Alasan mengapa Panel surya Sebagai Sumber Energi Masa Depan

Soldiradem Blog - Panel Surya adalah sebuah perangkat yang terdiri dari gabungan banyak sel, pengubah cahaya matahari menjadi listrik.

Panel Surya juga disebut photovoltaic (cahaya-listrik). Sel surya atau sel PV bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi Matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan.

Dalam pengaplikasianya, sering digunakan sebagai Sumber energi listrik untuk menyalakan perangkat elektronik dan peralatan listrik. Selain itu, saat ini pemanfaatan penel Surya juga diaplikasikan ke beberapa sektor terutama bidang otomotif seperti mobil listrik menggunakan panel Surya.

Bisa diprediksi bahwa panel Surya merupakan Sumber energi masa depan bisa menggantikan energi yang tidak terbarukan, misalnya batubara, minyak bumi, gas, dll. Ini salah satu kelebihan yang dimiliki panel Surya.

Selain itu mengurangi pencemaran lingkungan juga menjadi salah satu alasan, misalnya saja pembangkit listrik yang masih menggunakan tenaga yang tidak terbarukan misalnya batubara, dan minyak bumi menghasilkan limbah pencemaran udara.

Penggunaan panel Surya di Indonesia masih jarang, padahal sekarang ini biaya pemasangan panel Surya sudah cukup terjangkau. Mungkin karena sosialisasi yang kurang, sehingga masyarakat masih belum mengetahui fitur kelebihan panel Surya beserta berapa harga nya.

Lalu, apa alasannya masyarakat harus beralih ke panel Surya?

Jika mungkin, ini akan sangat menguntungkan untuk masyarakat yaitu bisa mengurangi biaya pengeluaran tagihan listrik setiap Bulan. Karena kemampuan tenaga Surya masih terbatas, jika harus sepenuhnya beralih ke panel Surya belum begitu mungkin. Terkecuali jika memang panel Surya mempunyai kemampuan untuk mengimbangi kinerja listrik konfensional tanpa terbatas waktu guna.

Pengembangan panel Surya akan terus dilakukan sehingga bukan tidak mungkin suatu saat teknologi panel Surya akan semakin lebih canggih lagi dan semakin ekonomis di semua dikalangan.

Apabila menilik di marketplace online sekarang ini sudah tersedia berbagai macam harga panel Surya. Saat ini juga ada solar cell roof top berukuran 1 meter persegi yang dapat menghasilkan listrik sekitar 100 Watt setiap hari‎. Harganya dibanderol mulai dari Rp 2 juta. Seiring perkembangan teknologi, biaya pemasangan panel surya sebagai pembangkit listrik kian terjangkau. Jika anda ingin memasang full menggunakan panel Surya maka siapkan dana sesuai dengan kebutuhan daya listrik yang anda butuhkan dirumah.

Jadi inilah fakta bahwa panel Surya merupakan Sumber energi masa depan.

Bagaimana apakah anda siap dengan menggunakan panel Surya? 

0 Response to "Alasan mengapa Panel surya Sebagai Sumber Energi Masa Depan"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel