Cara Mudah Memperbaiki Speaker Aktif rusak

Cara mudah memperbaiki speaker aktif - Speaker aktif merupakan kebutuhan audio yang pasti setiap rumah saat ini memilikinya sebagai kebutuhan home audio. Selain digunakan di rumah speaker aktif juga digunakan sebagai pengeras suara untuk kebutuhan berbagai acara misalnya meeting atau sebagai sarana musik player dalam acara kecil kecilan. Karena banyakanya kebutuhan speaker aktif, kali ini kita akan membahas memperbaiki  kerusakan speaker aktif untuk kebutuhan home audio, contohnya speaker aktif polytron, gmc, simbadda, dan yang lainya.

Berbagai gejala kerusakan dialami oleh sebagian besar speaker aktif ; dari mulai speaker aktif mati total, hanya berdengung, mati sebelah, sura kecil, tidak ada suara, volume tidak berfungsi, suara serak, dan masih banyak lagi gejala yang ditimbulkan ketika speaker aktif dalam keadaan rusak.

Kerusakan paling sering terjadi pada speaker kelas menengah, yang memang setelah saya servis di beberapa tahun belakangaan ini berkualitas rendah mulai dari komponen yang digunakan, kabel rangkaian, speaker, kontruksi box speaker sering kendor dan yang lainya. baca juga: inilah komponen speaker aktif yang sering rusak

Misalkan saja speaker aktif merek polytron, mungkin sistem yang digunakan sangat epik, komponen yang digunakan juga berkualitas, namun pada bagian soldran sering kendol karena kuatnya getaran sepaker sehingga mengakibatkan kerusakan misalnya suara menjadi putus putus, dan kadang kadang mati sendiri.

Mungkin merek GMC  beda lagi, Speaker aktif ini memiliki kualitas yang lumayan dari segi suara terutama speaker untuk komputer menggunakan Sbuwover. Kerusakan yang sering dialami oleh speaker aktif GMC ini kebanyakan disebabkan oleh ic power jebol. Selain itu jika menggunakan Ac matic juga akan mengalami keruskana mati total, namun ini bisa ditangani dengan mengganti menggunakan trafo meskipun sedikit memakan ruang pada box speaker aktif.

Kali ini saya akan sedikit menuliskan beberapa kerusakan speaker aktif secara umum dan yang paling sering rawan rusak berdasarkan gejala yang ditimbulkan. Kemungkina gejala-gejala berikut ini adalah sebagian besar mengugnakan amplifier OCL150 dengan mengugnakan transistor final tip 41 42. Untuk yang menggunakan ic sebagai amplifier maka saya hanya pernah membahasnya pada artikel tentang speaker aktif GMC.  


1. Cara memperbaiki speaker aktif mati


Perangkat speker aktif mati disebabkan oleh tidak bekerjanya rangkaian elektronik di dalamnya. Oleh sebab itu maka sebelum menuju ke bagian rangkaian ada baiknya jika mengecek kabel colokan pada terminal jala-jala listrik. Setelah itu baru membuka bagian dalam.

Cek tegangan output AC pada trafo jika menggunakan trafo atau yang menggunakan ac matic cek pada tegangan output DC. Jika tidak keluar output, coba periksa tanpa beban tapi sebelum itu pastikan lilita primer menyambung, karena tak jarang lilitan trafo putus.

Bagi yanbg menggunakan power suplay Jneis SMPS lihat tanda tanda kerusakan :

Apabila mati total namun arus masih masuk di dalam bagian primer(input) naja harap berhati hati, Jika di bagian elko 450 v masih terdaopat tegnagan yang tersimpan ada baiknya di buang dulu, dan ini menjadi perhatian pertama. lantas komponen apa yang menjadi kerusakan para bagian prerimer ini ?
jika FET  7n65c tidak bekerja maka elko ini tidak mendapatkan beban, oleh karena itu biasanya FET mengalami kerusakan.

Ketika ingin mengganti FET ini ada baiknya perhatikan tegangan gate atau kaki no 1 terukur 2-3 volt dc saja. jika lebih dari tegnangan tersebut biasanya FET akan rusak lagi. Kasus ini mirip pada jenis SMPS tv polytron.

