Pengalaman Mengganti Elemen Solder yang Berakhir Tragis


Saya ingin menyampaikan kepada rekan-rekan semua bahwa tindakan mengganti elemen solder secara sembarangan dapat berbahaya. Saya dapat mengatakan ini karena saya sendiri pernah mengalami beberapa kali.

Anda pernah membaca tentang cara memperbaiki solder yang kurang panas, bukan? Nah, ini adalah kelanjutan dari artikel tersebut. Waktu itu, saya menyampaikan bahwa salah satu cara memperbaiki solder yang kurang panas adalah dengan mengganti elemen pemanas pada solder. Namun, ternyata setelah beberapa tahun berlalu, saya mengalami kejadian yang tidak menyenangkan saat mengganti elemen solder yang saya gunakan.

Entah mengapa saat solder digunakan, malah menimbulkan aliran listrik yang berbahaya. Ternyata, hal tersebut berasal dari elemen yang dipasang di dalam body solder yang bocor ke bagian body atau ke bagian mata solder.

Baca juga: cara paling aman menggunakan multitester

Sebagai kesimpulan dan kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut:

Kualitas elemen solder kurang bagus sehingga ketika digunakan dalam jangka waktu lama, lapisan yang membungkus lilitannya bisa terbuka dan menyentuh bagian luar.

Ketika akan mengganti elemen solder, harus diperhatikan kualitasnya, bukan sekedar harganya. Mengenai produk yang bagus, saya belum bisa memutuskan dan merekomendasikan. Namun, yang terpenting saat akan memulai pekerjaan di bidang elektro, kita harus mendukung keselamatan kelistrikan di tubuh kita.

Gunakan alas kaki dan sentuh bagian besi solder ketika pertama kali dinyalakan dan belum panas, atau sentuh pada bagian tempat solder yang terbuat dari besi agar mengetahui apakah solder dalam keadaan aman atau mengandung arus yang berbahaya ketika digunakan. Namun, tindakan yang lebih aman adalah menggunakan tester AC voltmeter.

Demikianlah pengalaman saya tentang solder yang berbahaya. Intinya, sekarang saya kapok ketika akan mengganti elemen solder dan memutuskan untuk membeli solder baru saja daripada menggantinya. Bagi Anda, mungkin bisa memilih hal yang berbeda. Namun, jika ingin meminimalkan risiko terjadi kejadian serupa, Anda bisa menggunakan produk baru dengan solder yang berkualitas.

Baca juga: Teknik soldering dan desoldering

Semoga informasi ini bermanfaat!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.