Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Speaker Aktif GMC Suara hanya Berdengung

Memperbaiki Speaker Aktif GMC Suara hanya Berdengung


Memperbaiki speaker aktif GMC suara hanya dengung - Speaker saat ini memiliki desain yang sangat beraneka ragam, ada yang bentuk box speaker biasa dan ada bentuk versi subwoofer bentuknya seperti box komputer. Nah kali ini saya mendapatkan servis speaker aktif dengan merk gmc dengan kerusakan suara dengung saja tanpa ada suara ketika diberi input.

Gejala kerusakan speaker GMC terlihat asap keluar dari dalam box speaker dan berbau komponen terbakar, kemudian speaker GMC berdengung tidak ada suara music lagi.

Pada blok amplifier speaker GMC ini menggunakan IC TDA2030 tiga buah, satu untuk bass yang dua ic digunakan untuk mid dan twitter. 

Pada pcb tergambar ada woofer menggunakan dua IC namun hanya digunakan satu IC saja sehingga ini mungkin karena IC tidak kuat menahan beban menggunakan satu IC saja Akibatnya IC meledak ketika speaker digeber berkepanjangan.

Pertama saya kira IC TDA2030 merupakan kesamaan dari IC TDA2003 namun ternyata setelah saya coba terapkan IC TDA2003 tidak cocok sama sekali.

Cara Memperbaiki Speaker Aktif GMC Suara hanya Berdengung


Suara dengung tersebut merupakan output pada speaker dipenuhi oleh arus DC yang bocor akibat kerusakan pada IC. Sehingga jika menyalakan speaker aktif ketika arus DC sudah bocor ke speaker dalam jangka waktu yang cukup lama menyebabkan kematian speaker.

Coba ukur menggunakan tester DCV untuk memastikan bahwa output speaker teraliri oleh arus dc atau tidak. Kebanyakan kerusakan apa speaker aktif semacam GMC dan sejenisnya akan ada arus dc yang masuk ke output speaker. 

Setelah speaker tersebut saya ganti dengan yang IC aslinya yaitu TDA2030 speaker langsung normal kembali.

Tapi perlu dicatat ketika anda akan mengganti IC anda harus memastikan tegangan normal  Karena terkadang sumber dari kerusakan ic ini adalah tegangan. 

Bagi anda yang sedang menangani speaker aktif GMC yang menggunakan SMPS maka wajib hukumnya untuk cek tegangan sekunder sebelum mengganti IC. 

Kerusakan speaker aktif GMC model menggunakan ic tda 2030 terkadang selain disebabkan oleh kerusakan ic, kerusakan juga bisa berasal dari dioda power supply sekunder di dekat trafo. 

Cek pada dioda output untuk memastikan apakah kerusakan terjadi pada ic atau kerusakan pada dioda output. Jangan sampai setelah penggantian ic ternyata masih rusak suara hanya dengung. 

Memperbaiki speaker aktif GMC suara hanya dengung saja selesai. Kerusakan yang saya tangani kali ini hanya mengganti Ic TDA2030.

Soldiradem Juga menemukan bahwa kerusakan dengan gejala dengung ada dua macam gejala yaitu antara dengung tidak ada suara input dan dengung input masuk tapi suara terganggu dengung.

Dengung tidak ada suara input dan daun speaker seolah diam, menandakan bahwa arus DC telah masuk ke speaker. Kebanyakan kasus kerusakan pada speaker semacam GMC menggunakan ic tda2030 masalah pada ic tersebut. 

Sedangkan speaker GMC dengung namun masih ada suara input dan kadang suaranya kecil, kerusakan ini biasanya disebabkan oleh blok tone control. tone control speaker aktif GMC biasanya menggunakan ic lm 4558. Cari data site tegangan suplai, jika tegangan normal kemungkinan ic tersebut mati. Untuk memastikannya anda bisa cut pada bagian input ic TDA2030 untuk memastikan sekali lagi. 

Rangkaian di dalam speaker aktif GMC power supply menggunakan trafo sangat sederhana dan mudah dipahami. Sedangkan ketika anda menemukan tipe yang menggunakan smps anda akan menemukan sedikit kerumitan ketika terjadi kerusakan. Repot ketika terjadi tegangan drop pada smps yang mengakibatkan suara amplifier kecil karena mungkin pada ic lm 4558 tidak tersuplai dengan baik. 
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.

18 komentar untuk "Cara Memperbaiki Speaker Aktif GMC Suara hanya Berdengung"

ARSGAR 14 Agustus 2018 pukul 20.47 Hapus Komentar
Gan mohon petunjuk ny . Saya punya speaker aktif GMC 220v-50hz power 50watt . Suara bass ny bos pecah tau geber . Mohon petunjukny bos apa permasalahan ny ,mohon bantu gan.
Muhlisun TMG 16 Agustus 2018 pukul 21.56 Hapus Komentar
1. kemungkinan speaker sudah turun kualitasnya sehingga tidak mampu menampung power dari amplifier. sehingga suara pecah.
2. kemungkinan gain input terlalu besar sehingga op amp input tidak dapat memproses secara jelas. sehingga terjadi distorsi.
3. kemungkinan ada elko yang bocor. atau masalah power suplay yang mengalami penurunan daya.
Unknown 20 Agustus 2018 pukul 10.59 Hapus Komentar
Mau nanya gan, speaker GMC punya saya bila dicolokkan ke hp, maka hp kerasa sangat sensitif bila di sentuh bahkan kadang2 hpnya jalan sendiri tanpa di sentuh. KE DVD juga gitu, bila di hubungkan maka DVD nya jalan sendiri misalnya play, off, open sendiri. Apa penyebabnya tu gan. Mohon pencerahannya.Terima kasih.
Rapesaticell 22 Agustus 2018 pukul 03.05 Hapus Komentar
Gmc888p gan mhon tanya klo di colokan suara bas mendengung
Rapesaticell 22 Agustus 2018 pukul 03.07 Hapus Komentar
Maaf gan salah kslo di besarin polume basnya mendengung
ARSGAR 22 Agustus 2018 pukul 18.17 Hapus Komentar
Gan saya punya speaker GMC supwofer 2.1 channel model 888G. Power 220v-50Hz 50Watt . Suara bass ny geber gan di saat main kan musik . Apa ya gan permasalahan ny . Mohon pentunjuknya gan.
Unknown 4 September 2018 pukul 13.36 Hapus Komentar
Gan saya mau nanyain ini masalah ny spaeker GMC 888D3BT sya barang masih baru
Klok di hidupin nyala cuma sebentar
Sekitar 5 detik ad pringatan batterai low mohon di carger trus mati lampu hijau ny tingal suara dengung aja.
Unknown 17 September 2018 pukul 15.37 Hapus Komentar
Gan saya punya speker bmc suara output nya tdk keluar penyebab nya apa ya gan
Unknown 25 September 2018 pukul 22.28 Hapus Komentar
Mau tanya speker aktif saya gmc 888i tidak hudup saat di on cuma speker bunyi duk duk duk itu ap nya ya
Unknown 30 September 2018 pukul 04.40 Hapus Komentar
Gan bener gak sih speaker-speaker gmc kurang jujur nulis daya speakernya?
Misalnya ditulis rms 289, eh tau-taunya cuman 100 :(
Unknown 3 Oktober 2018 pukul 08.54 Hapus Komentar
Halo bos... Kalo mp3 nya mati dan transistor 7805 panas berlebihan??
Unknown 6 Oktober 2018 pukul 11.09 Hapus Komentar
Maaf boss sy py speaker gmc 889 klo dnyalain kadang bass ny kecil sndri kdang jg treble nya gede kecil sndri ngga stabil knp ya boss?
elvan mughis 23 November 2018 pukul 12.51 Hapus Komentar
Gan nanya agak menyimpang, misal saya punya speaker seperti gmc ini tapi 2 set, pengen saya saya sambungkan jadi 1 untuk inputnya. 1 untuk lantai bawah yg ke 2 ditaruh di lantai atas jadi bisa bunyi bersama sama maksud saya. Mohon pencarahanya. Mkasih
c_yex 9 Maret 2020 pukul 23.10 Hapus Komentar
tanya bang..tu di PCB ada 1 transistor..boleh tanya tipe nya g bang..punyaku kebakar tu transistornya jg soalnya bang..
Unknown 26 Maret 2020 pukul 09.20 Hapus Komentar
Selamat pagi Mas. Saya mau tanya,kenapa Yach speaker aktif GMC 881 saya hidup tapi tidak keluar suara ?
Pada hal IC TDA2030A nya sudah saya ganti tp tetap saja ga keluar suara. Mohon petunjuk a mas. Terima kasih
Unknown 12 Mei 2020 pukul 20.57 Hapus Komentar
Gan mau tanya...kalau speaker aktif sedang memutar lagu volume kecil terdengar suara gemuruh dan dlm keadaan tidak memutar potensio..itu trouble di mana ya ?
Unknown 18 Juni 2020 pukul 10.16 Hapus Komentar
Bro tolong beri solusi kenapa salon aktif GMC saya ngak berbunyi. blutut ngak bisa konek ngak ada da su mohon penjelasanya
Dika 13 Desember 2022 pukul 20.30 Hapus Komentar
Bos mau tanya tempat bli ic display gmc 887f
gk bisa menyala ( mati total)