#11 Hal yang Harus di Hindari Saat Servis Elektronik

Alat servis standar keselamatan kerja

Kepada semua rekan servis elekteonika, berikut ini saya ingin menyampaikan atau mengingatkan kepada rekan yang masih pemula di dunia elektro, bahwa kegiatan dalam yang berhubungan dengan kelistrikan maka anda harus mengerti apa resiko dan cara menghindari kecelakaan kerja di bidang elektronika khususnya. Tujuan saya mengingatkan kepada rekan servis semua karena saya pernah mengalaminya. Oleh sebab itu saya tidak ingin anda mengalami yang saya alami. Berikut ini adalah ulasan hal yang perlu dihindari saat servis elekteonika.

1. Tidak memaki alas kaki
Ini konyol bila dilakukan, kecuali di bawah meja servis anda sudah di lengkapi karpet tebal. Tentu sangat beresiko tinggi apa bila tidak ada alas kaki sedikitpun. Alas kaki dapat mengurangi itensitas konduktor terhadap ground tanah.

2. Jangan bekerja dengan tangan kadaan basah
Sesuatu yang basah dapat mengakibatkan konduktor yang sangat baik bagi listrik, maka tangan dalam keadaan basah bisa menyebabkan kesetrum tingkat tinggi.

3. Melihat terlalu dekat saat melakukan soldering
Melihat terlalu dekat boleh saja, asalkan memakai pelindung mata. Hal ini sangat pentinxg! Karena setiap penyoldiran terkadang ada letusan timah dari flux yang meleleh sketika sehingga letusan kecil sangat berbahaya apa bila terkena mata.

4. Menghirup asap yang di hasilkan saat proses penyoldiran Ini kaitanya dengan kesehatan anda. Timah setiap kali di panaskan maka akan timbul asap yang disebabkan oleh flux. Oleh karena itu ,asap yang ditimbulkan bisa terhirup oleh hidung kita. Padahal asap itu terdapat bahan kimia bersifat padat. Apabila kering asap akan menjadi barang padat. Apabila terhirup secara jangka panjang maka di dalam paru-paru kita terdapat bahan padat berupa flux. Tentu ini bisa menghambat pernapasan kita. Untuk mengantisipasi hal ini bisa menggunakan masker dan kipas.

6. Membuka casing saat keadan perangkat menyala
Membuka casing barang elektronik sangat berbahaya bagi mesin dan keselamatan anda. Sangat riskan bila hal ini masih dilakukan. Sebagai contoh televisi dalam keadaan menyala anda membuka casing, padahal cop flybac dalam keadaan bocor. Ini bisa, saat anda membuka casing TV terbakar bersama anda.

7. Mengabaikan peringatan High Voltage Hig voltase biasanya sering ada pada Ac matic. Dan jaringan Ac jala-jala listrik. Jadi pengetahuan blog teg tinggi juga harus diperlukan. Sehingga dapat memahami sesuatu hal kemungkinan yang akan terjadi.

8.instalasi tidak standar layak operasi Instalasi layak oprasi harus ada di bengkel kita. Ini keselamatan aset yang kita punya. Maka hal ini sangat jadi perhatian dasar saat andaa mulai membuaka bengkel.

9. Menggunakan alat kerja yang abal-abal 
Peggunaan alat yang eror akan mengancam keselamatan anda dan mesin yang sedang Ditangani. Sebagai contoh pada suatu saat anda akan menemukan elco tegangan tinggi, meskipun sudah diukur menggunakan taster tidak ada tanda muatan setelah lupa, lalu anda menyentuh elco tersebut. Datttttt,,, sakitnya minta ampun. Hanya gara-gara tester eror. Belum yang lainya. Gunakan gagang alat isolator listriknya super tebal. Misalnya obeng, probe avo meter,dll. 

10.terlalu fokus dan tidak fokus Terlalu fukus tidak baik dan tidak fokus juga tidak baik. Yang baik itu enjoy. Terlalu fokus itu akan memicu terjadinya stress sehingga, pekerjaan bisa menjadi berantakan. Begitu sebaliknya jika anda tidak fokus.

 11 . Tidak berdoa Hal ini adalah yang utama dalam mengawali pekerjaan anda sebagai seorang tuser. Minta keselamatan, kelancaran,kemudahan, dalam bekerja. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati karena bagaimanapun juga keselamatan kesehatan kita menjadi Hal yang utama dalam bekerja. Meski penghasilan kita sebagai tuser Itu tak seberapa tapi sehat selamat, Itu sudah menjadi kenikmatan yang tiada banding.

Terimakasih saudaraku rekan tuser semua semoga kita di beri kesehatan, keselamatan dalam bekerja. Bila masih ada yang mau menambahkan monggo! Good luck!

0 Response to "#11 Hal yang Harus di Hindari Saat Servis Elektronik"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel