Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Memperbaiki Speaker Aktif rusak

Soldiradem - Speaker aktif merupakan perangkat audio paling sederhana digunakan. Penerapan speaker aktif di berbagai keperluan juga lebih fleksibel. Entah itu untuk kebutuhan instalasi travel, maupun instalasi tetap. 

Kelebihan utama dari speaker aktif adalah Tidak memerlukan perangkat tambahan seperti amplifier dan juga tone control. Semua paket sudah lengkap tinggal di colok langsung menyala. 

Berbeda halnya apabila Kita masih menggunakan speaker pasif. Kita masih membutuhkan amplifier dan juga pengaturan nada. 

Kelemahan speaker aktif yaitu sering rusak apabila penggunaan yang berlebihan. Alasan paling logis ialah komponen speaker aktif bekerja panas dengan pendinginan tanpa kipas sehingga kerusakan akan mudah terjadi apabila overheat. 

Maka dari itu anda perlu memperhatikan aspek tersebut apabila ingin mencegah kerusakan speaker aktif. 

Apabila speaker aktif yang anda miliki saat ini mengalami kerusakan silahkan perbaiki dengan cara dibawah ini dari mulai kerusakan ringan sampai dengan kerusakan yang mengharuskan anda mengerti tentang komponen elektronika. 

Sistem Kerja Speaker Aktif

Fundamental paling dasar ialah mengerti sistem kerja speaker aktif. Sistem kerja speaker aktif mudah dimengerti. Dengan begitu anda mengerti letak kerusakan dengan mudah apabila anda sudah mengerti topologi sederhananya seperti gambar dibawah ini;

Cara Mudah Memperbaiki Speaker Aktif rusak
Pola kerja speaker aktif

1. Power suplay 

Bekerja menyuplai arus listrik ke bagian tone control, mp3 player dan ke bagian blog amplifier.

2. Amplifier 

Kerusakan speaker aktif tidak mati total, tapi ketika speaker aktif diberikan input, tidak ada reaksi apapun ke bagian speaker. Speaker akan mendapatkan suplai berbentuk sinyal AC volt dari amplifier. Jika yang didapat speaker arus DC, kerusakan terjadi pada amplifier. Salah satu tandanya bisa suara serak, suara kecil dan speaker hanya berdengung.

3. Tone control 

Bekerja mengatur nada ke bagian amplifier. Jika tone control rusak bisa mengalami gejala speaker aktif hanya akan mengeluarkan suara kecil atau bahkan tidak ada suara sama sekali. Pada bagian tone control setiap merk memiliki perbedaan tapi topologinya sama persis. 

Misalnya pada speaker aktif modern menggunakan mp3 player akan menggunakan sistem aux dari kit mp3. sehingga ketika terjadi kerusakan pada blok mp3 akan mengakibatkan tidak ada suara meskipun diberikan input. 

Beberapa Kasus penyebab Kerusakan speaker aktif 

Berbagai gejala kerusakan dialami oleh sebagian besar speaker aktif dari mulai speaker aktif mati total, hanya berdengung, mati sebelah, suara kecil, tidak ada suara, volume tidak berfungsi, suara serak, dan masih banyak lagi gejala yang ditimbulkan ketika speaker aktif dalam keadaan rusak.

Kerusakan paling sering terjadi pada speaker kelas menengah, yang memang setelah saya servis di beberapa tahun belakangan ini berkualitas rendah mulai dari komponen yang digunakan, kabel rangkaian, speaker, konstruksi boks speaker. baca juga: inilah komponen speaker aktif yang sering rusak

Misalkan speaker aktif merek POLYTRON, mungkin sistem yang digunakan sangat epik, komponen yang digunakan juga berkualitas, namun pada bagian solderan gampang sekali retak karena kuatnya getaran speaker. Akibatnya suara menjadi putus putus, dan kadang kadang mati sendiri.

Mungkin merek GMC beda lagi, Speaker aktif ini memiliki kualitas yang lumayan dari segi suara , terutama speaker untuk komputer menggunakan Subwoofer. Kerusakan yang sering dialami oleh speaker aktif GMC ini kebanyakan disebabkan oleh ic power jebol. Selain itu jika menggunakan power suplay SMPS akan mengalami kerusakan mati total, namun ini bisa ditangani dengan mengganti menggunakan trafo meskipun sedikit memakan ruang pada box speaker aktif.

