Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Memperbaiki Kerusakan Speaker Aktif Polytron Mati total dan Serak Sebelah

Memperbaiki Kerusakan Speaker Aktif Polytron Mati total dan Serak Sebelah
 Memperbaiki Kerusakan Speaker Aktif Polytron Mati total dan Serak Sebelah

soldiradem blog - Kali ini saya mendapatkan kerusakan speaker aktif polytron dengan keadaan mati total. Setelah dicek ternyata terlihat ada komponen pecah yaitu IC fet 7n65c. Kemudian berdasarkan keterangan dari pemilik speaker aktif polytron ini mengalami suara serak sebelah. 

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai kerusakan speaker aktif mati total dan serak sebelah saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anda sekalian telah mampir di soldiradem blog. Saya hampir beberapa bulan tidak menulis artikel dikarenakan saya libur di dunia elektro cukup lama kemudian baru aktif lagi hari ini untuk mencatat sedikit kerusakan speaker aktif polytron mati total sebagai obat kangen saya di dunia elektronik. Jika rejeki saya masih di elektro maka blog ini akan terus berlanjut jika tidak mungkinan akan jarang menerbitkan konten karena tidak ada yang akan ditulis. 

Kembali lagi ke pokok permasalah speaker aktif polytron mati total dengan ditandai pecahnya fet 7n65c. Indikasi kerusakan semacam ini bisa dua kemungkinan; pertama karena komponen fet tidak berkualitas, kedua disebabkan kerusakan transistor final pada blog amplifier speaker aktif. 

Permasalahan pertama disebabkan oleh fet tidak berkualitas atau kw2 mengakibatkan komponen akan mudah rusak ketika speaker aktif digunakan over power sepanjang waktu, karena overheat maka kerusakan tidak bisa dihindarkan. 

Permasalahan kedua disebabkan karena pada bagian sekunder atau output regulator ada yang short sehingga fet akan panas karena menahan arus pendek pada bagian output. dan ini sangat autentik permasalahan yang dialami oleh polytron dimana ketika transistor final short maka fet akan ikut jebol. 

Dugaan ini sepertinya sedikit benar namun ini hanya perkiraan saya saja bahwa speaker yang saya tangani ini mengalami kerusakan dengan ada indikasi fet pecah dan transistor final short. 

Langkah penanganan speaker aktif polytron mati total dan serak sebelah

Hal pertama yang saya pikirkan ketika mengetahui FET pecah yaitu kerusakan komponen di sekitarnya terutama dari kaki gate pada fet 7n65c. Dalam rangkaian regulator speaker aktif polytron ini kaki gate dihubungkan dengan resistor 330 ohm. Dan benar saja resistor 330 ohm putus. 

Selain resistor saya juga mengecek pada bagian transistor yang mendukung kerja tegangan gate yaitu a1015 dan c1815. Meskipun a1015 terukur normal saya memutuskan untuk menggantinya dengan transistor baru. Baru saya dapati bahwa c1815 juga mengalami kerusakan short. 

Penyebab pecahnya fet disebabkan transistor c1815 mengalami kerusakan sehingga tegangan fet naik yang berakibat pada kerusakan fet 7n65c. 

Karena tidak ada stok c1815 saya memutuskan untuk menggantinya dengan c945. Kebetulan tata letak kakinya sama persis dan sama-sama jenis transistor NPN. 

Setelah memastikan transistor dan dioda-dioda yang berada di area regulator normal saya memutuskan untuk langsung mencoba memasang fet 7n65c baru. 

Speaker polytron menyala dengan normal dan panas fet lumayan panas baru dinyalakan sebentar saja. Saya baru ingat bahwa ada kerusakan suara serak pada speaker R. Kemungkinan penyebabnya transistor final mengalami kerusakan. 

Dan benar saja pada bagian transistor 41c mengalami short sehingga wajar jika fet panas baru dinyalakan sebentar saja. 

Karena tidak ada stok untuk transistor jenis tip 41c maka saya memutuskan untuk mengganti dengan transistor toshiba dengan harapan lebih awet. Entah benar atau tidak tunggu perkembangan dan ketahanan transistor apakah lebih kuat atau tidak di artikel selanjutnya. Saya tidak hanya mengganti tip 41 saja namun juga mengganti tip 42c juga karena untuk keseimbangan kinerja output amplifier. 

Setelah mengganti transistor final pada bagian amplifier R FET  tidak terlalu panas dan speaker R menjadi jenish kembali. 

Memperbaiki Kerusakan Speaker Aktif Polytron Mati total dan Serak Sebelah

Keterangan Daftar komponen yang saya ganti di bagian SMPS:

R 512 = 330 0HM

T505 = C1815

T504  =A1015

T303 = 7N65C

CEK KOMPONEN INI JUGA

D515

D514

T506

Blok amplifier 

TIP 41 

TIP42 

Terkadang kerusakan speaker aktif polytron suara serak sebelah disebabkan karena short pada sambungan kabel soket yang tidak autentik menggunakan RCA JACK. 

Demikian semoga bermanfaat!!!

www.soldiradem.com

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.