Cara Memperbaiki TV SHARP Picocolo protek -21EF25MK2


Tv sharp sering disebut siraja protek oleh para rekan teknisi. Kali ini saya mendapatkan sebuah kasus tv sharp picocolo protek. Gejalanya ketika dihidupkan kembali ke mode standby. Bisa dibilang masih bisa start meski hanya sesaat. Memperbaiki dalam kondisi servis panggilan salah Satu tantangan tersendiri karena beberapa kali saya sempat gagal dalam beberapa kasus pada tv sharp protek. Kali ini saya Alhamdulillah’s berhasil berkat keberanian saya untuk menyelesaikanya dengan mengandalakan pengalaman yang telah lalu. Nah karena berhasil saya akan shere pengalaman ini kepada rekan sekalian mudah-mudahan bisa menjadi salah satu refrensi yang bisa digunakan saat memperbaiki tv sharp picocolo protek

Berikut ini langkah yang saya tempuh dalam menangani tv sharp picocolo protek:
  1. Buka casing dengan hati -hati. Kemudian membersihkan casis tv dari mobo utama sampai soket rgb menggunakan kuas. 
  2.  Langkah Selanjutnya soldering ulang pada bagian yang sering bekerja panas misalnya pada rangkaian blog rgb dan transistor horisontal maupun ic vertikal. 
  3.  Coba test dengan menghidupkan tv. Terkadang hanya melalui langkah diatas tv sudah dapat hidup. Jika belum bisa start kita melangkah berikutnya.
  4.  Gunakan multitester, arahkan fungsi ke dc volt pada 250 v untuk mengukur tegangan b+. pastikan ada 115 +. Jangan sampai kurang. Pengukuran dilakukan dengan cepat karena tv dalam keadaan protek.
  5.  Jika memungkinkan, lihat gejala layar. Artinya biasanya tv sharp memiliki proteksi pada bagian rgb. Jika demikian pasti jika kerusakan terjadi pada bagian rgb pasti protek. Maka jika memungkinkan lihat. Jika tidak terlihat gejalanya, menuju langkah Selanjutnya.
  6.  Sekarang mencari titik protek. Hal paling penting dalam menangani tv protek yaitu mencari titik protek pada ic utama dahulu. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk selalu mencatat setiap kali mendapatkan titik protek pada beberapa tv. Cari data pada ic yang digunakan di internet. Sharp picocolo ini menggunakan ic UOC- UOC- IXC245WJN1Q. Titik protek terletak pada kaki 63. Cari jalur kemana arah protek diletakan. Kita cabut saja pada resistor 1030.
  7.  Sekarang coba nyalakan biasanya tv bisa menyala dengan jelas kerusakan apa yang menyebabkan tv sharp picocolo protek.
  8.  Ternyata tv yang saya tangani ini mengalami keruskan yaitu pada layar Nampak blangking gambar terlihat samar-samar. Kemungkinan terjadi keruskan pada penguat RGB.
  9.  Melihat pengalaman yang lalu bahwa tv dengan gejala blangking ini disebabkan oleh tegangan video yang drop 180v ternyata hanya 100-volt saja. Dengan penuh keyakinan bahwa ini penyebabnya tidak lain yaitu elko pada filter 180 dengan ukuran 33uf 250v.
  10.  Setelah penggantian tv tidak blangking lagi gambar normal.
  11.   Pasang lagi resistor R1030.
  12.   Biasanya tv langsung mau start dan tidak protek lagi.
Ternyata tv picocolo sering rusak dengan gejala seperti ini yaitu layar blangking kemudian jika sudah parah tv akan mengalami protek.

Demikian shereing saya dalam memperbaiki tv sharp picocolo protek. Semoga bisa menjadi refrensi untuk rekan sekalian. Terimakasih telah membaca blog saya ini.

0 Response to "Cara Memperbaiki TV SHARP Picocolo protek -21EF25MK2"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel