Memperbaiki speaker Aktif Polytron Mati Total

Kali ini saya akan membahas tentang memperbaiki speaker aktif polytron mati total. Catatan ini masih saya simpan karena kerusakan pada speaker aktif polytron mati total sering ditemui dan masalahnya terkadang tidak hanya satu komponen saja yang bermasalah, sehingga ketika menemui kerusakan speaker aktif polytron mati total di lain hari, masih bisa memprediksi apa sebab kerusakan speaker aktif mati total.

Memperbaiki speaker Aktif Mati Total
Memperbaiki speaker Aktif Mati Total
Jika dilihat lebih lanjut mengenai masalah speaker aktif polytron ada banyak sekali masalah yang sering timbul karena memang mesin yang digunakan pada speaker aktif polytron menggunakan sistem SMPS. Dan SMPS yang digunakan di tv polytron ini mirip yang digunakan pada tv yaitu menggunakan fet 7n65c.

Pun juga sama ketika kerusakan mati total pada speaker aktif polytron biasanya permasalahannya sama yaitu disebabkan oleh fet 7n65c. Dengan kemungkinan fet akan jebol lagi jika tidak memeriksa tegangan gate pada kaki fet gate.

Jika ada kerusakan pada fet bisa kemungkinan bahwa ada masalah di tegangan gate tersebut.

Mungkin daftar komponen yang wajib dicek pada saat mengalami tegangan gate melonjak lebih dari  4,9 volt.
  • Resistor 33 ohm di area primer
  • Transistor P6n60, berhubungan dengan gate
  • Transistor 2SA1015 di area primer
  • Transistor 2SC1815 di area primer
Cek satu persatu pada komponen tersebut jika ada cadangan bisa langsung ganti saja karena kita terkadang saat cek transistor kurang teliti apakah ada kebocoran atau tidak.

Apabila komponen tidak ada yang rusak ataupun tegangan gate normal tidak lebih dari 4,8 volt maka bisa dipastikan aman dan kerusakan speaker aktif polytron mati total tersebut hanya diseabakan oleh fet 7n65c saja yang rusak.

Sebenarnya masih ada satu gejala ketika dinyalakan menyebabkan mcb jeglek atau sekring terkadang putus. Ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada fet, namun di lain kesempatan juga disebabkan oleh dioda primer bridge yang menyearahkan tegangan 220v langsung dari starter. Maka untuk memperbaiki speaker aktif polytron mati total yang dibutuhkan adalah kesabaran untuk mencari komponen apa saja yang mati.

Jika terpaksa tidak menemukan kompoinen yang meyebabkan fet mati terus, bisa menggunakan cara alternatif yaitu menggunakan gatcun.

Hal yang berkaitan dengan ini tidak ada hubunganya dengan speaker aktif mati standbay. Karena permasalahan pada sepaker aktif standbay disebabkan oleh area sekunder(output) regulator.

Demikian smeoga bermanfaat!!!
Baca juga: panduan memperbaiki speaker aktif 
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.