Faktor Penyebab TV Rusak


Faktor Penyebab tv rusak - Terkadang ada seseorang yang mengatakan bahwa produk tv tertentu memiliki daya tahan rusak dalam jangka yang sangat panjang. Dan juga ada yang mengatakan bahwa tv tertentu sering mengalami kerusakan.

Menurut saya awet dan tidaknya tergantung dari faktor kualitas dan cara penggunaanya.

Dari faktor kualitas tidak menjadi jaminan apabila penggunaanya yang kurang baik. Misalnya saja saat menyalakan tv dengan jangka waktu yang lama dan tidak diberi jeda maka ini menjadi salah satu penyebab tv yang kita punya tidak akan awet. Selain menjadikan tv tidak awet, tentu ini menjadi pemborosan.

Kualitas produk dari beberapa merek ternama memang menjaga kualitas produk mereka dengan jaminan yang tinggi sehingga konsumen puas dengan produk yang mereka produksi. Tapi apakah mereka menjamin bahwa produk mereka akan bertahan selamanya?  Mungkin ini yang tidak ada jaminan dari produk apapun.

Jika ada yang memproduksi tv dengan jaminan hidup selamanya tanpa ada kerusakan maka produsen lambat laun akan rugi ketika kinsumen di seluruh dunia sudah menggunakanya. Hehe..

Maka yang bilang merek ini itu awet,, silahkan protes…

Pada kenyataanya kerusakan tv itu tergantung penggunanya! Memang kualitas komponen yang digunakan menjadi salah satu penentu umur tv. Semakin tinggi kualitas yang digunakan maka tv pun tahan lama namun harus disertai penggunaan yang sesuai.

Berikut in edi saya akan memberikan beberapa penyeba tv rusak.

1. Kualitas komponen
Seperti yang saya bisang diatas bahwa kualitas komponen menjadi salah satu penentu ketahanan tv. Jika mesin didsain dengan sistim kerja sangat panas maka ini sangat rawan rusak. Kecuali sudah diperhitungkan daya tahan komponen terhadap suhu tinggi pada komponen yang bekerja pada suhu panas.

2. Penggunaan tanpa jeda
Tv sekualitas apapun jika penggunanya tanpa jeda, maka akan mudah rusak. Tv juga membutuhkan waktu istirahat atau jeda. Hal ini bertujuan untuk mendinginkan komponen yang bekerja pada suhu yang tinggi.. Jika tidak maka tv akan mudah rusak.

3. Kualitas arus listrik
Jika anda menggunakan daya 450 bisanya jika tanpa menggunakan inverator maka saat pertama kali tv dihidupkan mcb akan jeglek. Jika ini terjadi diteruskan dalam jangka waktu lama maka pada bagian power suplay akan mengalami kerusakan.

Kualitas daya juga memengaruhi tampilan layar. Hal ini sering dialami oleh wilayah polosok yang jauh dari gardu PLN. Sehingga kualitas arus dan volt menurun. Yang sering terjadi adalah timbulnya flek pelangi pada layar. Karena arus yang menglir pada degausing kurang akan menyebabkan gangguan magnet bumi dan speaker akan menyerang laya fosfor.

5. Penempatan yang salah
Penempatan disini adalah tempat yang digunakan untuk meletakan tv. Hindari meletakan tv di atas tanah. Hal ini akan memicu kelembaban pada mesin dan tabung gambar. Selain kelembaban meletekan tv dilantai secara langsung bisa memicu gangguan tampilan layar menjadi ada warna pelangi karena dipengaruhi oleh magnet bumi.

Penempatan pada meja yang tidak setabil atau mudah tergoncang juga menjadi penyebab tv mudah rusak terutama pada saat tv menyala mengguncang cop flybac. Jika terjadi pergeseran pada cop flyback dapat membahayakan . karena flybac akan memancarkan listrik yang sangat besar sehingga sampai merusak komponen lainya.

Demikian artikel ini hanyalah gurauan saya mengenai penyebab tv rusak. Agar kita lebih mengenal memahami penggunaan tv agar awet. Mencegah lebihbaik daripada mengobati. Hehe

0 Response to "Faktor Penyebab TV Rusak"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel