Penyebab Suara Speaker Aktif Sember

speaker sumbar menyebabkan tidak enak didengarPenyebab suara speaker aktif sember - Mungkin anda mengalami permasalahan speaker aktif yang anda punya mengalami kelainan dalam hal suara pecah atau sember. Suara speaker berubah seiring berjalanya waktu. Hal yang sering terjadi pada speaker aktif saat sudah usang adalah sura sumbar pada saat digeber pada level tinggi. Dan kadang ini disertai dengan suara kemresek  speaker seperti ada sesuatu di dalam spoel.

Speaker aktif berubah itu wajar, karena dari beberapa pengalaman servis speaker aktif saya sendiripun mengelalami keluhan dari user salah satunya speaker aktif suaranya sembar pada level tinggi terutama pada nada bas.

Suara bass seolah terpotong, dari suara aslinya yang seharusnya di keluarkan speaker.

Berikut saya akan sedikit berbagi apa saja penyebab speaker aktif suara menjadi sember atau pecah.

1. Kualitas speaker

Speaker yang sering di sett dengan level tinggi akan mengalami penurunan peforma dari kualitas baru. Hal ini disebabkan oleh melemahnya pada bagian membran speaker  atas dan bawah. Selain itu, saat speaker mengalami penurunan kualitas biasanya disertai dengan spoel speaker ada yang terbakar. Sehingga impedansi menurun.
Dan kemudian ini akan mengakibatkan suara menjadi pecah atau sember.

2. Kualitas komponen

Sebagian besar speaker aktif yang beredar dipasaran saat ini menggunakqn power amplifier jenis ocl. Jenis ocl memang sangat multi untuk digunakan di beberapa speaker  berdaya rendah sekalipun. 

Namun ada kelemahan dari jenis ampli yang satu ini adalah, jika kerusakan terjadi pada salah satu komponen terutama pada bagian transistor final, maka akan terjadi kerusakan yang fatal.

Sebagian, saat ini menggunakan transisitor final jenis Tip 41,42 . hal ini bertujuan agar daya yang di hasilkan tidak berlebih dan lebih ekonomis.

Namun dalam kurun waktu yang cukup lama kualitas transistor menurun karena disebabkan kerja tr ini terlalu keras dan panas dalam jangka waktu yang lama. Bahkan kadang untuk menghandle dua speaker atau lebih. Ini mengapa speaker aktif akan cepat rusak.


3. Trafo

Dalam kurun beberapa tahun saya menemui kejadian yang mana trafo mengalami kerusakan pada speaker aktif. Hal ini terjadi pada speker aktif yang menggunakan trafo 3a sebagai power suplay. Kebanyakan ini terjadi kerusakan pada lilitan primer. Ini wajar karena trfo tersebut menggunakan coil spoel yang sangat kecil sehingga mudah terbakar pada suhu panas secara terus menerus. Sebelum trafo mengalami kerusakan maka akan mengalami penurunan arus yang dihasilkan oleh trafo. Jadi wajar jika suara speaker menjadi sumbar karena arus yang menyuplai power amplifier berkurang.


#Tips
Jika mengalami kerusakan speaker aktif suara sember, meskipun sudah diganti dengan ampli baru masih sumbar berarti speakernya rusak. Kemudian jika speaker sudah siganti masih juga berarti power amplifier suara sumbar maka berarti powernya.



komponen power amplifier yang sering mengalami kerusakan menyababkan speaker aktif menjadi sumbar adalah

Transistor final 41 42
Transistir driver c945 a733
Dioda bias 4148 
Elco ower suplay bocor
Trafo 
Penggunaan speaker luar



Semoga bermananfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel