Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Memperbaiki Speaker Aktif GMC Suara hanya Berdengung

Memperbaiki Speaker Aktif GMC Suara hanya Berdengung

Memperbaiki speakeraktif GMC suara hanya dengung - Speaker saat ini memiliki desain yang sangat beraneka ragam, ada yang bentuk box speaker biasa dan ada bentuk versi subwoofer bentuknya seperti box komputer. Nah kali ini saya mendapatkan servisan speaker aktif dengan merek gmc dengan kerusakan suara dengung saja tanpa ada suara ketika diberi input.

Gejala awal kata user, terdapat asap berbau terbakar kemudian speaker GMC berdengung tidak ada suara music lagi.

Pada blok amplifier speaker GMC ini menggunakan IC TDA2030 tiga buah satu untuk bass yang dua ic digunakan untuk midle twitter. Pada pcb sebenarnya pada woofer menggunakan dua IC namun hanya digunakan satu IC saja sehingga ini mungkin karena IC tidak kuat menahan beban menggunakan satu IC saja Akibatnya IC meledak ketika speaker digeber berkepanjangan.

Pertama saya kira IC TDA2030 merupakan kesamaan dari IC TDA2003 namun ternyata setelah saya coba terapkan IC TDA2003 tidak cocok sama sekali. Ketika saya nyalakan hanya terdapat dengung saja seperti semula.

Suara dengung tersebut merupakan output pada speaker dipenuhi oleh arus DC yang bocor akibat kerusakan pada IC. Sehingga jika menyalakan speaker aktif ketika arus DC sudah bocor ke speaker dalam jangka waktu yang cukup lama menyebabkan kematian speaker.

Setelah speaker tersebut saya ganti dengan yang IC aslinya yaitu TDA2030 speaker langsung normal kembali.

Kerusakan speaker aktif GMC model menggunakan ic tda 2030 terkadang selain disebabkan oleh kerusakan ic, kerusakan juga bisa berasal dari dioda power suplay sekunder di dekat trafo. 

Cek pada dioda output untuk memastikan apakah kerusakan terjadi pada ic atau kerusakan pada dioda output. Jangan sampai setelah penggantian ic ternyata masih rusak suara hanya dengung. 

Memperbaiki speaker aktif GMC suara hanya dengung saja slesai. Permasalahan kali ini hanya mengganti Ic TDA2030.
www.soldiradem.com


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.