Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Memperbaiki Speaker Aktif Keluar DC Pada Out Speaker Amplifier

Speaker Aktif Keluar DC Pada Out Speaker Amplifier

SOLDIRADEM BLOG - Mendapat job memperbaiki speaker aktif dengan gejala suara hanya dengung ketika dinyalakan. Speaker aktif tua merek X-pose, power amplifier yang digunakan jenis OCL 150 Watt. Dilengkapi dengan tone kontrol bass, trible, echo IC ptc, vol. mix IC 4558. 

Speaker yang digunakan berukuran 6,5 Inci merek ACR dengan twitter kecil. Baut pengancing box sudah lojek semua. Speaker aktif ini pernah dibongkar entah sama siapa, sehingga jalur PCB nya hancur lebur. Karena jalur FCB hancur maka akan saya beri KIT power ampli tambahan. Jika tidak ditambah maka akan kesulitan karena pada jalur transistornya rusak paling parah.

Speaker aktif X-pose ini ketika dinyalakan hanya terdengar bunyi dengung. Apabila output speaker diukur menggunakan tester DC Volt maka akan nampak jarum penunjuk bergerak penuh searah jarum jam. DC Volt yang keluar dari output speaker. 

Apabila DC di bagian Out speaker dibiarkan maka bisa merusak Speaker. Tegangan DC yang muncul di output speaker menandakan bahwa blog amplifier rusak parah terutama pada bagian transistor final.

Setelah mengetahui kondisi tersebut saya melakukan pengecekan pada transistor final menggunakan Ohm Meter 1×. Dengan hasil pengecekan bahwa kedua transistor TIP 41 dan TIP 42 short. Kemudian saya ganti dengan yang baru bersama KIT OCL 150 Watt.

Terpaksa menggunakan kabel sebagai penghubung transistor final dengan driver power OCL tambahan tadi. Dan juga menjumper output tone control ke input driver menggunakan kabel het. Jumperan tersebut menyebabkan keadaan kesan semrawut pada rangkaian. Hal ini biasanya akan menyebabkan gangguan audio misalnya hum dan nois. Ternyata tidak demikian. Setelah semua saya pasang hasilnya audio tidak ada gangguan sedikitpun. Hanya saja ketika potensio disentuh menimbulkan hum pada bagian bass, nois pada bagiat trible. Hal ini tidak akan timbul setelah di pasang isolator knop potensio meter.

Menurut saya memperbaiki speaker aktif sangat mudah, di bandingkan dengan memperbaiki TV. Speaker aktif sangat mudah dimengerti sistem kerjanya hanya terdiri dari PSU, power amplifier, dan tone contol. Beda dengan televisi yang terdiri dari banyak blog. Bila dipahami sistem kerjanya begitu rumit bagi yang masih amatir seperti saya. Speaker aktif sangat mudah diperbaiki namun ribet. 

Kenapa bisa begitu? keribetan tersebut berkaitan dengan bongkar pasang mesin dengan box speaker yang mengharuskan saya untuk memasang pada sudut yang sempit. Kadang saat membongkar baut pengunci box speaker sudah berkarat, ini akan sulit untuk dibuka. Demikian cerita saya hari ini tentang kerusakan speaker aktif. Semoga bermanfaat bagi semua yang berkunjung di blog saya.

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.