Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Catatan Pengalaman Mencari Satelit Telkom 3s

Catatan Pengalaman Mencari Satelit Telkom 3s

Saya menuliskan beberapa catatan penting saat melakukan tracking parabola mencari satelit telkom 3S dalam blog saya. Setiap antena parabola ternyata memiliki settingan arah yang berbeda-beda, namun kadang juga mudah untuk diatur dengan hanya membalik dseg di receiver dan mengarahkan payung ke Timur. 

Saya juga belajar ilmu baru saat melakukan tracking satelit ini, seperti menggunakan 4 LNB dan merubah letak LNB yang semula telkom 1 dengan asiasat7 bersanding namun sekarang harus di pisah jauh sekitar 5-10 cm dari LNB palapa d dan asiasat 5 berjarak 3cm dari asia 5. 

Meskipun cukup menguras tenaga karena harus menjaga keseimbangan saat merubah posisi LNB di atas genteng, namun saya tetap melakukannya meskipun saya takut ketinggian. Lucunya, yang saya fikirkan saat di atas genteng adalah saya belum menikah jadi masih ingin merasakan menikah maka jangan sampai jatuh "hahahaha"

Saya melakukan penukaran pada program receiver untuk masalah LNB, dengan merubah posisi dseg yang semula Telkom berada di LNB 2 sekarang terbalik di LNB 1 dan begitu sebaliknya pada satelit Palapa yang semula di dseg 1 menjadi dseg 2. Hal ini sangat memudahkan bagi parabola yang tiang fokusnya tidak bisa di putar lagi. Namun, di beberapa parabola membalik dseg di receiver saja tidak berlaku dan harus memutar tiang fokus. 

Saya juga menemukan bahwa parabola yang menggunakan 22k sangat membingungkan jika hanya membalik dseg saja dan harus memutar tiang fokus. 

Saya juga harus mengecek posisi dseg jika menemukan parabola yang tidak ada sinyal sedikit pun, karena kadang teknisi parabola memasang dseg secara acak. 

Sebagai teknisi, saya harus terus belajar baik secara teori maupun praktek dan pengalaman sangat membantu saat menghadapi kesulitan. 

Kegagalan adalah pembelajaran yang paling mahal. Oleh karena itu, saya selalu berusaha untuk belajar dari setiap kesalahan yang saya lakukan dan mencari solusi untuk mengatasinya. Saya juga selalu berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan saya dalam bidang ini agar dapat memberikan layanan yang baik dan memuaskan bagi pelanggan saya. 

Saya juga selalu berkoordinasi dengan rekan-rekan teknisi lainnya untuk berbagi pengalaman dan solusi untuk masalah yang dihadapi. Saya yakin bahwa dengan terus belajar dan berusaha, saya dapat menjadi teknisi yang handal dan dapat mengatasi masalah LNB dengan cepat dan efektif.

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.

Posting Komentar untuk "Catatan Pengalaman Mencari Satelit Telkom 3s"