Cara Memperbaiki Ampli OCL 150 Watt Rusak (Lengkap)

Cara Memperbaiki Ampli Ocl 150 Watt Rusak - Terkadang saat proses perakitan amplifier kita menemui hasil yang kurang mengenakan, meskipun driver masih dalam keadaan baru kadang pada saat runing test ternyata tidak sesuai yang kita harapkan bahkan malah troble.



Power ocl 150 mengalami berbagai kerusakan/trobel, mungkin karena kualitas komponen driver yang digunakan memiliki kualitas rendah sehingga mudah sekali rusak. Berapa produk driver hanya mengarah pada harga yang murah dan mengesampingkan kualitas terutama pada transistor driver dan resistor yang digunakan.

Resistor dengan toleransi 5% dapat mengakibatkan hasil kualitas berbeda beda. karena setiap selisih resistor dapat menghasilkan frekuensi yang berbeda dan arus yang berbeda. Mungkin opsi menggunakan resistor toleransi yang lebih rendah misal 1% 2% bisa di rekomendasikan untuk hasil kualitas audio berkualitas. Resistor biru bisa menjadi pilihan.

Transistor akan menentukan seberapa volt dapat dihandle oleh amplifier. Setiap seri transistor memiliki daya maksimal, oleh sebab itu driver yang baik sudah pasti memperhitungkan maksimal voltase yang digunakan oleh komponen driver itu sendiri.

Selain dari driver itu sendiri, kerusakan juga bisa disebabkan faktor eksternal dari driver, yaitu dari power suplay dan dari transistor final yang digunakan mengalami kerusakan.

Setelah mengetahui penyebab apa saja yang dapat memperngaruhi keinerja driver ocl sekarang kita membahas bagaimana cara memperbaiki jika terjadi kerusakan pada power ampli ocl.

Dalam memperbaiki ocl 150, kita harus memahami beberapa blog bagian yang bisanya mengakibatkan ocl rusak.

Gejala yang dialami oleh amplifier ocl Yaitu:

Suara serak, transistor jebol terus, resistor 100ohm terbakar, resistor 330 gosong , transistor driver jebol,

Cara Memperbaiki Ampli Ocl 150 Watt Rusak
Contoh driver ocl 150 wat dari gm setereo yang dipotong menjadi mono. 


1. Power ocl 150 serak

Penyebab paling sering adalah rusaknya pada transistor final, sehingga tegangan DC masuk ke out speaker. Dari beberapa kejadian kerusakan diakibatkan oleh transistor driver terutama pada tip 31, atau pada bagian positif driver.

Dioda 4148 juga bisa mengakibatkan suara ampli ocl serak. biasanya saya lebih memilih mengganti dioda 4148 dengan dioda 1 ampre agar lebih awet. Terutama ini penggunaan pada amplifier tegangan 32+ volt.

Serak terkadang juga bisa disebabkan oleh resistor kapur0,5 ohm 5 watt pada bagian emitor transistor final. enteh putus atau melar. Tandanya ialah tidak ada Tegangan DC masuk ke out spekaer.

Jika melihat gambar diatas pada bagian transistor d438 apabila terjadi kerusakan akan mengakibatkan arus dc masuk ke out speaker.

Baca juga: cara memperbaiki speaker aktif serak 

2. Transistor jebol terus

Menggunakan amplifier ocl dengan transistor final murahan bisa jadi penyebab faktor utama. Mungkin karena over heat karena tegangan terlalu tinggi sehingga transistor tidak kuat menahan arus. transistor murah diperuntukan dengan voltase yang rendah maksimal 25 volt saja.

Namun dengan menggunakan transistor mahal sekalipun jika memang ada kerusakan pada out speaker short akan mengakibatkan hal yang serupa. mungkin speaker short sehingga bisa mengakibatkan ampli ocl langsung mati.

Tips bagi yang sedang merakit ketika running tess jangan langsung menggunakan beban lebih baik test dulu apakah out speaker ada tegangan dc atau tidak ,apabila terdapat tegangan DC maka ada kesalahan dalam merakit ampli. Apabila langsung diberikan beban biasanya akan mengakibatkan transistor final langsung ambyar.

3. Resistor 100 ohm terbakar

Disebabkan oleh rusaknya pada transistor driver op amp. biasanya menggunakan a733. selain itu juga bisa disebabkan oleh transistor bd 139/ d438.

Apabila rusak pada salah satu transistor, juga bisa ditandai dengan terbakarnya resistor 10k yang terhubung dengan transistor a733 Resistor ini sebagai pembatas dari tengan dari power suplay setelah melalui resistor 100 ohm.

Resistro 100 ohm juga bisa terbakar ketika tegangan simetris tidak seimbang. misalnya pada salah satu polaritas +/- tegangan drop maka resistor dengan tegangan normal akan langusang terbakar. salah atu tegangan drop bisa disebabkan oleh elko power suplay ada yang kering.

4. Resistor 330/220 gosong

Resistor ini akan terbakar jika transistor tip 31/41, 32/42c mengalami kerusakan. Beberapa jenis merek ocl memiliki jenis sistem berbeda. pada penggunaan merek "gm"menggunakan resistor 270ohm sedangkan jenis lainya menggunakan 220 ohm. setelah tahu pada transistor driver rusak maka harus wajib periksa dioda 4148 untuk memastikan bias normal.

5. Arus dc di out Speaker

Arus dc langsung ke out speaker akan disertai dengan gejala speaker hanya akan dengung daun sepaeker maju tidak bergerak. Ini sangat berbahaya apabila terus dinyalakan karena arus dc dapat membakar spoel yang ada di dalam speaker. Apabila separah itu gejalanya, pasti transistro final jebol antara colektro dan emitor sehinga arus dari power suplay langsung menuju otu speaker. berbhaya lagi jika menggunakan transistor paralel karena akan merambart ke transistor yang lainya jika running test dalam jangka waktu yang lama tidak segera dihentikan.

6. Power suplai ampli

Seperti yang saya katakan di atas bahwa power suplai amplifier simetris jika tegangan tidak seimbang bisa mengakibatkan cacat audio. Apabila salah satu polaritas mengalmi drop parah bisa mengakibatkan terbakarnya resistor 100 ohm. Hal ini sering terjadi jika menggunakan trafo 15 ampre lebih bahkan 10 ampre pun bisa mengalami hal ini jika tegangan salah satu tidak seimbang.

Sebagai contoh misalnya tegnagan 32 volt ct 32 volt pada bagian negatif ternyata hanya terukur 20 volt saja. ini akan berakibat fatal terutama pada keluaran suara cenderung cacat ketika volume rendah di bawah jam 9.

Kesimpulan

Permasalahan  sangat klasik bagi yang sering otak atik amplifier ocl. Mungkin artikel ini akan lebih menambah wawasan terutama bagi pemula saat memulai mencoba memperbaiki driver ocl 150 watt. karena sebagian orang akan memilih untuk membeli satu blok tinggal pasang dengan power suplay daripada memperbaiki rakitan yang sudah ada. dengan cara ini akan lebih menghemat terutama untuk driver yang rusak. baca juga: cara memperbaiki amplifier

Publish By: www.soldiradem.com
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Ampli OCL 150 Watt Rusak (Lengkap)"