4 Cara Memperbaiki Kipas Angin Berputar Pelan dan Tidak berputar hanya Berdengung


kipas angin berputar pelan dan berdengung

Penyebab kipas angin berputar pelan dan berdengung - Sebagai kebutuhan harian, kipas angin akan mengalami kerusakan, karena kerjanya dengan sistem dinamo yang memiliki kelemahan mengeluarkan panas. Panas yang ini menjadi salah satu faktor penyebab kerusakan kipas angin tidak berputar. Pansa yang dalam jangka panjang akan membakar lilitan spul yang menyusun dinamo. Akibatnya kipas angin mati. 

Kerusakan sering terjadi pada kipas angin adalah putaran kipas pelan meski sudah diatur pada level tertinggi sekalipun. Atau kadang setelah mengatur pada level tertinggi namun putaran masih saja pelan maka ini harus dihentikan karena ini membahayakan dinamo menjadi panas belebih sehingga dinamo terbakar maka tidak akan bisa di perbaiki lagi.

Selain putaran kipas angin pelan, kebanyakan kerusakan dialami kipas angin adalah ketika kipas angin dinyalakan hanya dengung sedangkan kipas tidak berputar. Kipas angin dengan dua jenis kerusakan ini bisa diperbaiki namun tergantung tingkat kerusakannya. Hal ini mengacu pada kemampuan untuk mengganti satu komponen dan kerusakan tidak terjadi pada lilitan utama dinamo. 

4 Penyebab Kipas Angin Berputar pelan dan Berdengung

Berikut ini beberapa penyebab kipas angin berputar pelan. dengan mengetahui penyebabnya maka anda akan mengetahui bagaimana cara memperbaiki kipas angin yang berputar pelan dan berdengung. 

1. Thermofuse

thermofuse rusak bisa mengakibatkan kipas angin mati total. hal ini bisa dicek dengan cara menggunakan ohm meter apakah masih nyambung atau tidak. tanda normalnya yaitu thermofuse masih nyambung berarti kerusakan terjadi pada bagian komponen lain. Tanda kerusakan thermofuse bisa dengan gejala mati total. Namun belum tentu jika belum cek pada bagian lilitan spoel.

2. As dinamo

As dinamo juga merupakan salah satu penyebab kipas angin pelan berputar. Hal ini sering terjadi Pada kipas angin yang jarang digunakan. Karena kipas angin yang terlalu lama menganggur akan mengalami diserang karat pada laker. Sehingga putaran menjadi pelan atau kadang tidak bisa di putar karena sudah terkunci oleh karat.

Untuk mengatasinya cukup dengan mengganti laker dinamo maupun cukup hanya melumasi dinamo dengan oil. 

3. Kapasitor

Hal paling sering terjadi pada kipas angin berputar pelan disebabkan oleh capasitor starter. Ini biasanya disebabkan capasitor mengalami penurunan kapasitasnya atau kering. Sehingga tidak dapat menyetabilkan putaran dan ini menjadikan dinamao pelan berputar. Kerja dari kapasitor yang terdapat di kipas angin adalah untuk start running putaran kipan jika tidak ada starter berupa kapasitor biasanya hanya terdengar dengung pada dinamo tapi kipas angin tidak berputar. 

Untuk mengganti kapasitor ini cukup murah yang terpenting kapasitasnya harus sama agar kipas kembali bekerja dengan normal. Misalnya 1uf 400v maka harus diganti dengan ukuran yang sama. jika kurang biasanya kipas angin tidak berputar. 

4. Spoel dinamao

Kerusakan dinamo bisa ditandai dengan putaran mepelan disertai dengung. Jika ini sudah terjadi maka akan sulit untuk diperbaiki. Bisa asalkan anda seorang yang ahli dalam melilit spoel dinamo. 

Kerusakan dinamo juga ditandai dengan kipas ketika dihidupkan tidak ada reaksi apapun atau mati total. Ketika dibongkarv pada bagian lilitan dinamo ada semacam bubuk. dan itu tanda ada jamur yang merusak satu lilitan dinamo. Ini biasanya diakibatkan oleh kipas angin jarang digunakan atau dibiarkan terlalu kotor dan penempatan di ruangan yang lembab. 

Solutip 

Sekarang ini sudah tersedia mesin kipas angin glondongan yang sudah siap dipasangkan menggantikan dinamo kipas yang rusak. Kalau dipikir secara segi efektifitas dibanding membeli kipas baru mungkin ini lebih ekonomis meskipun keawetan masih dipertanyakan. 

Itulah 4 penyebab kipas angin berputar pelan dan dengung. Semua bisa diperbaiki asalkan bukan dinamonya yang terbakar.

Sekian!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.