Cara Mengatasi Mixer Audio Rakitan Berdengung

cara mengatasi mixer dengung

Soldiradem blog - Menurut pengalaman pribadi, Merakit audio mixer seringkali menemui kendala cacat output, berupa gangguan dengung dan nois. mungkin anda semua juga pernah mengalami atau sedang mengalami hal serupa. Maka dari itu saya ingin shering mengenai bagaimana menangani mixer rakitan dengan hasil akhir dengan gangguan dengung dan nois.

Perangkat audio mixer sangat berperan penting untuk menghasilkan suara dari sumber input, kemudian masuk ke penguat audio lainya, nah apabila dari mixer sudah menglami gangguan, maka akan semakin diperkuat, gangguan pun semakin besar. Memang tidak selamanya saat kita merakit tidak serta merta selalu berhasil membuat perangkat menjadi bagus.

Hal ini sering saya temui ketika telah menyelesaikan proses perangkat dan test ternyata hasilnya kadang mengecewakan.

Gejala paling sering dialami yaitu:
  • Ketika dimasukan input gain di buka sedikit saja sudah ada dengung. 
  • Bahkan kadang, baru dinyalakan dan belum dikasih input sudah dengung. 
  • Potensio bass pada arah jam 12 sudah dengung. 
  • Nois timbul pada nada tinggi/trible. 
Itu hampir terjadi pada jenis kit yang sama, dengan merek berbeda. Lantas apa saja yang menyebabkan semua itu terjadi?

Berikut merupakan poin-poin penting yang meski dibenahi agar suara mixer tidak ada gangguan dengung lagi.

1. Power suplay

Yang perlu diperhatikan pertama saat merakit mixer ialah penggunaan power suplay. Biasanya mixer rakitan menggunakan tegangan ct-15 volt DC, itu artinya apabila lebih tinggi dari 15 volt bisa jadi mengakibatkan ada komponen akan mati, nah kekurangan tegangan malah tidak bunyi. Namun tegangan 12 volt masih bisa bekerja, asalkan stabil tanpa drop.

Pre amp mic jenis mxer biasanya menggunakan tegangan simetris atau menggunakan CT.  Oleh sebab itu saat merakit power suplay harus menggunakan rangakian pensetabil tegangan 15 volt simetris.  Atau anda juga bisa membeli rangkaian yang sudah jadi, sekitar 20 ribuan.

Pada poin ini yang meski diperhatikan atau penyebab gangguna audio adalah masalah groounding, tegangan,

Grounding bekerja untuk menyeimbangkan kierjategangan simetris dan juga melindungi kinerja audio dari gangguan luar maupun dalam.nsehingga penting sekali menggunakan box besi agarbisa tersambung dengan ground,

Tegangan harus stabil, misalkan kita menggunakan lebih dari satu kit maka arus yang mengalir akan semakin besar yang diburtuhkan. Apabila tidak memenuhi biasanya akan terjadi ganggua pada output.

Usahakan trafo tidak dalam satu box dalam mixer kit, karena induksi dari trafo akan mengganggu kinerja pada mixer terutama trafo yang ditempatkan dekat dengan input maupun output pada bagian mixer, maka dari itu jika kita melihat mixer build up pasti akan menempatkan power suplay di luar box alias terpisah dengan box. ini tujuanya untuk menghindari sinyal radiasi dari trafo maupun SMPS.

2. Komponen mixer

Kualitas suara dari mixer juga ditentukan dari komponen yang digunakan. apabila menggunakan komponen berkualitas rendah akan terjadi cacat audio. Contoh sederhanaya ialah potensi yang digunakan pada mixer menggunakan kualitas rendah maka akan mudah terjadi gangguan nois saat potensio diputar.

3. Sistem instalasi

Pada bagian ini yang perlu diperhatikan ialah pada bagian box dan kabel yang digunakan. pada bagian kabel input gunakanlah kabel yang terlindung ground, atau sering disebut dengan kabel het. Penting bagi kabel input karena dari sinilah sumber sinyal berasal. Apabila dari input sudah bermasalah kemudian diperkuat di pre am mic maka gangguan akan semakin membesar.

Pada saat pertama kali di rangkai hendaknya coba satu per satu agar nanti tidak repot ketika ada salah satu kita yang bermasalah.

Apabila sedang berada pada proses perakitan menemui kendala suara dengung, maka yang meski diperhatikan adalah bagaimana karakteristik dari kit yang digunakan. Karena di beberapa jenis kit ada yang sensitif terhadap fekuensi luar, perlu grounding ekstra pada body potensio.bukan hanya di box mixer saja, namun langsung di solder di body potensio kemudian langsung di sambung ke ct/0 secara langsung.
mengatasi gangguan dengung pada mixer rakitan

Potensio  perlu di ground adalah pada bagian gain dan bass. Gain menentukan kualitas suara, sedangkan pada bagian bass akan cenderung memiliki karater sub tapi menimbulkan hum.

Gunakan kabel het pada bagian input, output. pastikan pada pagian masing masing soket menggunakan ground,

Apabila mixer dengung terjadi di suatu tempat, atau sedang berada di suatu acara, bisa melakukan grounding pada body mixer ditanam kedalam tanah menggunakan kabel. Kemudian selain itu juga bisa menggunakan cara membalik colokan kabel AC 220, karena bisa jadi arah arus bermasalah karena trafo tidak sempurna.

Demikian semoga bermanfaat!!!!!
Baca juga: cara mengatasi dengung speaker aktif

0 Response to "Cara Mengatasi Mixer Audio Rakitan Berdengung"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel