Servis Polytron Minimax 14"mx 1452kg standbay tidak mau star

SOLDIRADEM BLOG - Servisan kali ini saya mendapat TV Polytron Minimax 14" MX1452kg dengan permasalahan standbay tidak mau star.

Pertama saya membuka chasis dengan sangat hati-hati. Kemudian membersihkan semua debu yang menempel di chasis TV. Mengamati semua solderan yang ada di area horizontal dan sekitarnya. Ternyata tidak ada komponen yang mencurigakan. 

Dugaan saya sih, jika gejalanya pada saat tombol power remot dipencet ada suara chiet, tapi TV tidak menyala, biasanya masalah blog horizontal ada yang bermasalah.

Setelah saya menduga permsalahan berada di blog horizontal. Maka hal yang saya periksa adalah demper Horizontal. Benar saja TV tidak mau star setelah saya cek ternyata demper short. Langsung saya ganti dengan yang baru. Beberapa saat setelah saya ganti, ternyata belum mau star malah demper horisontalnya langsung ngebul. Eh, kok gitu. Lalu saya teringat dengan permasalahan tempo lalu jika ini terjadi kalau tidak capasitor driver yang terletak di kaki colektor demper, ya flyback yang memang sudah bosan hidup. 

Capasitor driver horisontal sudah diganti, sekarang tak coba lagi tanpa TR horizontal ternyata tegangan masih drop juga tegangan B+ 50 Volt yang seharusnya 115 V dan yang seharusnya 50 VDC cuma 10 VDC ini bukan tegangan standbay normal.  Padahal B+ diputus tegangan tetap 25 V tapi pada saat power remot di pencet tegangan naik menjadi 50 V pencet lagi naik menjadi 70 V. pada saat tegangan mencapai 70 V B+ disambung ke flyback TV nyala normal. kemudian TV di matikan dinyalakan lagi TV tidak nyala. harus diulang dari awal lagi.( jalur B+ di putus ).

Lantas apanya yang rusak? Dalam hati ini bertanya. Semua sudah di tempuh.

Usut-punya usut setelah melogika terlalu panjang ternyata AC-MATIC ini terkena dampak dari capasitor yang short tadi sehingga setelah semua blog horizontal telah diperbaiki kini saatnya memperbaiki AC-Matic yang terkena dampak shortnya capasitor driver colektor horizontal tadi.


Penyelidikan berlanjut pada AC-MATIC di bagian optocopler, coba saya ganti dengan sejenis tapi hasilnya masih tetap drop. Cek TR kecil C945 ternyata memang short. Ini biangnya yang menjadi masalah, ganti baru deh. TV coba saya nyalaka , terukur nampak tegangan standbay normal. 

Pemasalahan ini berakhir pada penggantian TR C945 yang terletak di area VR B+ daerah optocoplier. Sebenarnya yang menjadi biang kerok adalah capasitor dan menyebabkan shortnya c945.

Kesimpulan:
Inilah yang ingin saya sampaikan bahwa ini adalah Permasalahan pada bagian Ac matik, jika memang Permasalahan tersebut.berikut ini beberapa panganan yang harus anda tempuh:

1. Coba Putus jalur stand by regulator; (dari opto coupler menuju transistor dekat b+12v). Jika b+110v menjadi normal berarti regulator normal. Periksa dioda dari +12v menuju regulator +5v ic program.

2. Memeriksa semua komponen di area hotizontal; sebelum mencoba lebih lanjut dan jangan memasang tr hrisontal sebelum menyelidiki lebih lanjut.

3. silahkan coba dalam posisi stndbay; trus tekan menu di rimot beberpa detik jangan di lepas, nyala tidak ?jika tidak nyala
masalahnya nggak jauh-jauh dari komponen pendukung elko+rangkaian horisontal .

4. Cek transistor pada blog optocapler;
Dan juga resistors variable bisa jadi penyebabnya.

5.Jika di nyalakan berbunyi ciit cit maka jangan di paksa;karena dapat menyebabkan kerusakan ke bagian yang lebih fatal.

Demikian yang bisa saya lakukan memperbaiki TV Polytron Minimax 14" MX1452kg standbay tidak mau star. Semua butuh pengalaman dan eksperimen, yang tentunya banyak pengorbanan. Terbukti saya berkorban demper horizontal dan flyback baru tidak saya gunakan dan masih tersimpan sampai saat ini. 

Ini penglaman saya mana pengalamanmu?!.

0 Response to "Servis Polytron Minimax 14"mx 1452kg standbay tidak mau star"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel