Cara Cepat Mencari sinyal Telkom 3s hanya 5 menit

Pada kesempatan kali ini saya ingin shere kebiasaan yang saya lakukan saat tracking mencari satelit telkom 3s yang mana disini cukup hanya dengan waktu 5 menit, sudah dapat menangkap sinyal trans tv, trans 7 ,antv.

Sebelumnya saya pernah shere juga mengenai topik cara mudah  memogram parabola mencari satelit telkom 3s, namun cara tersebut kurang cepat. Kemudian setelah sekian lama saya tracking parabola kesana kemari, barulah saya menemukan cara paling cepat setting parabola dengan 2lnb bahkan kadang kurang dalam 5menit, tergantung letak parabola.

Namun cara ini tidak berlaku pada 4 lnb karena menggunakan 4 lnb akan kesulitan jika tanpa merubah tata letak lnb.

Cara cepat mencari satelit Telkom 3s dalam 5 menit

Pertama yang muski dilakukan adalah setting receiver dengan cara biasanya yaitu merubah tata letak dseg di receiver, jika biasanya lnb 1 ditempati palapa maka sekarang rubah satelit telkom di posisi lnb 1 dseg 1. Begitupun sebaliknya yaitu satelit palapa diposisikan lnb 2 dseg 2.

" jika menggunakan 22k biasanya agak sulit dikarenakan posisi 22k berada di titik berbeda-beda, misalnya lnb 1, 22k on berati telkom posisi lnb 1 22k on dan palapa dalam keadaan off pada lnb 2 . terkadang ada yang sebaliknya 22k on terletak di posisi lnb 2. Hal ini di tandai dengan meski lnb sudah ditukar namun chanel di palapa masih hidup ini menandakan bahwa 22k belum ditukar." untuk itu harus di perhatikan betul sebelum menginjak ke tahap tracking.

Setelah dipastikan sudah membalik posisi lnb di receiver, sekarang rubahlah frekuensi chanel trans tv dengan transponder yang baru.

Ganti semuanya mulai dari transponder symbol rate, video pid, audio pid .

Baru kemudian menginjak ke tahap pencarian.

Jika biasanya menggunakan receiver dibawa ke atas dekat parabola, namun cara tersebut cukup lama karena harus mengulur kabel.

Kali ini berbeda, karena disini yang digunakan untuk memonitor sinyal adalah suara yang di keluarkan dari tv. Bisanya saya menggunakan audio TV untuk memonitor sinyal. Caranya dengan menyetting volume pada TV ke level tertinggi sehingga terdengar sampai ke parabola.

Pertama untuk lock sinyal, gunakan trans TV yang telah di rubah ke transponder terbaru trans tv.

Kemudian baru naik ke parabola.

Ketika tracking baut yang dikendurkan hanya tiang penyangga dish/payung arah timur dan barat. Setelah dikendurkan geser dish ke arah timur pelan-pelan sampai anda mendengar suara dari tv.

Jika sudah terdengar suara chanel trans tv dari tv dengan jelas dan tidak putus-putus ,,maka segera kunci/kencangkan baut penyangga dish tadi.

Kemudian anda turun untuk melihat sinyal palapa seperti mnc tv, sctv dan metrotv. Jika anda beruntung sinyal sudah nyantol semua.

Scan otomatis pada satelit telkom 3s maka chanel trans 7 antv, sudah ikut nyantol.

Demikian shere mengenai cara cepat mencari satelit telkom 3s hanya 5 menit.Tidak ada cara instan, karena segala cara pasti ada ilmu dan pengalaman dari masing-masing orang. Jika anda memperhatikan tahap demi tahap diatas saya pastikan anda tracking  99% berhasil mencari sinyal telkom hanya 5 menit bahkan kurang.

Baca juga : beberapa penyebab parabola kualitas dan kuantitas 0%


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

1 komentar untuk "Cara Cepat Mencari sinyal Telkom 3s hanya 5 menit"

Anonim 24 Oktober 2018 pukul 22.03 Hapus Komentar
Gimana cara memindahkan on dan of 22k..udah di coba palapa masih juga blum ketukar