Cara Modif Elco, Menambah Volt dan Capasitasnya

Cara menambah volt elco - Elco merupakan singkatan dari ekectrolit condensator.

Dalam penerapan rangkaian, elco sering digunakan sebagai pemfilter tegangan, penyetabil tegangan, atau sering berfungsi sebagai penampung listrik sementara.

Sebagaimana fungsi elco, terkadang dalam penerapanya ada kendala yang mana ukuran voltasenya maupun ukuran kapasitasnya tidak ada stok maupun sulit didapat sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu perlu memodif elco sehingga dapat diterapkan kedalam rangkaian.

Kali ini saya akan shere bagaimana cara memodif elco agar bisa diterapkan kedalam rangkaian.  Yaitu menambah volt dan menambah kapasitasnya/microfarad.


Namun sebelum itu, perlu dipahami bahwa elco merupakan jenis komponen berpolaritas. Sehingga jika pemasangan terbalik maka bisa meledak.

1. Cara menambah volt elco

Volt yang tertulis di badan elco merupakan batas maksimum tegangan yang dapat di tampung sang elco, sehingga hal ini sangat penting untuk dipahami . karena jika tegangan yang akan difilter melebihi batas maksimal, elco akan meledak.

Misalnya dibadan elko tertulis 100uf 10v namun ternyata volt yang akan di filter 12 volt dc.  Itu elco akan panas kemudian meledak. 

Sedangkan tulisan uf merupakan satuan kapasitas si elco.

Dan untuk menandai yang mana polaritas  positif dan negatif di badan elco biasanya akan ditandai cat putih. Atau jika elco baru, maka kaki pada elco positif akan ditandai dengan lebih panjang.

Jika di pcb untuk menandai polaritas biasanya pada lubang negatif akan dicat putih juga.


Volt pada batas maksimum elko dapat kita rubah dengan cara merakit beberapa elco secara seri. Sehingga volt elco dapat bertambah dengan catatan perakitan tidak boleh terbalik polaritasnya. 

Namun dalam hal ini ada kelemahannya yaitu kapasitas elko menjadi berkurang, sebagaimana hukum rumus capasitor jika dirakit secara seri maka nilai capasitasnya akan berkurang sebagaimana ukuran beberapa elko yang diseri.

Seri=1/c1+1/c2…

Jadi, untuk memperoleh nilai uf yang tetap namun capasitas tetap .maka harus dirakit secara seri dan paralel.
Contoh :

kita membutuhkan elco ukuran 1000 uf 50 v sedangkan yang kita punya adalalh eco ukuran 1000 uf 25. Volt. Untuk memperoleh nilai yang sama maka kita membutuhkan elko sebanyak 4 biji di rakit secara seri dan paralel. Caranya gabungkan elco secara paralel terlebih dahulu kemudian baru digabung secara seri.
Paralel=[1/1000uf25v +1/1000uf25volt]=[500uf25v]

Paralel=[1/1000uf25v +1/1000uf25volt]=[500uf25]

Kemudian di rakit seri
Seri=500uf25+500uf25 =1000uf50volt

2. Cara menambah dan mengurangi capasitas

Sebagaimana telah saya sampaikan diatas bahwa merakit capasitor secara seri maka kapsitasnya akan semakin berkurang sedangkan jika kita merakit capasitor secara paralel maka capasitsnya akan semakin bertambah namun voltasenta akan tetap.

Paralel=c1+c2 ……..

Contoh:

Kita membutuhkan elko ukuran 100 uf 50 volt....  Sedangkan yang kita punya hanya elko ukuran 10 uf50v semua.
Maka untuk mendapatkan nilai 100 uf
Maka kita rakit secara paralel 

=10+10+10+10+10+10+10+10+10+10=100

Itu hanya contoh saja. Karena pada penerapan dalam rangkaian terkadang memodif elko hanya sebagai jalan terakhir saat kepepet.

Ini hanya menjadi alternatif saja. Jika ada komponen yang ukuranya sama tidak perlu dimodif. Karena biasanya elco yang diterapkan secara seri yaitu menambah volt jika elco maksimal suhu dibawah 105° tidak akan awet terhadap penggunaan jangka panjang.

Dan juga, ketika elco dirakit secara seri dan paralel jika diterapkan ke fcb agak sedikit ribet. Misalnya di mobo tv _
Cara menambah volt elco dan merubah nilai micro faradnya diatas juga berlaku pada capasitor non polaritas ,misalnya jika di rangkaian tv capasitor resonan area horizontal.

Karena biasanya untuk mendapatkan nilai yang sama agak sulit. sehingga perlu menggunakan cara menambah atau mengurangi nilai capasitor.
Jika pada capasitor resonant perlu diperhatikan ukuran voltase dan capasitasnya. Jika kurang teliti maka bisa membahayakan tabung crt. Mulai dari ukuran kapasitas dan volt agar tidak melenceng jauh dari ukuran aslinya.
Dalam penerapan menambah volt elco biasanya paling sering diterapkan pada power suplay power amplifier. 

Hal ini berkaitan dengan harga elco yang cukup lumayan mahal . karena semakin tinggi volt maka, harganya pun semakin mahal.

Atau disebabkan karena ingin menaikan tegangan.

Misalnya didalam power amplifier, awalnya menggunakan tegangan 32 volt ct dengan menggunakan elko 10000 uf 50 volt 4 buah.
Kemudian ingin menaikan tegangan menjadi 70 volt, maka elko yang kita butuhkan batas maksimumnya tidak memenuhi kriteria. Untuk itu perlu di modif, dengan cara merakita secara seri ke empat elco tersebut.
Dengan begitu batas maksimum elko akan menjadi 100 volt , namun microfarad akan berkurang menjadi 5000 uf 100volt.

Modifikasi elco dengan menambah atau mengurangi ukuran, itu hanyalah ketika kondisi terdesak misalnya, saat call job jauh dari toko komponen sehingga perlu kreatifitas untuk mempersingkat waktu pengerjaan.


Thanks!

7 Responses to "Cara Modif Elco, Menambah Volt dan Capasitasnya"

  1. Gan. Gimana kalo elco yang 1000uf 10v g ganti dengan 1000uf tapi 25v? Apakah bisa?

    ReplyDelete
  2. Gan kw misalkan elco 47uf 50v d ganti menjadi brpabrpa uf-volt nya

    ReplyDelete
  3. rumusnya bener gan capasitor pararel semakin besar kapasitasnya, diseri semakin kecil kebalikan Resistor cuman cara meneyelesaikan soal kurang benar mestinya =. 1000+1000 = 2000 kemudian dipararel totalnya 1000

    ReplyDelete
  4. Sukses sllu om
    Tnya dikit om
    Jika elco d fcb 470uf/25v
    Mo cba gnti elco 470uf/35
    Ngruh ga om,!??

    Trim sblmny,&sukses sllu om

    ReplyDelete
  5. 16v 1500 uf diganti dgn 16 v 2200 uf gimana

    ReplyDelete
  6. gan mau tanya kalo saya punya elko 1000uf 2,7v saya tambah ke outputnya dengan dioda zener 3,6v output saya bisa 3,6v g ya... input 1,5v... mohon pencerahan

    ReplyDelete
  7. gan mau tanya... kalo saya punya elko 1000uf 2,7v saya tambah outputnya dengan dioda zener 3,6v dengan maksud saya bisa dapat output 3,6v bisa g ya... input 1,5v.... mohon pencerahan.. trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel