Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Mengatasi Potensio Suara kresek-kresek

SOLDIRADEM BLOG - Potensiometer atau yang lebih dikenal dengan sebutan "pot" adalah sebuah komponen elektronik yang sangat penting dalam dunia audio. Potensiometer merupakan jenis variable resistor atau resistor yang dapat diatur resistensinya. Potensiometer biasanya berukuran Kilo Ohm dan digunakan untuk mengontrol volume, tone, dan efek suara dalam sistem audio.

Kegunaan potensiometer dalam sistem audio sangat kompleks. Potensiometer digunakan untuk mengontrol volume suara dari suatu sumber suara, seperti radio, CD player, atau gitar elektrik. Potensiometer juga digunakan untuk mengontrol tone suara, yaitu mengatur balance antara frekuensi tinggi dan rendah. Dengan potensiometer, kita dapat mengatur suara menjadi lebih bass atau treble sesuai dengan selera kita.

Tips Mengatasi Potensio Timbul Suara Noise(kresek-kresek)
Potensio meter
Ketika kita melakukan adjustment pada audio, keberadaan potensio sangat membantu. Potensio merupakan alat yang digunakan untuk mengatur volume suara, tone, dan efek suara. Namun, terkadang adjustment mengalami masalah yang dapat mengganggu kualitas suara. Salah satu masalah yang sering dijumpai adalah bunyi kresek-kresek saat melakukan adjustment pada audio yang bersumber dari potensio itu sendiri.

Faktor utama yang menyebabkan masalah ini adalah kontak yang kurang baik antara potensio dengan perangkat audio yang digunakan. Kontak yang kurang baik dapat menyebabkan arus listrik tidak stabil dan menyebabkan bunyi kresek-kresek. Selain itu, kondisi potensio yang kurang baik juga dapat menyebabkan masalah ini. Potensio yang sudah lama digunakan atau yang sudah rusak dapat menyebabkan bunyi kresek-kresek saat melakukan adjustment.

Langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan kontak antara potensio dengan perangkat audio. Anda dapat menggunakan kuas atau kertas yang lembab untuk membersihkan kontak tersebut. Selain itu, pastikan bahwa potensio yang digunakan masih dalam kondisi baik dan tidak rusak. 

Terlepas dari faktor penyebab potensio berbunyi kresek-kresek yang memang sangat mengganggu, kita dapat memperbaikinya dengan cara sbb:

~Jika Potensio Rusak

Potensio rusak biasanya bisa diketahui dengan cara menggunakan Ohm meter dengan ×1K OHM. Caranya dengan menempelkan probe merah dan hitam ke bagian kaki tengah dan samping, lalu putarlah kenop pada potensio. Jika ohm meter jarum bergerak perlahan maka potensio masih bagus, tapi jika jarum Ohm Meter bergerak secara spontan maka potensio impedansinya mungkin sudah berkurang,sehingga ketika diputar langsung lost.

~. Potensio Meter Kotor

Potensio meter kotor biasanya ini yang membuat suara kresek-kresek muncul saat dilakukan adjustment. Hal ini bisa dilakukan pembersihan dengan cara memberikan minyak cleaner servis atau sejenisnya diseprotkan ke dalam potensio, lalu putar-putar secara berulang sampai kotoran menyingkir. Tapi hal ini tidak menjamin potensio awet dan akan tumbuh lagi jika cleaner tidak maksimal. Hal ini sangat efektif  dan terbukti ampuh mengatasi potensio bermasalah tersebut. ‘‘dengan catatan cleaner maksimal’’. Bila terjadi pada potensio sorong, maka bisa dibersihkan dengan cara dibongkar dan bisa dibersihkan.

~. Potensio kualitas rendah

Permasalahan ini biasanya tumbuh pada speaker aktif yang memang harganya cukup terjangkau tapi murahan. Dan potensio berkualitas rendah digunakan untuk menekan minimalisir biaya produksi, sehingga keawetan barang tersebut tidak terjamin.

Tidak hanya terjadi pada speaker aktive saja, hal ini juga terjadi pada perangkat elektronik yang lainya seperti amplifier, perangkat yang lain menggunakan potensio terutama audio.

#Tips mencegah terjadinya pemasalahan potensio krekeresek 

1). Jangan biarkan perangkat anda ditempeli debu, maka bersihkan secara rutin dan jangan biarkan debu masuk ke dalam mesin.

2). Putarlah potensio secara berkala jika tidak sering digunakan.

3). Belilah sperparts yang berkualitas.

4). Beli perangkat elektronik yang berkualitas.

Jadi perawatan dan pemilihan kualitas barang yang anda punya adalah segalanya. jika ingin potensio tetap prima.

Tips Mengatasi Potensio Timbul Suara Noise(kresek-kresek)

Dari beberapa kawan yang sempat shering tentang potensio dengan permasalahan kresek-kresek bisa menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan. Hal ini berakitan denga kemudahan dalam menemukan bahan untuk cleaner daripada harus menggunakan minyak yang lain yang sulit untuk ditemukan.

Ada beberapa orang juga membersihkan potensio dengan menggunakan oli bekas. Namun hal ini d
tidak dianjurkan untuk dilakukan karena dapat merusak komponen lain apabila oli yang digunakan sudah benar-benar keruh, di dalam oli tersebut terdapat beberapa material konduktor sehingga malah memperparah potensio suara kresek kresek.

Cukup sekian yang bisa saya sampaikan tips yang lain bisa saya sampaikan di lain waktu. Semoga menginspirasi anda semuanya.

Terimakasih kunjunganya.
Admin
Admin Memiliki pengalaman di dunia publisher selama lebih dari 5 tahun. Saat ini mengelola beberapa jaringan web blog informasi.

Posting Komentar untuk "Tips Mengatasi Potensio Suara kresek-kresek"