Memperbaiki TV Polytron Kadang Layar Gelap kadang normal

memperbaiki tv polytron kadang normal kadang gelap

TV polytron kalau baru dinyalakan TV keadaan normal namun beberapa jam kemudian TV tiba-tiba gelap namun layar tetap ada gambar meski buram. Tv ini sempat bolak balik bengkel karena tidak kunjung tertangani. tiap kali sudah ditest di bengkel ternyata setelah dibawa pulang ke rumah user tv kumat lagi. Jadi pada kesempatan ini merupakan rangkuman dari beberapa langkah yang pernah saya lakukan. 

Langkah penanganan TV Polytron Kadang Layar Gelap kadang normal

Pertama seperti biasa kalau servis TV pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan pcb dan komponen. Kemudian saya amati bagian solderan mb, dan juga komponen. Ternyata Tidak ada yang mencurigakan. Lanjut! ➡

Kedua, melakukan pengukuran voltase dari masing-masing output regulator semua normal. Bahkan abl dan heater normal.

Ketiga, mengganti elco pada bagian pemfilter b+115 volt penyuplay flyback. Awalnya normal namun beberapa hari kemudian setelah penggantian elco tersebut TV kumat lagi dengan gejala yang sama yaitu awalnya normal namun setelah beberapa jam layar gelap.

Ke, empat, mengganti resistor abl dengan nilai yang sama. Tes beberapa jam kumat lagi. Bahkan TV polytron u slom 14' ini kembali ke bengkel saya hingga lima kali. Rekor.

Langkah terakhir adalah mengganti flyback. Setelah flyback diganti sampai sekarang tidak mati lagi. ternyata setelah saya naikan screnya nampak layar terpotong pada bagian bawah sekitar 2Cm. Pantas saja flybacknya yang bermasalah.

Jika tau flybacknya yang bermasalah, tidak seribet itu menangani TV polytron ini sampai bolak balik bengkel.

Demikian shere artikel tentang TV polytron awalnya normal namun beberapa saat kemudian layar gelap 

Thankyu!
Lanjut baca : servis TV polytron kadang mati dan hidup sendiri

1 Response to "Memperbaiki TV Polytron Kadang Layar Gelap kadang normal"

  1. Tv polytron gambarny merah bergaris.suara g ada.baru dinyalakan...kalau lama gambarny normal..kira2apa pak..mohon petunjuk makasih

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel