Cara Menghilangkan Dengung dan Nois Power Amplifier OCL

Penyebab Amplifier Mendengung dan cara mengatasinya
Cara menghilangkan dengung Amplifier ocl
Ada banyak macam jenis amplifier OCL, Misalnya yang sedang buming adalah Super ocl 504, ocl 140 watt dan jenis lainnya biasanya jenis ocl yang di modif bridge atau BTL. 

Hubungan jenis ampli OCL masih memiliki cara kerja dan jenis kerusakan yang sama. Gangguan dengung dan nois biasanya terjadi pada ocl ketika sudah dirakit dan sudah digunakan beberapa waktu. 

Power amplifier Ocl banyak digunakan karena jenis power ini sangat mudah dipahami sistem kerjanya dan rakitan yang cenderung ekonomis bagi penghobi audio. Begitu mudah dipahaminya, sehingga ketika terjadi kerusakan atau gangguan dengung dan nois sangat mudah untuk diatasi. Terlepas kadang Jenis kit-nya yang kurang berkualitas. Misalnya semua komponen yang digunakan di kit, hanya menggunakan komponen biasa terutama resistor dan transistor yang digunakan. 

Kerusakan dan gangguan audio ketika setelah rakit dan kerusakan power ampli ada beberapa macam yaitu: 
  • Power ampli hanya dengung 
  • Power amplifier bekerja normal ada suara tapi ada gangguan dengung dan ada desis. 
Kedua permasalahan ini sangat sederhana dan kadang membingungkan ketika kit OCL yang digunakan tidak berkualitas. Maka sebelum anda kecewa di hasil perakitan maka yang paling terpenting pertama adalah pemilihan kualitas KIT  OCL  yang akan dirakit. Dari mulai PCB  yang digunakan sampai dengan resistor biru dan transistor st asli. PCB sangat penting karena pada beberapa kejadian disebabkan karena pcb mengelupas akibatnya ada komponen yang tidak bekerja. 

Cara menghilangkan dengung amplifier paling penting mengetahui kerusakan adalah penyebabnya, kemudian baru melangkah cara penanganannya. Oleh karena itu kali ini saya akan mencatat beberapa penyebab yang biasanya dialami oleh amplifier berdasarkan pengalaman pribadi. Benar dan salahnya tergantung pada praktek. Kerusakan gangguan dengung dan nois biasanya masih sama sehingga saya hanya membahas tentang dengung saja. 

1. Penyebab Amplifier ocl dengung

Gejala amplifier mendengung ditandai dengan 2 macam gejala diantaranya:
  1.  Amplifier dengung tidak ada suara dari input 
  2.  Amplifier mendengung namun masih ada suara 
Di antara kedua macam gejala dengung amplifier tersebut memiliki perbedaan penyebab sehingga perlu penanganan khusus dari masing masing gejala yang ditimbulkan.

1. Cara memperbaiki Power amplifier OCL dengan gejala hanya dengung saja 

Gejala ini mengindikasikan kerusakan pada power amplifier. Namun kadang hanya terjadi kesalahan input. Untuk lebih yakin memastikan kerusakan amplifier, yaitu dengan cara mengukur tegangan output pada amplifier.

Ukur output amplifier dengan menggunakan DCv meter 50 volt DC.  Apabila terukur ada output DC terlalu besar kemungkinan kerusakan disebabkan karena uot speaker ada keluaran  DC volt.

Apa hubungannya amplif dengung dengan output ampli terdapat arus DC?

Output DC pada power amplifier seharusnya tidak keluar ke out speaker. Karena normalnya output amplifier adalah hanya memiliki arus AC V . Jadi apabila timbul Arus DC bisa mengakibatkan amplifier hanya dengung tidak ada suara meskipun diberikan input musik. 

PErlu anda ketahui bahwa coil Speaker akan mudah terbakar apabila dialiri arus dc dalam jangka waktu yang panjang. Tanda paling sering ketika ada arus DC adalah speaker hanya dengung saja tanpa ada suara input.

Kebanyakan yang mengalami kerusakan semacam ini adalah jenis amplifier jenis OCL. Kerusakan paling sering terjadi adalah rusaknya transistor final atau pun kerusakan pada driver.

Pada power Super Ocl 504 memiliki setting DCo. Yaitu untuk mengatur besarnya arus dc yang mengalir ke output amplifier. Apabila anda menemukan arus dc pada amplifier socl 504, coba setting pada VR dco nya, sebelum memastikan apakah terjadi kerusakan pada transistor final.

Pada amplifier speaker aktif dengan jenis ocl 150 watt, memiliki gejala hanya dengung tidak ada suara itu biasanya jelas terjadi kerusakan pada amplifier terutama transistor final yang menggunakan tr 41 42c.

Baca juga:

2. Cara memperbaiki Amplifier dengung namun masih ada suara (Gangguan dengung dan nois)

Cara Menghilangkan Dengung Amplifier OCL

Permasalahan dengung kali ini sering mengganggu hasil produksi audio amplifier. Entah kadang lebih besar dari suara hasil penguatan ampli maupun hanya mengganggu sedikit pada saat input diam atau hanya mengganggu namun masih besar suara hasil penguatan perangkat ampli.
Baca juga:**Hal yang perlu diperhatikan sebelum merakit amplifier**
Gangguan audio semacam ini disebabkan oleh 2 hal diantaranya:
  •  Sumber input 
  •  Grounding

#Sumber input

Pertama saya akan membahas mengenai sumber input. Kita tahu, bahwa fungsi amplifier audio adalah menguatkan sinyal dari sumber input yang dikuatkan oleh amplifier akan di suplay ke speaker. Jadi apabila sumber input bermasalah, maka kemungkinan besarnya yaitu akan diperkuat oleh amplifier. Maka dari itu sumber input perlu perhatian khusus pertama apabila menemui gejala suara dari amplifier mendengung.

Sumber input bermasalah biasanya disebabkan oleh berbagai hal, misalnya kabel kurang berkualitas maupun memang sumber input bermasalah.

Cara Menghilangkan Dengung Amplifier mengikuti volume

Apabila menggunakan tone control dalam satu box dengan amplifier, ini biasanya sering terjadi dengung dan noise, berikut untuk mengatasinya:
  • Coba lepas input amplifier, sehingga amplifier dalam keadaan netral terhadap input. 
  • Dengarkan apakah terdengar suara dengung di speaker? Apabila tidak ada suara dengung berarti masalah ada pada tone control.
  • Tone control di pasaran ada berbagai macam fitur. dan yang paling rentan terhadap suara dengung adalah jenis tone control dengan memiliki fitur subwover. Tone kontrol jenis ini tidak sembarangan dalam merakitnya. Apabila asa asalan akan mengakibatkan suara dengung. Biasanya tone kontrol jenis subwoover sangat sensistif terhadap tegangan yang digunakan untuk splai tone control. 
  • Ada yang menganjurkan apabila tone control dijadikan satu dalam box amplifier, salah satu caranya dengan menggunakan suplai tersendiri, Dengan kata lain, suplay tidak jadi satu dengan power ampli. ini biasanya akan meminimalisir gangguan dengung audio. Namun apabila memang anda menggunakan trafo berkualitas ini tidak menjadi masalah. kemungkinan akan terjadi dengung meskipun kemungkinan sedikit. 
  • Gunakan ic stabilizer misalnya anda menggunakan suplay 15 volt pada tone control gunakan ic 7815 agar tegangan tidak naik turun. 
  • Pastikan body potensio terhubung dengan ground terutama pada bagian bass dan volume. 
Cara Mengatasi Dengung Amplifier OCL

Meskipun body potensio sudah terhubung dengan box besi, namun terkadang dengan cara menyolder kabel pada body potensio secara langsung dihubungkan ke ground ampli akan lebih efektif dibanding hanya menempel pada box amplifier.

#Grounding Amplifer rakitan

Grounding yang tidak maksimal sangat berpengaruh terhadap gangguan amplifier. hal ini hubungannya saat merakit amplifier. Selain dari perakitan terkadang hal ini juga hanya disebabkan oleh bagian external dari amplifier.

Berikut cara menghilangkan dengung amplifier beserta penyebabnya:
  • Kabel berkualitas akan menentukan hasil dari performa perangkat dari masalah gangguan audio. Terutama pada bagian input, gunakan kabel het untuk menghubungkan input audio. kabel heat memang dirancang khusus untuk audio karena kabel ini di pada bagian negative dirancang melindungi positif agar terhindar dari gangguan frekuensi liar. 
  • Box amplifier sangat berpengaruh, ini jelas berbeda dari menggunakan box kayu dengan menggunakan box besi. Karena apabila menggunakan box kayu maka ground pada rakitan amplifier tidak terlindungi secara  maksimal. alasannya pada sistem grounding box amplifier adalah pelindung dari gangguan frekuensi dari luar. 
  • Menyambung grounding dengan langsung ke trafo bukan pilihan yang tepat. Pada beberapa kejadian memang ada trafo yang bermasalah. Apabila titik ground dipusatkan pada ct trafo, maka kemungkinan dengung akan masih timbul. Yang bagus memilih titik grounding untuk dihubungkan dengan box amplifier dan juga potensio adalah ground yang sudah masuk ke dalam rangkaian amplifier maupun titik terjauh dari ground itu sendiri. 
  • Apabila menemui dengung pada saat di lapangan jalan alternatif yaitu dengan cukup ground perangkat di tanam ke dalam tanah menggunakan kabel. Mungkin bisa meringankan sekitar 0,5 % kinerja dari ground ini. Atau bisa juga dengan mencoba membalik phase streker apada amplifier yang mendengung, ini biasanya juga afektif apabila yang bermasalah adalah trafo dari amplifier. Membalik colokan listirk amplifier. 

Menggunakan ampli rakitan hendaknya menggunakan komponen yang berkualitas. Selain itu sistem grounding pada amplifier sangat mempengaruhi.

Trafo murahan terkadang menjadi penyebab amplifier dengung dan timbul gangguan audio lainnya. Hal ini pernah saya alami pada saat merakit amplifier jenis ocl. dengan menggunakan trafo mtahri timbul suara dengung. Namun ketika ganti trafo ternyata amplifier aman. Ini pewnting bagi pemula yang sedang merakit amplifier bisa jadi penyebab amplifier dengung adalah trafo. 

Kunci agar berhasil di lapangan menggunakan ampli rakitan agar tidak terganggu dengung adalah dengan menginstal amplifier dengan baik, yaitu perancangan kit terhadap guncangan saat dibawa, karena terkadang perakitan kit dengan body/box kurang kuat akan bermasalah saat terguncang.

Penggunaan soket input yang berkualitas sangat berperan penting untuk menghindari dengung dan noise amplifier. Satu saja yang bermasalah, akan menyebabkan kegaduhan fikiran kita saat di lapangan.

Demikian shering saya mengenai Cara Menghilangkan Dengung Amplifier OCL semoga bermanfaat!!
Admin
Admin Memiliki pengalaman di dunia publisher selama lebih dari 5 tahun. Saat ini mengelola beberapa jaringan web blog informasi.