Cara Membuat Power suplay untuk Power amplifier

SOLDIRADEM BLOG – pada postingan kali ini saya berkesempatan berbagi bagaimana cara membuat power suplay power amplifier yang menggunakan ct. karena power amplifier terdapat beberapa jenis tegangan. ada yang menggunakan suplay ct dan  menggunakan no ct. sehingga bagi pemula ini sangat membingungkan.

Yang akan kita bahas kali ini adalah membuat power suplay untuk power ampli ct/0. atau biasanya dugunakan pada jenis power amplifier berdaya tinggi seperti misalnya model ocl 150 watt.

Namun sebelum merakit harus mengetahui aturan yang harus diperhatikan yaitu

a.  Pemasangan elko tidak boleh terbalik karena elko merupakan komponen berpolaritas. Sehingga jika terbalik pemasangan akan berakibat kerusakan pada elko. Bahkan bisa MELEDAK. untuk memahami plus dan minusnya secara fisik bisa dilihat, pada pol min/- ditandai dengan cat putih di bodynya. sedangkan yang tidak diat berarti plus/+

b.   Pemahaman jalur + dan -. jangan sampai terbalik. Jika terjadi terbalik dalam pemahaman dioda maka biasanya juga berdampak pada elko. Yaitu rusaknya elko. Jika dirakit langsung disambung ke power ampli biasanya akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada transistor final maupun transistor driver. Pada body dioda keprok /dioda kotak biasanya akan tercantum
 
(+) dan (-). Pada lambang (~) untuk jalur AC atau yang disambung ke trafo. 

Baca juga: perbedaan trafo ct dan non ct  

Berikut ini sudah saya gambarkan kedua jenis power suplay. Pada dasarnya sama, namun hanya saja komponen yang dibutuhkan berbeda ukuran dan jumlah elko.

1.    Power suplay untuk 25,/ct0,25



Ini biasanya digunakan pada power amplifier berdaya rendah. Misalnya speaker aktif dan sejenisnya yang menggunakan power ampli jenis ocl. Sehingga tegangan ya menggunakan ct.

Trafo menggunakan 3Ampere tegangan menggunakan 25v ct. elko yang digunakan adalah 4700uf 50v, dioda 5A bridge model keeprok.

2.    Power suplay untuk 45volt ct

pemahaman bagi pemula sangat dibuuhkan baca lebih lanjut...

Trafo menggunakan 10a, dioda 35A model keeprok, Elco menggunakan 100000 uf 70volt.

Ini sering digunakan pada power amplifier yang berdaya tinggi. Untuk lebih maksimal lagi bisa menambahkan jumlah elko yang lebih banyak misalnya 8 buah elko dengan posisi pemasangan seperti pada gambar. dirakit secara seri dan paralel.

Teknik ini dari dulu sampai sekarang masih belum berubah. Terlihat pada beberpa kesempatan pada rakitan jaman dahulu model power suplay amplifier ct masih persis seperti gambar. Namun yang menjadi perbedaan adalah dulu merakitnya tidak menggunakan dioda model keeprok. Hanya menggunakan dioda biasa yang dirakit secara manual.berikut model jadulnya,


Ini merupakan seri dalam merakit power amplifier. Untuk tahap Selanjutnya yaitu merakit transistor final secara paralel…baca lebih lanjut>>>>>>


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Power suplay untuk Power amplifier"