Penyebab Merakit Audio Mobil inverter Terbakar Terus

Penyebab Merakit Audio Mobil inverter Terbakar Terus
Penyebab Merakit Audio Mobil inverter Terbakar Terus
Merakit audio mobil selalu terbakar suatu kerusakan yang sangat melelahkan seperti saya sebagai seorang pemula. Bagaimana tidak ,audio mobil pesanan ini kembali ke meja kerja saya hampir 10×. Namun semua itu ternyata membuat saya menemukan ilmu mengenai servis audio mobil.

Nah dari sepuluh kali kembalinya rakitan audio mobil tersebut saya menemukan pengalaman yaitu:

Penyebab Merakit Audio Mobil inverter Terbakar Terus

1. Blog yang paling sering terbakar adalah pada bagian inverter terutama jalur fcb . Karena pada jalur fcb inverter belum di dobel dengan tinol. Karena kebetulan saya membeli kit yang standar pada blog inverter Yang dilalui oleh arus tinggi tidak dilapisi oleh tinol. Anehnya saat menggunakan IC irf 4 buah sering terbakar dan mati. Namun pada saat menggunakan IC 2 buah aman" saja. Tentu hal tersebut masih menjadi PR untuk saya pribadi. Perlu experimen dikemudian hari.

2. Kabel kecil yang terhubung dengan ground juga panas. Ini terbukti dengan adanya isolator kabel meleleh. Untuk mengatasinya dengan menggunakan kabel dengan srabut besar karena ternyata kabel ini dilalui arus besar. Atau menggunakan kabel untuk menyuplay lampu utama mobil.

3. Lilitan spol trafo donat pada inverter yang kendor , menyebabkan inverter kadang hidup kadang mati. Untuk mengatasinya saya mengelem lilitan dengan spons sandal agar saat tergoncang di mobil tidak akan berubah lilitanya.

5. Power amplifier sering terbakar disebabkan beban amplifier terlalu berat sehingga ini saya akali dengan menggunakan transistor sanken asli atau thosiba dengan tipe sc dan sa Dan juga hatsing yang tebal dan lebar. Saya sengaja tidak merakit menggunakan transistor jengkol karena alasan supaya lebih simple di box amplifier.

6. Ternyata peran sekring atau fuse sangat penting untuk memproteksi ketika salah satu irf448 salah satu ada yang short tidak merebut ke bagian lainnya karena pada inverter rakitan tidak mempunyai sistem proteksi pada saat terjadi hubungan singkat atau terjadi kerusakan pada salah satu blog. 


Nah itulah sedikit catatan mengenai pengalaman merakit amplifier audio mobil yang perlu di pahami sebagai pembelajaran ketika ingin merakit audio mobil di masa yang akan datang.
Thx ya, , , sudah baca catatan saya hari ini.
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.