Kali ini saya akan sedikit menuliskan beberapa kerusakan speaker aktif secara umum dan yang paling sering rawan rusak berdasarkan gejala yang ditimbulkan. Kemungkinan gejala-gejala berikut ini adalah sebagian besar menggunakan amplifier OCL 150 dengan menggunakan transistor final tip 41 42. Untuk yang menggunakan ic sebagai amplifier maka saya hanya pernah membahasnya pada artikel tentang speaker aktif GMC.  

1. Cara Memperbaiki Speaker aktif mati Total

A. Cek kabel 

Perangkat speaker aktif mati disebabkan rangkaian elektronik di dalamnya tidak bekerja. Oleh karena itu, sebelum menuju ke bagian rangkaian, ada baiknya jika mengecek kabel power pada terminal jala-jala listrik. Setelah itu baru membuka bagian dalam. Hal ini sepele namun sering diabaikan oleh pengguna. mereka kadang tidak menyadari bahwa kabel power pada input AC 220 sudah rapuh pada serabut tembaga dan kadang dimakan tikus. 

memperbaiki speaker aktif mati total
Ilustrasi cara mengukur kabel power

Untuk cek kabel power kita membutuhkan alat ukur ohm meter. kita bisa mengukur kabel power tanpa perlu membuka boks speaker aktif. Caranya arahkan multi tester kepada fungsi Ohm x1. Kemudian pastikan sakelar pada mode on tapi kabel power tidak terhubung ke jala listrik. Letakkan Probe tester ke dua sisi jek AC. apabila terdeteksi jarum tester bergerak ke kanan penuh, bisa kemungkinan kabel power normal. Begitupun sebaliknya, jika tidak ada reaksi apapun, ada dua kemungkinan yaitu kerusakan sakelar dan kerusakan kabel power. 

Tapi perlu diingat cara ini hanya bekerja pada speaker aktif yang memiliki sistem kerja dengan transformator. Apabila ternyata speaker aktif anda menggunakan SMPS maka cara ini tidak berlaku. 

Pada bagian yang sederhana ini anda harus memiliki tester agar pekerjaan lebih efisien. tanpa tester anda akan kesulitan mencari kerusakan pada  komponen elektronik lebih lanjut. 

B. Cek tegangan output 

Cek tegangan output AC pada trafo jika menggunakan trafo atau yang menggunakan ac matic cek pada tegangan output DC. Jika tidak keluar output, coba periksa tanpa beban tapi sebelum itu pastikan lilitan primer menyambung, karena tak jarang lilitan trafo putus.

Bagi yang menggunakan power suplay Jenis SMPS lihat tanda-tanda kerusakan :

Apabila mati total namun arus masih masuk di dalam bagian primer (input) saja harap berhati-hati! Perhatikan pada bagian elko 450v yang ada di blok SMPS, biasanya masih menyimpan tegangan apabila FET tidak bekerja dengan normal.  Jika di bagian elko 450 v masih terdapat tegangan yang tersimpan ada baiknya di buang dulu, dan ini menjadi perhatian pertama.

Ketika ingin mengganti FET ini ada baiknya perhatikan tegangan gate atau kaki no 1 terukur 2-3 volt dc saja. jika lebih dari tegangan tersebut biasanya FET akan rusak lagi. Kasus ini mirip pada jenis SMPS tv polytron.

Yang terpenting saat memperbaiki pada bagian SMPS sebisa mungkin jangan diganti menggunakan travo konvensional, karena seringkali ada berbagai macam kendala dan cenderung kualitas arus akan sangat berbeda ketika menggunakan SMPS bawaannya. 

Jika tegangan normal setelah tanpa beban coba cek dioda output power suplay. Setelah itu cek transistor final tip41, 42 biasanya sepasang TR tersebut short jika saat power suplai diberi beban tegangan hilang.

Jika pengecekan tegangan normal output ampli normal, bisa jadi speaker rusak coil putus, kabel penghubung ke speaker putus.

