Beberapa Ide Bisnis Di Desa yang Mudah Dijalankan dan yang tidak Kita Sadari

Beberapa ide Bisnis di desa - Hidup di desa bukan berarti tidak mengenal yang namanya bisnis. Hal ini berarti tidak berbeda jauh dari yang berada di wilayah perkotaan. Yang membedakan disini hanyalah jenis bisnis yang sesuai dengan kondisi dari pedesaan itu sendiri.



Dari berbagai bisnis yang ada di pedesaan, saat ini sudah semakin maju seiring dengan perkembangan teknologi di bidang internet. Dari internet itulah masyarakat memperoleh pengetahuan tentang berbagai bisnis yang dijalanakan. Bahkan bisa dibilang bahwa internet sudah menjadi penggerak roda perekonomian. Kini internet sudah merambah ke pelosok desa dengan adanya teknologi smarphone yang notabene saat ini merupakan menjadi kebutuhan dari Setiap orang.

Setelah berbicara latar belakang dari bisnis yang ada di pedesaan. sekarang kita bahas beberapa ide bisnis di desa yang mudah dijalankan dan tidak kita sadari.


a. Bisnis Bidang argraria

Lahan di desa yang masih luas, ini merupakan peluang untuk menjadikan bisnis di bidang agraria. Disini terdapat banyak peluang usaha di dalamnya. Selain bercocok tanam, ada beberapa bisnis bisa dijalankan di bidang agraria. Berikut merupakan beberapa peluang bisnis di bidang agraria selain bercocok tanam.

1. Menyewakan traktor

Bagi yang menempati wilayah persawahan ini merupakan peluang yang Bagus untuk dijadikan bisnis. Selain untuk digunakan sendiri juga bisa di sewakan ke orang lain yang belum, mempunyai traktor sendiri. Jika tidak bisa mengoperasikan traktor berarti tambah tenaga anda sebagai sopir traktor. Selain dilihat dari segi bisnis dengan menyewakan traktor akan meringankan para petani yang ada di wilayah anda.

2. Menjual kebutuhan pertanian

Misalnya menjual berbagai obat pemberantas hama dan berbagai macam kebutuhan pupuk. Jika ditempat anda jauh dari penjual kebutuhan Pertanian,  ini Merupakan peluang bisnis di desa yang sangat Bagus. Telebih pengetahuan petani akan kebutuhan tanaman samakin meningkat bersumber dari internet maka akan lebih meningkatkan penjualan toko yang anda kelola. Selain menjual kebutuhan tanaman juga bisa ditamabah peralatan pertanian seperti cangkul sabit dan alat lain yang dibutuhkan Para petani.

3. Menjual bibit siap tanam

Bisnis ini sangat cocok dijalankan di desa yang ada di daerah penanam sayur terutama didataran tinggi. Saya melihat bisnis Ini sangat menjanjikan. Karena para petani memilih membeli siap tanam daripada menyemai Sendiri, karena lebih menghemat waktu dan tenaga. Sebagai Penyemai bibit siap tanam modalnya pun terbilang cukup terjangkau asal punya lahan yang lapang berada di daerah pinggir jalan yang mana disitu merupakan penduduk mayoritas penanam sayuran.
Dibidang agraria akan menciptakan lapangan Pekerjaan bagi yang tidak Punya lahan misalnya buruh untuk mencangkul ladang. Karena ketepatan dalam waktu pengerjaan. Lahan sangat dibutuhkan untuk mengejar masa tanam dan panen. Karena biasanya satu wilayah akan menanam secara serentak. Jika ketinggalan maka akan diserang hama ..Untuk itulah buruh cangkul sangat diperlukan di bidang pertanian.

4. Menjadi pengepul,

 sayuran hasil panen para petani juga salah satu jenis bisnis di desa yang menjanjikan. Hal ini, sangat cocok. Bagi anda yang mempunyai modal cukup dan mempunyai pasar yang siapa, menerima dagangan yang dibeli dari petani.

5. Jual kebutuhan pokok 

Hal tidak asing lagi Bagi kita yng berada wilayah pedesaan. Ini sering kita lihat didesa. Tidak ada salahnya juga jika anda melakukan bisnis ini dengan jika di wilayah anda masih jarang yang menjual kebutuhan pokok.

b. Memanfaatkan Sumber daya alam yang melimpah



Pada umumnya di daerah pedesaan Sumber daya alamnya masih banyak untuk dimanfaatkan. Karena pengetahuan masyarakat yang masih berkurang mengenai pemanfaatan Sumber daya yang ada. Sehingga ini menjadikan anda berfikir bagaimaan memanfaatkan Sumber daya yang ada. Berikut merupakan beberapa contoh pemanfaatan Sumber daya alam melimpah dijadikan sebagai bisnis yang menjanjikan.

A.  Kerajinan 
B. Berinovasi dalam bidang industri rumahan
C. Pemberdayaan masyarakat pedesaan

1. Bisnis online

Seperti halnya yang pernah saya jelaskan di atas bahwa saat ini perkembangan teknologi internet saat ini sudah tidak terbatas hanya di kota saja. Sekarang ini internet sudah mulai masuk pedesaan. Sehingga ini memudahkan masyarakat mengakses internet. Berbagai bisnis online sangat bisa dijalankan dalam bentuk apapun. Salah satu contohnya adalah menjual hasil kerajinan dan pertanian melalui online.

 2. Pembelian buah di pohon

Yang di maksud dengan pembeli buah pohon adalah membeli buah namun sistim borongan satu pohon petik sendiri. Bisnis ini mulai menjamur didaerah saya. Seperti misalnya pembeli alpukat, pisang dll. Mereka biasanya mencari ke ladang milik petani mengunjungi secara langsung. Keuntungan tergantung pengalaman perkiraan harga dan negosisslasi. Bisnis ini sangat mudah dijalankan siapa saja asal punya kemampuan bernegosiasi.

3. Memanfaatkan sisa pekarangan rumah

Berbagai bisnis bisa dijalankan di pekarangan rumah yang menganggur. Salah satu paling mudah adalah memelihara ikan lele. Hal ini mudah dijalankan jika kita mau. Karena untuk menjual hasil banyak caranya tinggal bagaimana kita melihat peluang. Atau bisa juga mencari pembeli yang membutuhkan ikan lele sperti rumah makan.

Nah itulah beberapa ide bisnis di desa yang mudah dijalankan dan yang tidak kita sadari. Sebenarnya ide bisnis tersebut bersumber dari kenyataan yang ada didesa saya. Tentu segala bentuk bisnis akan bisa sukses apabila dijalani secara sungguh-sungguh. Ide hanya akan menjadi pengetahuan saja tanpa adanya action.

0 Response to "Beberapa Ide Bisnis Di Desa yang Mudah Dijalankan dan yang tidak Kita Sadari"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel