Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja IC Croma pada Pemrosesan Warna Televisi

IC Croma terdiri dari beberapa bagian, termasuk Band Pass Filter (BPF), Chroma, Burst Amplifier (Burst Amp.), 4,43 MHz Oscillator, Automatic Chroma Control (ACC), Color Killer, dan Matrix.

SOLDIRADEM BLOG - IC Croma atau Integrated Circuit Chroma adalah komponen elektronik yang digunakan dalam sistem televisi berwarna untuk memproses sinyal warna. IC Croma terdiri dari beberapa bagian, termasuk Band Pass Filter (BPF), Chroma, Burst Amplifier (Burst Amp.), 4,43 MHz Oscillator, Automatic Chroma Control (ACC), Color Killer, dan Matrix.

Bagian pertama dari IC Croma adalah Band Pass Filter (BPF), yang berfungsi untuk meloloskan lebar sinyal subpembawa warna yang frekuensinya 4,43 MHz. Selanjutnya, Chroma adalah bagian yang berfungsi sebagai pemisah sinyal warna asli yang dipancarkan oleh pemancar menjadi sinyal U (warna biru) dan sinyal V (warna merah) atau tiga warna yaitu merah, hijau, dan biru (RGB). Sinyal-sinyal ini kemudian akan diumpankan ke bagian Matrix.

Bagian selanjutnya dari IC Croma adalah Burst Amplifier (Burst Amp.), yang berfungsi untuk memperkuat amplitudo atau level sinyal burst. Selanjutnya, 4,43 MHz Oscillator berfungsi sebagai signal penyama syncronisasi signal pembawa baku 4,43 MHz.

Automatic Chroma Control (ACC) adalah bagian yang berfungsi sebagai pengontrol sinyal chrominance, sinyal pembawa warna baku secara otomatis dan yang dikontrol adalah amplitudo sinyal burst warna. Color Killer berfungsi untuk mendeteksi adanya atau tidak adanya sinyal warna. Apabila televisi warna tidak menerima gelombang televisi, maka akan menjadi hitam-putih.

Terakhir, Matrix adalah bagian yang berfungsi sebagai pemroses sinyal warna merah dan biru. Kemudian, kedua sinyal warna tersebut digabungkan untuk mendapatkan sinyal warna hijau. Sinyal ini kemudian akan diteruskan ke penguat video dan diumpankan ke output IC Croma berbentuk sinyal RGB menuju katoda tabung.

Dengan adanya IC Croma pada pemrosesan warna televisi, maka televisi yang kita tonton dapat menampilkan gambar yang lebih hidup dan detail. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi anda mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerja IC Croma pada pemrosesan warna televisi.
Admin
Admin Memiliki pengalaman di dunia publisher selama lebih dari 5 tahun. Saat ini mengelola beberapa jaringan web blog informasi.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja IC Croma pada Pemrosesan Warna Televisi"