2. Speaker aktif mati sebelah 

Di speaker aktif home audio memiliki dua rear speaker, jika dalam jangka waktu lama memiliki kemungkinan akan terjadi rusak atau mati sebelah. Hal ini biasanya diakibatkan oleh kinerja speaker tidak seimbang sehingga amplifier yang menyuplai hanya terjadi kerusakan sebelah saja. Namun sebelum itu anda pastikan terlebih dahulu pada jak dan kabel pastikan masih dalam keadaan baik sebelum memutuskan untuk memperbaiki lebih lanjut.

Ada hal yang perlu dicek sebelum menginjak ke bagian amplifier diantaranya: 

Kabel input

Jika control-nya setereo maka otomatis inputnya juga harus setereo, apabila anda hanya menginput salah satu saja biasanya speaker sebelah tidak akan bisa hidup. 

Tombol selektor (jika ada)

 Di beberapa speaker aktif menggunakan tombol selector untuk membuat beberapa input skealigus. biasanya sangat rawan terjadi kerusakan mengakibatkan speaker aktif mati sebelah karena bagian salah satu input bermasalah. 

Potensio meter volume 

Potensio setereo rawan sekali terjadi kerusakan dan bisanya yang menyebalkan dari potensio stereo adalah ketika terjadi kerusakan pada salah satu vr nya saja. maka terpaksa harus mengganti satu body. Jika tidak diganti akan mengakibatkan salah satu chanel pada speaker tidak bisa bekerja. 

Kabel speaker dalam

Apabila terjadi rusak mati sebelah hanya pada bagian speaker aktif yang ada mesinnya, anda harus mengecek pada bagian tersebut pastikan dengan ohm meter jika kabel benar benar tersambung ke speaker. 

Nah ketika bagian bagian tersebut telah dicek, bisa dipastikan ada kerusakan pada bagian amplifier. Ada gejala berbagai macam yang dimaksud mati sebelah, mungkin speaker sebelah serak, suara kecil atau mati total. anda bisa melangkah ke bagian penanganan amplifier ke bab berikut ini. karena amplifier setereo berarti yang mati hanya sebelah saja. 

Menurut saya yang bisanya rawan sekali rusak sebelah adalah bagian transistor final yang letaknya tepat di pendingin. entah itu tip 41c & 42c atau tip 3055 dan 2955. 

mungkin anda perlu memahami bagaimana cara mengukur transistor untuk lebih jelasnya silahkan pergi ke bagian artikel berikut ini terutama bagi yang belum tau bagaimana cara mengukur transistor dalam keadaan mati atau normal. 

3. Speaker aktif Suara serak

Ketika speaker aktif diberi input, suara di speaker serak biasanya disebabkan oleh beberapa hal :

Kabel input rusak

Karena seringnya digunakan terkadang kabel input bisa rusak karena sering digeser dan ketarik dsaat kita instalasi. dan kadang ini bisa mengakibatkan suara input bermasalah serak.

Soket dan jack nya input kendor

Anda juga harus memperhatikan apakah soket input dalam keadaan baik, karena bberaa kasus yang ada, pada bagian solet dan jack tidak terhubung secara sempurna sehingga input tidak tersalurkan dengan baik, pastikan solet tidak dalam keadaan berkarat.

Transistor driver rusak

cara memperbaiki speaker aktif
Driver dan transistor final amplifier speaker aktif

Pada gambar diatas bagian yang ditunjukkan dengan anak panah warna merah adalah komponen yang sering mengakibatkan speaker aktif serak. Cek dengan cara mencopot komponen. Jika tidak mencopot akan terpengaruh oleh transistor yang lain saat pengecekan menggunakan ohm meter. . 

Cek transistor yang menempel pada pendingin yaitu Transistor c945 dan a733. Selain jenis transistor tersebut sebagian lagi menggunakan jenis transistor BD139 BD140  pada transistor driver. Keberhasilan pada bagian ini, tergantung sejauh mana pengetahuan pengukuran transistor yang anda ketahui. 

Transistor final jebol

Seperti pada kasus sebelumnya transistor ini selalu menjadi biang utama kerusakan speaker aktif serak.Hal ini masih berkaitan dengan speaker aktif mati sebelah, karena gejala yang dialami terjkadang di terjadi suara serak sebelah. Dan permasalahannya masih sama, jika terjadi kerusakan pada amplifier yaitu,  transistor final misalnya TIP41, TIP42  jebol, dan akan merambat ke bagian driver yaitu tr a733 dan c945

Speaker spoel terbakar

Sepoel speaker terbakar bisa diakibatkan oleh adanya Arus DC mengalir ke speaker aktif, ini juga karena jebolnya basis dan emitor sehingga arus dari colektor langsung terhubung singkat ke kaki emitor, arus DC pun langsung ke output amplifier.

Potensio rusak

Potensio yang korosi bisa mengakibatkan sinyal audio menjadi terganggu, sehingga suara menjadi tidak normal, ini biasanya ditandai ketika potensio diputar ada suara "greek!" atau suara "kresek-kresek".

Resistor Fuse Pada emitor transistor final

Jika menggunakan resistor kapur pada bagian emitor transistor cek juga. R ini bisa sebagai fuse jika transistor final jebol. Untuk lebih jelasnya silahkan pergi ke bagian artikel tentang cara memperbaiki speaker aktif serak

4. Hanya bersuara dengung

Speaker aktif ketika dinyalakan hanya bersuara dengung diberi input tidak ada suara tetap dengung maka jangan terus dipaksakan karena ini short pada bagian power amplifier.

Cara Memperbaiki Speaker Aktif rusak

Gambar diatas menunjukan beberapa komponen yang rusak ketika gejala yang dialami oleh speaker aktif dengan menggunakan transistor final tip 41c & 42c.

Dari serangkaian permasalahan di atas bisa saya pastikan bahwa kerusakan yang paling terjadi ialah shortnya transistor final yang menggunakan TIP42, TIP42 amplifier yang digunakan jenis OCL 150 , menggunakan TR driver c945 dan a733 dengan gejala suara serak atau hanya berbunyi dengung tanpa ada respon.

Baca juga: speaker aktif keluar tegangan dc pada out speaker

Sedikit saran biar transistor final awet gunakan transistor yang lebih kuat.misalnya diganti dengan yang lebih besar. Seperti TIP3055 & TIP2955. Transistor driver di ganti dengan BD139 & BD140. Heatsing ganti dengan yang lebih besar sehingga membuang panas dengan maksimal. 5. Suara hilang dan sember Setiap speaker aktif memiliki daya output maksimal yang mampu di handel oleh amplifier. oleh sebab itu tidak mungkin speaker aktif bisa melebihi spesifikasi apabila tanpa merubah daya. Maka dari itu ketika mengalami suara hilang atau yang lain ketika di volume maksimal kemungkinan komponen catu daya bisa jadi sudah loyo.

Salah satu yang paling berpengaruh adalah elko pada sekunder/output power suplay, biasanya nilainya kering akibat getaran yang terjadi secara berkala akhirnya terjadi kebocoran pada bagian body bawah. Menurut pengalaman saya tanda elco bocor pada speaker aktif biasanya ditandai adanya cairan kering yang membekas di bawah kaki elco, yang lebih parah lagi cairan tersebut sudah merusak kaki kaki komponen.

Pada penggunaan jenis power suplay SMPS terjadi drop pada bagian sekunder power suplay, misalnya pada speaker aktif polytron ada kerusakan para primer power suply yang sering terjadi diantaranya, matinya ntc 20, FET 7n65c mengalami setengah mati.

Jika tidak teratasi ketika mengalami kerusakanaa pada merek polytron ini bisa diakali diganti menggunakan gatcun module power suplay instan yang terkadang mampu mengatasi masalah power suplay sulit ditemukan penyakitnya. 

6. Speaker kadang mati kadang hidup

Penyebab yang sering terjadi ialah solderan yang retak pada rangkaian. Keretakan solderan terjadi pada transistor final bahkan sampai mengelupas jalur PCB nya karena di sebabkan oleh getaran speaker.

 Kabel rangkaian dan soket

Ada beberapa yang menggunakan sistem soket dalam menghubungkan setiap bagian blok sistem kerja sehingga jika terjadi getaran akan mengakibatkan kendornya pada bagian soket soket pengkabelan. Bisanya ini terjadi ketika  menemui soket yang tidak dilapisi lem dengan kuat.

Dan ini bisa juga di sebabkan oleh kematian FET 7n65 c jika menggunakan speaker aktif polytron, dan bisa juga disebabkan oleh ptc seperti yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya.

7. Volume tidak berfungsi 

Ada dua kemungkinan Volume tidak dapat berfungsi, Pertama adalah kemungkinan potensio rusak, kedua blog tone control memang ada masalah. 

Misalnya, ketika dinyalakan speaker aktif langsung besar sendiri kemungkinan kerusakan terjadi pada potensio meter sudah short. 

Dan ketika dinyalakan volume maksimal, namun sudah tidak ada suara, bisa jadi kemungkinan besar kerusakan terjadi pada tone kontrol.

 Untuk mengetahui kerusakan tone kontrol kita bisa melepas output tone kontrol yang menjalur ke amplifier. Ketika amplifier diberikan input menyala normal ada suara "druuuut!!!" maka ini yang bermasalah memang tone controlnya. Jika tidak ada reaksi dari amplifier, kita akan mendefinisikan ini sebagai kerusakan amplifier.

Mengatasi tone contol mati jika di spaaker aktif biasa akan lebih mudah, karena hanya menggunakan transistor c945 dan yang lainnya. Mungkin akan lebih sulit ketika menggunakan ic op-amp. Karena kebanyakan jika hanya diganti ic misalnya menggunakan ic 4558 kadang tidak selesai sampai disitu saja.

Sistem menggunakan ic op-amp, ada suplai simetris digunakan dari power suplai yang berasal dari power amplifier yang notabene akan mengalami tegangan naik-turun ketika amplifier bekerja.  Akibatnya ic ini cepat mengalami kerusakan jika tidak ditahan menggunakan zeneer maupun menggunakan ic regulator 5v.

8.Speaker aktif hidup tidak ada suara 

Meski bisa hidup dengan normal ternyata setelah diberi input speaker aktif tidak ada suara sama sekali hanya diam saja. jika demikian coba cek

Kabel kabel pastikan dalam keadaan normal tidak dimakan tikus.

Bagian  power suplai menggunakan DC meter. apakah tegangan telah sampai ke bagian tone control dan amplifier.

Tegangan power suplai akan sangat mempengaruhi kinerja dari kedua bagian jika terjadi drop maka akan mengalami kerusakan tidak ada suara. Selain itu, definisi tentang topik ini masih berkaitan dengan bab bab yang lain. dari bab 1-  bab7 dari topik ini.

9. Suara kecil meskipun potensio meter sudah maksimal 

Sempat mengalami kasus yang membingungkan ini, mungkin saya telah membongkar dan mengecek pada bagian tone control bekerja normal. Tegangan dan transistor dalam keadaan baik. Ternyata masalahnya hanya sepele saja yaitu:

Pada beberapa speaker aktif memiliki sistem mp3 player. Pada fitur mp3 player ternyata ada satu fitur untuk mengatur volume output aux. Dan ini tidak saya sadari bahwa permasalahannya hanya dari volume mp3 yang masih kecil, sehingga wajar meskipun volume tone control maksimal, tapi suara masih kecil.

Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan menggunakan remot mp3, namun sayangnya sebagian orang tledor menghilangkan remote mp3 ini. Bagaimana cara mengatasi jika mp3 remot telah hilang??

Caranya hanya cukup menekan pada bagian volume up pada mp3 dengan cara ditahan secara terus menerus sampai ada tulisan vol + terus menunjukan angka bertambah.

Kerusakan speaker aktif berbagai macam, hanya saja anda bisa menangani kerusakan sederhana maupun bisa juga memperbaiki pada bagian blog kerja speaker aktif secara maksimal dengan satu syarat mengerti dasar akan elektronika. Mulai dari pengukuran komponen sampai dengan pengukuran tegangan.

Demikian semoga bermanfaat !!!

Post by: soldiradem.com




Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.