Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Penguat Mic Echo Dengung dan desis

Penyebab Penguat Mic Echo Dengung dan desis

Penyebab mic echo dengung dan desis
- Kali ini saya akan membagikan seputar pengalaman merakit amplifier menggunakan penguat mic menggunakan echo yang terkadang hasilnya dengung dan desis. Apa saja faktor penyebab dengung dan desis pada penguat mic menggunakan echo?  

Kenapa saat merakit amplifier bersama penguat mic mengalami gangguan dengung menurut versi yang saya alami. Mungkin secara teori bisa salah dan bisa juga ada benarnya tentang apa yang terjadi. 

Penguat mic memiliki sensitifitas tinggi terhadap sinyal apapun yang di dekatnya. misalnya kita mendekatkan tangan ke rangkaian penguat mic akan memicu penguat mic menangkap sinyal dari tangan meskipun belum sampai menyentuh input.

Hal ini akan kita temui saat rangkaian menggunakan ic sebagai op amp penguat mic. Kadang menggunakan transistor juga sama sensitifnya. 

Oleh sebab itu, ketika rangkaian penguat mic dan echo menjadi satu di dalam box dengan rangkaian lain bisa terganggu. Misalnya tata letak penguat mic berdekatan dengan trafo.

Selain dari faktor sinyal eksternal gangguan juga bisa disebabkan oleh arus rangkaian lain seperti kipas dan lampu led yang di dalam satu suplai trafo. 

Penguat mic sudah sangat sensitif terhadap gangguan frekuensi liar akan dilipat gandakan sinyal tersebut ke dalam rangkaian echo. dan inilah yang terjadi sehingga terjadi gangguan dengung dan nois

Sempat beberapa kali melakukan merakit amplifier yang diberikan penguat mic jadi satu dalam satu box dan hasilnya dengung dan kadang terpaksa menggunakan solusi lebih mahal.

Karena mungkin akan lebih baik apabila rangkaian penguat mic tidak dijadikan satu dengan rangkaian amplifier. 

Jika pun terpaksa harus jadi satu biasanya harus memiliki catu daya sendiri. baca juga : cara membuat rangkaian power suplay 15 volt ct 

Hal ini pernah saya coba dan terbukti lebih efektif meskipun menambahkan beban biaya perakitan. 

Jika catu daya penguat mic menjadi satu dengan trafo yang digunakan untuk amplifier maka bisa terjadi gangguan terutama apabila menggunakan indikator led dan kipas sebagai aksesoris di dalam box ampli. 

Salah satu cara untuk minimalisir gangguan dengung dan nois adalah dengan membuat jalur ground pada body potensio yang dihubungkan langsung ke ct trafo untuk amplifier. Kadang efektif kadang juga tidak. Hal ini pernah saya coba di saat merakit penguat mic mixer yang dengung dan nois.

Namanya teori otodidak tidak mengenal perhitungan. yang terpenting adalah mencoba sebagai solusi untuk memecahkan masalah. 

Baca juga:cara menghilangkan dengung speaker aktif

Memang dunia elektronika penuh dengan coba coba. Kecuali anda memang ahli dan memiliki dasar di bidang elektronika melalui akademis. 

Demikian Penyebab Penguat Mic Echo Dengung dan desis  semoga bermanfaat!!! 

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

Posting Komentar untuk "Penyebab Penguat Mic Echo Dengung dan desis "