Penyebab Kipas Angin Lambat Berputar


Penyebab kipas angin lambat berputar - Sebagai kebutuhan harian, kipas angin akan mengalami kerusakan, karena kerjanya dengan sistim dinamo. yangmana kita tahu bahwa dinamo memiliki kelemahan mengeluarkan panas. sehingga ini menjadi salah satu faktor kerusakan kipas angin.

Salah satu masalah kerusakan sering terjadi pada kipas angin adalah putaran kipas menjadi lambat meski sudah diatur pada level tertinggi sekalipun. Atau kadang setelah mengatur pada level tertinggi namun putaran masih saja lambat maka ini harus dihentikan karena ini membahayakan dinamo menjadi panas belebih sehingga dinamo terbakar maka tidak akan bisa di perbaiki lagi.

Berikut ini beberapa penyebab kipas angin berputar lambat.

1. Thermostate
Sistim kerja pada beberapa kipas angin menggunakan thermostate sebagai sensor panas. Ini berfungsi saat dinamo sudah berputar lama termostat ini akan mengalamai kenaikan impedansi sehingga arus yang mengalir ke dinamao berkurang sesuai dengan kapasitasnya. Namun apabila thermostat rusak akan mengalami kenaikan impedansi yang tinggi sehingga kipas menjadi lambat.

2. As dinamo
As dinamo juga merupakan salah satu penyebab kipas angin lambat berputar. Hal ini sering terjadi Pada kipas angin yang jarang digunakan. Karena kipas angin yang terlalu lama menganggur akan mengalami diserang karat pada laker. Sehingga putaran menjadi lambat atau kadang tidak bisa di putar karena sudah terkunci oleh karat.
Untuk mengatasinya cukup dengan mengganti laker dinamo maupun cukup hanya melumasi dinamo dengan oil. 

3. Kapasitor
Hal paling sering menjadi penyebab kipas melambat berputar juga disebabkan oleh capasitor starter. Ini biasanya disebabkan capasitor mengalami penurunan kapasitasnya atau kering. Sehingga tidak dapat menyetabilkan putaran dan ini menjadikan dinamao lambat berputar.

4. Spoel dinamao
Kerusakan dinamo bisanya ditandai dengan putaran melambat disertai dengung. Jika ini sudah terjadi maka akan sulit untuk diperbaiki. Bisa asalkan anda seorang yang ahli dalam melilit spoel dinamo. Atau sekarang ini sudah tersedia mesin kipas angin glondongan yang sudah siap dipasangkan menggantikan dinamo kipas yang rusak. Kalau dipikir secara segi efektifitas dibanding membeli kipas baru mungkin ini lebih ekonomis.

Itulah beberapa penyebab kipas angin lambat berputar. Semua bisa diperbaiki asalkan buka dinamonya yang terbakar.
Sekian!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel