Cara Memperbaiki Solder Kurang Panas

Cara memperbaiki solder kurang panas - Beberapa kali kesempatan saya mendapat pertanyaan mengenai solder yang saya gunakan. Solder kamu kok matang saat digunakan. Kenapa solder saya tidak bisa digunakan untuk menyolder komponen. Hasilnya solderan kurang matang bahkan tidak menjangkau menempel pada pcb. Atau sering mereka bertanya bagaimana sih kok menyolder kabel tapi timah tidak menempel pada serabut kabel.

Ternyata setelah saya lihat solder milik orang yang bertanya tersebut solder yang kualitas rendah. dijual di pasaran kisaran harga 15 ribuan. Pantas saja tidak bisa menempel.

Apakah solder dengan harga yang murah hasilnya bisa bagus?

Bisa!

Saya dulu juga membeli solder dengan harga murah ternyata tidak bisa untuk menyolder komponen. Dan saya memutuskan untuk memodifikasi solder tersebut. bagaimana caranya?

Saya hanya perlu mengganti mata solder dengan mata yang berkualitas seharga 20 ribu atau jika ingin yang murah lagi bisa menggunakan yang standar sekitar 10 ribu saja. Dengan mengganti mata solder bawaan solder murahan, kita sudah dapat menyolder komponen dengan hasil yang matang sempurnA.

Jika anda seorang teknisi elektronik, saya sarankan agar membeli solder yang berkualitas minimal harganya sekitaran 50 ke keatas.

Baca juga; teknik soldering dan desoldering

Bagi anda yang hanya membutuhkan solder untuk keperluan tertentu membeli yang standar saya sebutkan solder tembak misalnya. Itu sudah bisa digunakan yang penting untuk menyolder tenol/timah bisa melekat secara sempurna. Yang terpenting ujung mata solder bukan terbuat dari logam biasa. Melainkan menggunakan alumunium dan tembaga.

Cara memperbaiki solder mati tidak panas


Solder mati, biasanya terjadi karena faktor penggunaan yang sudah cukup lama sehingga elemen pemanas mengalami penurunan kualitas. Sehingga jika anda menginginkan hemat tidak usah membeli solder baru anda bisa saja memperbaiki solder anda yang tidak panas.

Caranya;
cara memperbaiki solder kurang panas

Dengan mengganti elemen solder.

Anda bisa membeli elemen solder di toko elektronik terdekat. Harganya yang paling murah antara kisaran 3000-10 ribu rupiah. Saya sering menggunakan elemen dengan daya 40 watt.

Menurut saya standar/ atau Menurut body solder. Jika semula menggunakan solder berdaya 30 watt ya elemen harus diganti dengan 30 watt. Bisa diganti elemen yang lebih panas misalnya 40 watt, namun terkadang body solder tidak cocok dengan elemen. Sehingga ketika dipasang tidak masuk pada body solder.

Demikian Semoga bermanfaat!!!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Solder Kurang Panas "