Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Faktor Penyebab TV Rusak

Penyebab tv rusak

Faktor Penyebab tv rusak - Terkadang ada seseorang yang mengatakan bahwa produk tv tertentu memiliki daya tahan rusak dalam jangka yang sangat panjang. Dan juga ada yang mengatakan bahwa tv tertentu sering mengalami kerusakan.

Menurut saya awet dan tidaknya tergantung dari faktor kualitas dan cara penggunaannya.

Dari faktor kualitas tidak menjadi jaminan apabila penggunaannya yang kurang baik. Misalnya saja saat menyalakan tv dengan jangka waktu yang lama dan tidak diberi jeda maka ini menjadi salah satu penyebab tv yang kita punya tidak akan awet. Selain menjadikan tv tidak awet, tentu ini menjadi pemborosan.

Kualitas produk dari beberapa merek ternama memang menjaga kualitas produk mereka dengan jaminan yang tinggi sehingga konsumen puas dengan produk yang mereka produksi. Tapi apakah mereka menjamin bahwa produk mereka akan bertahan selamanya?  Mungkin ini yang tidak ada jaminan dari produk apapun.

Jika ada yang memproduksi tv dengan jaminan hidup selamanya tanpa ada kerusakan maka produsen lambat laun akan rugi ketika konsumen di seluruh dunia sudah menggunakannya. 

Maka yang bilang merek ini itu awet,, silahkan protes…

Pada kenyataannya kerusakan tv itu tergantung penggunanya! Memang kualitas komponen yang digunakan menjadi salah satu penentu umur tv. Semakin tinggi kualitas yang digunakan maka tv pun tahan lama namun harus disertai penggunaan yang sesuai.

Berikut ini saya akan memberikan beberapa penyebab tv rusak.

1. Kualitas komponen

Seperti yang saya bilang diatas bahwa kualitas komponen menjadi salah satu penentu ketahanan tv. Jika mesin didesain dengan sistem kerja sangat panas maka ini sangat rawan rusak. Kecuali sudah diperhitungkan daya tahan komponen terhadap suhu tinggi pada komponen yang bekerja pada suhu panas.

2. Penggunaan tanpa jeda

Tv sekualitas apapun jika penggunanya tanpa jeda, maka akan mudah rusak. Tv juga membutuhkan waktu istirahat atau jeda. Hal ini bertujuan untuk mendinginkan komponen yang bekerja pada suhu yang tinggi.. Jika tidak maka tv akan mudah rusak.

3. Kualitas arus listrik

Jika anda menggunakan daya 450 bisanya jika tanpa menggunakan inverator maka saat pertama kali tv dihidupkan mcb akan jeglek. Jika ini terjadi diteruskan dalam jangka waktu lama maka pada bagian power suplay akan mengalami kerusakan.

4. Penempatan yang salah

Penempatan disini adalah tempat yang digunakan untuk meletakkan tv. Hindari meletakkan tv di atas tanah. Hal ini akan memicu kelembapan pada mesin dan tabung gambar. Selain kelembapan, meletakkan tv dilantai secara langsung bisa memicu gangguan tampilan layar menjadi ada warna pelangi karena dipengaruhi oleh magnet bumi.

Penempatan pada meja yang tidak stabil atau mudah tergoncang juga menjadi penyebab tv mudah rusak terutama pada saat tv menyala mengguncang cop flyback. Jika terjadi pergeseran pada cop flyback dapat membahayakan . karena flyback akan memancarkan listrik yang sangat besar sehingga sampai merusak komponen lainnya.

Demikian artikel ini saya mengenai penyebab tv rusak. Agar kita lebih mengenal memahami penggunaan tv agar awet. Mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.

Posting Komentar untuk "4 Faktor Penyebab TV Rusak"