Yang terpenting saat memperbaiki pada bagian SMPS sebisa mungkin jangan diganti menggunakan travo konvensional, karena seringkali ada berbagai macam kendala dan cenderung kualitas arus akan sangat berbeda ketika menggunakan SMPS Bawaanya. 

Jika tegangan normal setelah tanpa beban coba cek dioda output powersuplay. Setelah itu cek transistor final tip41, 42 biasanya sepasang TR tersebut short jika saat power suplay diberi beban tegangan hilang.

Jika pengecekan tegangan normal output ampli normal, bisa jadi speaker rusak coil putus, kabel penghubung ke speaker putus.

2. Speaker aktif mati sebelah 

Di speaker aktif home audi memiliki dua rear speaker , jika dalam jangka waktu lama memiliki kemungkinan akan terjadi rusak atau mati sebelah. Hal ini biasanya diakibatkan oleh kinerja speaker tidak seimbang sehingga maplifier yang menyuplay hanya terjadi kerusakan sebelah saja. Namun sebelum itu anda patikan terlebih dahulu pada jack dan kabel pastikan masih dalam keadaan baik sebelum memutuskan untk memperbaiki lebih lanjut.

Ada hal yang perlu dicek sebelum menginjak ke bagian amplifier diantaranya: 

Kabel input.


Jika controlnya setereo maka otomatis inputnya juga harus setero, apabila anda hanya menginput salah satu saja bisasanya speaker sebelah tidak akan bisa hidup. 

Tomgmbol selector (jika ada)


 Dibeberapa speaker aktif menggunakan tombol selector untuk mnembuat bebeapa input. biasanya sangat wan terjadi kerusakan mengakibatkan speaker aktif mati sebelah karena bagian salah satu input bermasalah. 

Potensio meter volume 


Potensio streo rawan sekali terjadi kerusakan dan bisanya yang menyebalkan dari potensio stereo adalah ketika terjadi kerusakan pada salah satu vr nya saja. maka terpaksa harus mengganti satu body. Jika tidak diganti akan mengakibatkan salah satu cahnel pada speaker tidak bisa bekerja. 

Kabel speaker dalam


Apabila terjadi rusak mati sebelah hanya pada bagian speaker aktif yang ada mesinya, anda harus mengecek pada bagian tersebut pastikan dengan ohm meter jika kabel benar benar tersamb ung ke speaker. 

Nah ketika bagian bagian tersebut telah dicek, bisa dipastika ada kerusakan pada bagian amplifier. Ada gejala berbagai macam yang dimaksud mati sebelah, mungkin speaker sebelah serak, suara kecil atau mati total. anda bisa melangkah ke bagian penagnan amplifier ke bab berikut ini. karena amplifier setereo berarti yang mati hanya sebelah saja. 

Mneurut saya yang bisanya rawan sekali rusak sebelah adalah bagian transistor final yang letaknya tepat di pendingin. entash itu tip 4142c atau tip 3055 dan 2955. mungkn anda perlu memeahami bagaimana cara mengukur transistor untuk lebih jelasnya silahkan pergi ke bagian artikel berikut ini terutama bagi yang belum tau bagaimana cara mengukur transistor dalam keadaan mati atau normal. 

3. Speaker aktif Suara serak


Ketika speaker aktive diberi input, suara di speaker serak biasanya disebabkan oleh beberapa hal :

Kabel input rusak

Karena seringnya digunakan terkadang kabel input bisa rusak karena sering digeser dan ketarik dsaat kita instalasi. dan kadang ini bisa mengakibatkan suara input bermasalah serak.

Soket dan jack nya input kendor

Anda juga harus memperhatikan apakah soket input dalam keadaan baik, karena bberaa kasus yang ada, pada bagian solet dan jack tidak terhubung secara sempurna sehingga input tidak tersalurkan dengan baik, pastikan solet tidak dalam keadaan berkarat.

Transistor driver rusak

terutama pada bagian c945 dan a733, cek pada bagian ini jika transistor final dalam keadaan baik. Selain jenis transistor tersebut sebagian lagi menggunakan jenis transistor BD139 BD140  pada transistor driver.

Transistor final jebol

Seperti pada kasus sebelumbnya transistor ini slealu menjadi biang utam keruskan speaker aktif serak.Hal ini masih berakitan dengan speaker aktif mati sebelah, karena gejala yang dialami terjkadang di tnadi suara serak sebelah. Dan permasalhanya masih sama jika terjadi kerusakan pada amplifier yaitu,  transistor final misalnya TIP41, TIP42  jebol, dan akan merambat ke bagian driver yaitu tr a733 dan c945

Speaker spoel terbakar

Spoel speaker terbakar bisa diakibatkan oleh adanya Arus DC mengalir ke speaker aktif, ini juga karena jebolnya basis dan emitor sehingga arus dari colektor langsung terhubung singkat ke kaki emitor, arus DC pun langusng ke ouytput ampliier.

Potensio rusak

Potensio yang korosi bisa mengakibatkan pengontrolan sinya menjadi terganggu sehingga suara menjadi tida beress, ini biasanya ditqandai ketika potensio diputar ada suara greek atau suara kresek kresek.

Resistor Fuse Pada emitor transistor final

.Jika menggunakan resistor kapur pada bagian emitor transistor cek juga ,karena R ini bisa sebagai fuse jika transistor final jebol. Untuk lebih jelasnya silahkan pergi ke bagian artikel tentang cara memperbaiki speaker aktif serak

4. Hanya bersuara dengung


Speaker aktif ketika dinyalakan hanya bersuara dengung diberi input tidak ada suara tetap dengung maka jangan terus dipaksakan karena ini short pada bagian power amplifier.

Cara Mudah Memperbaiki Speaker Aktif

Gambar diatras menunjukan beberapa kompone yang rusak ketika gejala yang dialami oleh speaker aktif dengan menfgunakan transistor final tip4142.

Dari serangkaian permasalahan di atas bisa saya pastikan bahwa kerusakan yang paling terjadi ialah shortnya transistor final yang menggunakan TIP42,TIP42  amplifier yang digunakan jenis OCL 150 , menggunakan TR driver c945 dan a733 dengan gejala suara serak atau hanya berbunyi dengung tanpa ada respon.

*Sedikit saran biar transistor final awet gunakan transistor yang lebih kuat.misalnya diganti dengan yang lebih besar. Seperti TIP3055 TIP2955. Transistor driver di ganti dengan BD139, BD140. Heatsing ganti dengan yang lebih besar sehingga membuang panas dengan maksimal.

5. Suara hilang  dan sember 

setiap speaker aktif memiliki daya youtput maksimal yang mampu dihandele oleh amplifier. oleh sebab itu tidak mungkina speaker aktif bisa melebihi spesifikasi apabila tanpa merupbah daya. Maka dari itu ketika mengalmi suara hilang atau yang lain ketika divolume maksimal kemungkinan komonen catu daya bisa jadi sudah loyo.

Salah satu yang paling berpengaruh adalah elko pada sekunder/output power suplay, biasnya nilainya kering akibat getaran yang terjadi secara berkala akhirnya terjadi kebocoran pada bagian body bawah. Menurut pengalaman saya tanda elco boco pada speaker aktif biasanya ditandai adanya cairan kering yang membekas di bawah kaki elco, yang lebih parah lagi cairan tersebut sudah merusak kaki kaki kompoenen.

Paada penggunaan jnis power suplay SMPS terjadi drop pada bagian sekunder power suplay, misalnya pada polytron ada kerusakan para primer power supaly yang sering terjadi diantaranya , matinya ntc20, FET 7n65c mengami setengah mati.

 Jika tidak teratasi ketika mengalmi kerusakanaa pada merek polytron ini bisa diakali diganti menggunakan gatcul, module power suplay instan yang terkadang mamapu mengatasi masalah power suplay supit ditemukan penyakitnya. 

6. Speaker kadang mati kadang hidup

Penyebab yang sering terjadi ialah solderan yang retak pada rangkaian. Keretakan solderan terjadi pada transistor final bahkan sampai mengelupas jalur FCB nya karena di sebabkan oleh getaran speaker.

 Kabel rangkaian dan soket

Ada bebrapa yang menggunakan sistem soket dalam menghubungkan setiap bagian blok sistem kerja sehingga jika terjadi getaran akan mengakibatkan kendornya pada bagian soket soket pengkabelan. Bisanya initerjadi ketika  menemui soket yang tidak dilapis lem dengan kuat.

Dan ini bisa juga di sebabkan oleh kematian FET 7n65 c jika menggunakan speaker aktif polytron, dan bisa juga disebabkan oleh ptc seperti yang telah disebutkan bpada bagian sebelumnya.

7. Volume tidak berfungsi 


Ada dua kemungkinan akan hal ini, Pertama adalah kemungkinan poteniso rusak atau blog tone control memang ada masalah. Apabila ketika dinyalakan speaker aktif langsung besar sendiri kemungkinan kerusakan terjadi pada potensio meter sudah short. Namun ketika dinyalakan volume maksimal namun sudah tidak ada suara maka bisa jadi kemungkina besar kerusakan terjadi pada tone kontrol.

nah untuk mengetahui keruskana tone kontrol kita bisa melepas output tone kontrol yang menjalur ke amplifier, ketika amplifier diberikan input menyala normal ada suara druuuut maka ini yang bermasalah memang tone controlnya. Jika sebaliknya kita akan mendefinisikan ini sebagai kerusakan amplifier.

Mengatasi tone contol mati jika di sepaker aktif biasa, Akan lebih mudah karena hanya menggunakan transistor c945 dan yang lainya. Mungkin akan lebih sulit keetika menggunakan ic opamp. Karena kebanyakan jika hanya diganti ic misalnya menggunakan ic 4558 kadang tidak selesai sampai disitu saja.

sistem menggunakan ic opamp, ada suplay simetris digunakan dari power suplay yang bersal dari power amplifier yang notabene akan mengalami tegangan naik trun ketika amplifier bekerja sehinmgga mengakibatkan ic ini cepat mengalmi kerusakna jika tidak ditahan menggunakan zeneer maupun menggunakan ic regulator 5v.

8.Speaker aktif hidup tidak ada suara 


Meski bisa hidup dengan normal termnyata setelah diberikal input speaker aktif tidak ada suara sama sekali hanya diam saja. jika demikian coba cek

Kabel kabel pastikan dalam keadaan normal tidak dimakan tikus.

Bagian  power suplay menggunakan DC meter. apakah tegangan telah sampai ke bagian tone control dan amplifier.

Tegangan power suplay akan sangat mempengaruhi kinerja adari kedua bagian jika terjadi drop maka akan mengalami kerusakan tidak ada suara. selain itu definisi tentang topik ini masih berkaitan dengan bab bab yang lain. dari bab 1-  bab7 dari topik ini.

9. Suara kecil meskipun potensio meter sudah maksimal 


Sempat mengalmi kasus yang membingungkan ini, mungkin saya telah membongkar dan mengecek pada bagian tone contol bisa bekerja normal karena tegangan dan transistor dalam keadaan baik saja. Ternya masalahnya hanya sepele saja yaitu:

Pada beberapa speaker aktif memiliki sistem mp3 player. Pada fitur mp3 player ternyata ada satu fitur untuk mengatur volum output. Dan ini tidak saya sadari bahwa permasalahanya hanya dari volume mp3 yang masih kecil, sehingga wajar meskipun volume tone control maksimal tapi sura masih kecil.

Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan menggunakan remot mp3, namun sayangnya sebagian orang tledor menghilangkan remot mp3 ini. Bagaimana cara mengatais jika mp3 remot telah hilang??

Caranya hanya cukup menekan pada bagian volume up pada mp3 dengan cara ditahan secara terus menerus sampai ada tulisan vol + terus menunjukan angka bertambah.

Keusakan speaker aktif berbagai macam, hanya saja anda bisa menagnai keruskan sederhana maupun bisa juga memeprbaiki pada bagian blog kerja speaaker aktif secara maksimal dengan satu syarat mengerti dasar akan elektronika. Mulai dari pengukuran komponen sampai dengan pengukuran tegangan.

Demikian semoga bermanfaat !!!

Post by: soldiradem.com




0 Response to "Cara Mudah Memperbaiki Speaker Aktif rusak"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel