Memperbaiki TV SHARP Piccolo slim Kadang Mati Sendiri

Jadi ceritanya, kali ini memperbaiki tv milik sendiri merek sharp piccolo slim ukuran 21 inc dengan gejala kadang sering mendadak mati standby ketika beberapa saat dinyalakan. Atau kadang tidak mati meskipun seharian di nyalakan. tapi kadang baru beberapa menit mati standby. Kemungkinan tv sharp piccolo slim ini protek.

Kalau boleh saya infokan tv sharp milik saya ini beli tahun 2012 sampai sekarang ini baru bukak sekali ini pula. Yah mungkin tv ini sudah memiliki umur yang cukup tua jadi wajar saja apabila terjadi kerusakan.

Awalnya saya mengira ini hanya masalah pada solderan yang sudah mulai menurun kualitasnya. Meskipun sharp jarang sekali dalam masalah kualitas solderan, karena tergolong bagus. Namun tidak tertutup kemungkinan terjadi hal ini juga, karena penggunaan televisi yang kerja keras setiap hari menghasilkan panas sehingga terjadi penurunan kualitas solderan adalah hal yang wajar.

Setelah saya amati dengan seksama ternyata ada beberapa memang terjadi keretakan terutama pada bagian transistor horizontal dan kaki kaki flyback. selain itu juga terjadi keretakan pada bagian kaki ic vertikal. Ah ini mungkin penyebabnya.

 Saya Langsung melakukan soldering ulang pada bagian bagian tersebut kemudian pada bagian lain juga sperti pada bagian blog rgb, dan sekitar blog horizontal. Karena ini biasanya mengakibatkan tv sharp sering protek.

Sesudah sodering ulang ternyata tv malah gak mau start. waduh......

Apaan coba?

Ketika tv dinyalakan lampu indikator menunjukan seperti protek yaitu menyala terang kemudian led redup. Sepertinya ic jungle bisa start namun transistor horizontal tidak bisa bekerja. Kemungkinan terjadi kerusakan horizontal.

Saya sempat curiga pada transistor horizontal dan pada bagian capasitor resonant yang mengalami kerusakan. Karena sebelum saya memperbaiki tv sharp ini menunjukkan sebelum tv mati kilat raster satu garis vertikal atau garis dari atas kebawah sekejap saja. kemudian tv mati standby.

TV sharp piccolo slim menggunakan transistor horizontal dengan tipe c 6092. Setelah saya ukur ternyata normal. nah saya curiga pada capasitor resonant. Gak sempat ingat berapa ukuranya tapi pada capasitor tersebut terlihat retak pada bagian solderanya. Soldering ulang.

Namun tetap saja tv belum mau start.

Saya fikir lagi apa mungkin malah blog vertikal. Tapi tadi sudah saya solder ulang. IC vertikal menggunakan la 78040B.

Inisiatif pun muncul dengan menggunakan insting mesin pencari google yaitu dengan kata kunci titik protek pada tv sharp piccolo slim.

Dari searcing yang saya dapatkan titik protek pada tv sharp piccolo terdapat pada:


  • Pin protek utama pin 81 normal terukur 4V
  • Pin 83 sync vertikal
  • Q603 heater
  • D605 +185V
  • D203 +33V tuner
  • D1008 +5V
  • .D608 ABL.


Cek semua komponen maupun tegangan tapi percuma ternyata flyback belum bekerja. Maka percuma dong mengukur tegangan out video sedangkan flyback tidak bekerja.

Apa mungkin flybacknya?

Sebelum memastikan flybaknya mati, saya coba ukur transistor driver horizontal. eeeits ,,,,ketika saya amati sekali lagi ternyata pada solderan transistor driver horizontal ada kejanggalan.

Ternyata tadi saat saya solder ulang pada transistor driver transistor, ada kesalahan, yaitu timah pada kaki colektor dan emitor gandeng. jadi pantas saja flyback tidak bisa bekerja la wong transistor horizontalnya saja ternyata bermasalah.

Kemudian baru setelah menemukan kesalahan tersebut tv bisa start.

elahdalah ternyata kesalahan sendiri bisa repot urusannya.

Tapi banyak yang saya dapatkan dari kesalahan saya sendiri. Mungkin permasalahan awal hanya solderan retak, namun ketika soldering ulang terjadi kesalahan menyolder yaitu koneknya colektor dan emitor transistor driver horizontal mengakibatkan  transistor horizontal tidak bekerja.

Nah kan dari satu kesalahan bisa mendapatkan banyak sekali pembelajaran terutama saya dapat mempelajari titik protek pada tv sharp piccolo slim.

ehehe mudah mudahan shering saya ini bermanfaat ......

0 Response to "Memperbaiki TV SHARP Piccolo slim Kadang Mati Sendiri"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel