Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Persamaan Transistor BD139

Persamaan Transistor BD139 - BD139 merupakan jenis transistor NPN yang sering kita temui di dalam rangkaian driver power amplifier. Jadi mungkin karena terbakar dan kebetulan tidak ada cadangan, bisa diganti dengan persamaannya. Ada berbagai macam kadang letak kakinya tidak sama, jadi ketika hendak mengganti persamaan mungkin harus mencocokan dari letak kaki. 

Misalnya tertarik untuk mengganti dengan tip41c , itu bisa saja tapi letak kaki dari transistor ini kebalikan dari transistor BD139. TIP41/31  kaki nomer 1 adalah basis sedangkan bd139 adalah kaki emitor. Ini mungkin bisa terjadi kesalahan apabila anda baru belajar mengganti komponen di driver power amplifier. 

Selain menggunakan TIP41 BD139 bisa juga diganti dengan transistor dibawah ini. 

Persamaan Transistor BD139 


Persamaan Transistor BD139
Persamaan Transistor BD139 

Letak kaki transistor

1. Emitor

2. Colektor

3. Basis

Data site BD139

  • Casing plastik NPN Transistor
  • Continuous Collector current (IC) adalah 1.5A
  • Tegangan Collector-Emitter (VCE) adalah 80 V
  • Tegangan Collector-Base (VCB) adalah 80V
  • Emitter Base Breakdown Voltage (VBE) adalah 5V
  • Penguatan arus DC (hfe) adalah 40 hingga 160
  • Tersedia dalam paket To-225

Pasangan BD139 

BD136 , BD138, BD140 PNP

Alternatif untuk Transistor BD139

D882

Transistor NPN pengganti BD139

TIP31C, SL100, S8050 , BC547 , 2N2222 ,2N4401, MJE340

Tentang Transistor BD139

BD139 adalah transistor NPN sehingga kolektor dan emitor akan dibiarkan terbuka (bias terbalik) ketika pin basis ditahan di ground dan akan ditutup (bias maju) ketika sinyal diberikan ke pin basis

BD139 memiliki nilai penguatan 40 hingga 160, nilai ini menentukan kapasitas amplifikasi transistor. Jumlah arus maksimum yang dapat mengalir melalui pin Collector adalah 1,5A, oleh karena itu kami tidak dapat menghubungkan beban yang mengkonsumsi lebih dari 1,5A menggunakan transistor ini. Untuk membiaskan transistor kita harus menyuplai arus ke pin basis, arus ini (IB) harus dibatasi pada 1/10 dari arus kolektor dan tegangan pada pin basis emitor harus maksimum 5V.

Ketika transistor ini sepenuhnya bias maka dapat memungkinkan maksimum 1,5A mengalir melintasi kolektor dan emitor. Tahap ini disebut Wilayah Saturasi dan tegangan tipikal yang diizinkan melintasi Collector-Emitter (VCE) atau Base-Emitter (VBE) bisa jadi 80V. Ketika arus basis dilepas transistor menjadi mati penuh, tahap ini disebut sebagai Daerah Cut-off.

BD139 awalnya diproduksi oleh Phillips dengan rating 160MHz untuk aplikasi audio tertentu, kemudian mereka kloning oleh pabrikan lain seperti Samsung, ST dll.

Tempat menggunakan Transistor BD136

Menjadi Transistor NPN Daya Sedang dengan arus kolektor 1,5A transistor ini dapat digunakan untuk mengontrol (On / Off) beban lebih besar yang mengkonsumsi kurang dari 1,5A. Ini juga memiliki tegangan saturasi yang sangat kurang (Base Emitter Voltage VBE) hanya 5V, ini memudahkan penggunaan IC ini dalam elektronik digital yang memiliki tegangan operasi 5V.

Fakta aneh lainnya tentang transistor ini adalah ia hadir dalam body plastik, sedangkan sebagian besar transistor daya menengah hanya tersedia dalam kemasan kaleng logam. Ini mengurangi biaya Transistor dan juga karena paketnya tidak konduktif, itu tidak akan terpengaruh oleh kebisingan lain di sirkuit. Karena fitur inilah transistor ini banyak digunakan pada aplikasi amplifier.

Jadi jika Anda mencari transistor NPN daya sedang, maka Transistor ini mungkin pilihan yang tepat untuk Anda.

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.