.

1. Anda harus memahami pengukuran transistor sebelum memfungsikannya. Namun, terkadang transistor terlihat normal saat diperiksa, tetapi suara serak tetap ada setelah digunakan. Hal ini umumnya terjadi pada amplifier berdaya di atas 150 watt. Transistor driver yang berfungsi sebagai penyuplai basis penguat akhir pada bagian min(-) sering mengalami kerusakan. Beberapa seri transistor driver yang sering digunakan dalam speaker aktif yang menggunakan transistor antara lain:  BD139, BD140, C945, A733,.

2. Periksa resistor pada bagian Emittor biasanya sering putus atau terbakar karena transistor short atau short speaker. Resistor ini dapat berupa resistor kapur (tahu) atau resistor kecil biasa dengan ukuran 0,33 sampai 0,5 ohm.

3. Terakhir, periksa kabel yang putus. Periksa semua kabel sebelum menyalakannya kembali, karena dalam kotak amplifier kita tidak pernah tahu kekuatan kabel dalam posisi dan penempelan solderan pada kabel instalasi.
Semoga tips dari saya di atas memberikan manfaat dan menjadi refrensi anda dalam mengatasi speaker aktif serak. Dan mungkin masih banyak lagi mengatasi speaker aktif yang serak. Mungkin lain waktu akan saya shere. Kritik dan saranya ditunggu. Jika ada pertanyaan bisa di post kan di kolom komentar mengenai topik ini.

By//soldiradem.blog 2016
UPDATE 2020 SEPTEMBER 
Admin
Admin Memiliki pengalaman di dunia publisher selama lebih dari 5 tahun. Saat ini mengelola beberapa jaringan web blog informasi.