Memperbaiki TV Sanyo Tidak ada Suara

TV SANYO ukuran 14 inci dengan keluhan suara tidak ada atau bisu

Setelah beberapa waktu tidak memperbaiki TV, kali ini dapat servisan tv merek sanyo dengan keluhan tidak ada suara sama sekali. Seperti biasa, jika saya mendapat permasalahan/kerusakan pasti memprediksi penyebabnya. TV tidak ada suara berarti yang bermasalah pada blog audio.


Baca juga: 4 langkah mudah memperbaiki TV hilang suara

Prediksi pertama adalah tegangan penyuplai ic amplifier drop. Namun jika hanya drop biasanya masih terdengar suara meski kecil dari speaker.

Kedua, ic amplifier mati. Hal ini biasanya ditandai dengan tidak ada suara sama sekali. Namun juga terkadang masih timbul suara dengung meski ic rusak.

Ketiga speaker , dari speaker tidak keluar suara sedikitpun. Hal ini jarang terjadi pada tv yang menggunakan 2 speaker. Kerusakan speaker  sering terjdi pada tv yang menggunakan satu speaker. Alasanya sangat logis, yaitu kekuatan speaker  yang dipaksa bekerja sangat berat karena distel level tinggi dalam waktu cukup lama. Sehingga speaker cepat rusak kelebihan beban.

Keempat ic control, ini biasanya ditandai dengan ketika blog amplifier masih baik namun tidak ada suara. Hal ini biasanya disebabkan output dari ic contol mati sehingga ampli tidak memberikan audio meski keadaan ampli masih baik.

Setelah memprediksi akhirnya saya mulai memeriksa satu per satu dari apa yang saya prediksi diatas.

Cek speaker , oke

Tegangan penyuplay ampli oke

Pada akhirnya saya mendapat satu kejanggalan yaitu ketika blog ampli saya sentuh dengan tangan tidak mengeluarkan bunyi sedikitpun. Padahal tegangan normal. Nah ketemu juga ni, penyebabnya yaitu ic mati.

Ic amplifier tv sanyo menggunakan t……l… yang ternyata sulit didapat didaerah saya. Akhirnya menggunakan jurus yang penting jadi. Yaitu menggunakan kit ampli mini yang supplay nya sama yaitu 12v dc. Dengan daya yang kecil agar awet.

Dengan begitu tv yang semula tidak ada suaranya kini sudah bisa berbicara lagi.

Inilah kenapa Sebagai teknisi penting untuk berfikir secars kreatif dan jangan mudah menyerah. Seperti yang saya alami kali ini. Jika orang yang tidak kreatif pasti dia akan bilang kepada user tv bahwa penggantinya tidak ada. Namun bagi yang berfikir kreatif; pasti akan melakukan rekayasa meskipun tidak ada part penggantinya. Intinya adalah berfikir bagaimana servisan Harus jadi. Jika gagal maka akan rugi.

Baca juga:

memperbaiki TV sanyo flyback bocor

TV suaranya ada namun gambar tidak ada

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Memperbaiki TV Sanyo Tidak ada Suara"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel