Penyebab Amplifier Mendengung dan Cara Mengatasinya


Penyebab Amplifier Mendengung dan cara mengatasinya

**SOLDIRADEM BLOG**  Amplifier mendengung, timbul nois cacat tribel merupakan permasalahan yang sangat kompleks yang dialami oleh perakit amplifier pada khususnya. Beberapa perakit amplifer pasti tidak luput dari permasalahan ini. Oleh karena itu perakit harus mengetahui latar belakang dari permasalahan gangguan amplifier yang sering timbul di saat perakitan.

Artikel kali ini akan menguak Kenapa amplifier mendengung , berdasarkan fakta yang ada maupun secara teoritis.

#1.Penyebab Amplifier Mendengung

Gejela dari amplifier mendengung di tandai dengan 2 macam gejala. Diantaranya
  1.  Amplifier cuma berdengung tidak ada suara dari input 
  2.  Amplifier mendengung namun masih ada suara 
Di antara kedua macam gejala kerusakan tersebut memiliki perbedaan dalam menangani.

1. Power amplifier dengan gejala hanya dengung saja tanpa adanya suara input

Gejala ini mengindikasikan kerusakan pada power amplifier. Namun kadang hanya terjadi kesalahan input. Untuk lebih yakin memastikan kerusakan amplifier, yaitu dengan cara mengukur tegangan output pada amplifier.

Ukur output amplifier dengan menggunakan DCv meter 50 vDC.  Apabila terukur ada output dc terlalu besar kemungkinan kerusakan disebabkan karena output DC.

Apa hubungannya dengan output ampli terdapat arus DC?

Output DC pada power amplifier seharusnya tidak keluar ke out speaker. Karena normalnya output amplifier adalah hanya memiliki arus ACV . Jadi apabila timbul Arus DC bisa mengakibatkan amplifier hanya dengung tidak ada suara.  Terlebih Arus dc merupakan Musuh speaker. Speaker akan mudah terbakar apabila dialiri arus dc.

Kebanyakan yang mengalami keruskan semacam ini adalah jenis amplifier jenis OCL. Kerusakan paling sering terjadi adalah rusaknya transistor final atau pun kerusakan pada driver.

Pada power Super Ocl 504 memiliki setting DCo. Yaitu untuk mengatur besarnya arus dc yang mengalir ke output amplifier. Apabila anda menemukan arus dc pada amplifier socl 504, coba setting pada VR dco nya, sebelum memastikan apakah terjadi kerusakan pada transistor final.

Pada amplifier speaker aktif dengan jenis ocl 150 watt, memiliki gejala hanya dengung tidak ada suara itu biasanya jelas terjadi kerusakan pada amplifier terutama transistor final yangmenggunakan tr 41 42c.

Baca juga:


2. Amplifier mendengung namun masih ada suara


Permasalahan ini sering hanya mengganggu hasil produksi audio amplifier. Entah kadang lebih besar dari suara hasil penguatan ampli, maupun hanya mengganggu sedikit pada saat input diam atau hanya mengganggu namun masih besar suara hasil penguatan perangkat ampli.
baca juga:**Hal yang perlu diperhatikan sebelum merakit amplifier**
Gangguan audio semacam ini disebabkan oleh 2 hal diantaranya:
  •  Sumber input 
  •  Grounding
#Sumber input

Pertama saya akan membahas mengenai sumber input. Kita tahu, bahwa fungsi amplifier audio adalah menguatkan sinyal dari sumber input yang dikuatkan oleh amplifier akan di suplay ke speaker.

Jadi apabila sumber input bermasalah, maka kemungkinan besarnya yaitu akan diperkuat oleh amplifier. Maka dari itu sumber input perlu perhatian khusus pertama apabila menemui gejala suara dari amplifier mendengung.

Sumber input bermasalah biasanya disebabkan oleh berbagai hal, misalnya kabel kurang berkualitas maupun memang sumber input bermasalah.

Apabila menggunakan tone control dalam satu box dengan amplifier, ini biasanya sering terjadi dengung, untuk mengatasinya:
  • Coba lepas input amplifier, sehingga amplifier dalam keadaan netral terhadap input. 
  • Dengarkan apakah terdengar suara dengung? Apabila tidak ada suara dengung berarti masalah ada pada tone control.
  • Tone control di pasaran ada berbagai macam fitur. dan yang paling rentan terhadap suara dengung adalah jenis tone control dengan memiliki fitur subwover. Tone kontrol jenis ini tidak sembarangan dalam merakitnya. Apabila asa asalan akan mengakibatkan suara dengung. kenapa ini terjadi?
  • Biasanya tone kontrol jenis subwoover sangat sensistif terhadap tegangan yang digunakan untuk splai tone control. 
  • Ada yang menganjurkan apabila tone control dijadikan satu dalam box amplifier, yaitu dengan menggunakan suplai tersendiri, Dengan kata lain, suplay tidak jadi satu dengan power ampli. ini biasanya akan meminimalisir gangguan hum audio. Namun apabila memang anda menggunakan trafo berkualitas ini tidak menjadi masalah. kemungkinan akan terjadi dengung meskipun kemungkinan sedikit. 
  • Gunakan ic stabilizer misalnya anda menggunakan suplay 15 volt pada tone control gunakan ic 7815 agar tegangan tidak naik turun. 
  • Pastikan body potensio terhubung dengan ground terutama pada bagian bass dan volume. 
speaker aktif timbul dengung

Meskipun body potensio sudah terhungung dengan box besi, namun terkadang dengan cara menyolder kabel pada body potensio secara langsung dihubungkan ke ground ampli akan lebih efektif dibanding hanya menempel pada box amplifier.

#Grounding 

Grounding yang tidak maksimal sangat berpengaruh terhadap gangguan amplifier. hal ini hubungannya saat merakit amplifier.  yaitu
  • Kabel berkualitas akan menentukan hasil dari performa perangkat dari masalah gangguan audio. Terutama pada bagian input, gunakan kabel hat untuk menghubungkan input audio. kabel heat memang dirancang khusus untuk audio karena kabel ini di pada bagian negative dirancang melindungi positif agar terhindar dari gangguan frekuensi liar. 
  • Box amplifier sangat berpengaruh, ini jelas berbeda dari menggunakan box kayu dengan menggunakan box besi. Karena apabila menggunakan box kayu maka ground pada rakitan amplifier tidak terlindungi secara  maksimal. alasannya pada sistem grounding box amplifier adalah pelindung dari gangguan frekuensi dari luar. 
  • Menyambung grounding dengan langsung ke trafo bukan pilihan yang tepat. Pada beberapa kejadian memang ada trafo yang bermasalah. Apabila titik ground di pusatkan pada ct trafo, maka kemungkinan dengung akan masih timbul. Yang bagus memilih titik grounding untuk dihubungkan dengan box amplifier dan juga potensio adalah ground yang sudah masuk ke dalam rangkaian amplifier maupun titik terjauh dari ground itu sendiri. 
  • Apabila menemui dengung pada saat di lapangan jalan alternatif yaitu dengan cukup ground perangkat di tanam ke dalam tanah menggunakan kabel. Mungkin bisa meringankan sekitar 0,5 % kinerja dari ground ini. Atau bisa juga dengan mencoba membalik phase streker apada amplifier yang mendengung, ini biasanya juga afektif apabila yang bermasalah adalah trafo dari amplifier. Membalik colokan listirk amplifier. 
Menggunakan ampli rakitan hendaknya menggunakan komponen yang berkualitas. Selain itu sistem grounding pada amplifier sangat mempengaruhi.

Kunci agar berhasil di lapangan menggunakan ampli rakitan agar tidak terganggu hum adalah dengan menginstal amplifier dengan baik, yaitu perancangan kit terhadap guncangan saat dibawa, karena terkadang perakitan kit dengan body/box kurang kuat akan bermasalah saat terguncuang.

Penggunaan soket input yang berkualitas sangat berperan penting untuk menunjang menghindari dengung. Satu saja yang bermasalah, akan menyebabkan kegaduhan fikiran kita saat di lapangan.

Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel