Awas! Tv Gejala ada desis di belakang tabung berakibat fatal!

Pengetahuan ini wajib diketahui oleh pengguna tv khususnya tv jenis CRT. Jika tv yang anda punya mengalami gejala gejala lain dari biasanya perlu anda waspadai bahwa tv tersebut akan semakin parah jika tidak segera dipangilkan tukang servis tv. Karena kerusakan satu komponen biasanya akan menghantam komponen lainya jika tidak segera ditangani.


Gejala paling parah akan menimbulkan kerusakan sangat fatal adalah timbulnya ledakan atau bunyi desis pada bagian belakang tabung. Jika ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama , kemungkinan kerusakan akan parah. Yaitu ; CRT akan tergores oleh arus flyback, tv akan mati total tidak dapat diperbaiki, ataupun akan memakan biaya mahal karena ba banyak komponen yang mati dll.

Nah jika tv anda mengalami kelainan yaitu terjadi ledakan saat pertama kali dihidupkan maka segeralah panggil tukang servis. Ataupun hanya terjadi bunyi desis sedikit saja juga berbahaya bagi kelangsungan tv anda. Jika desis ini dibiarkan dalam jangka waktu lama , akan menyebabkan tabung tergores oleh arus yang bocor dari cop flyback.

Jika anda belum mengetahui seluk beluk televisi saya tidak menyarankan anda untuk memperbaiki sendiri. Karena gejala cop flyback bocor tidak hanya disebabkan oleh cop yang bocor . Namun ada beberapa kemungkinan lain. Seperti kenaikan tegangan b+ dan juga flyback rusak. Perlu anda ketahui bahwa flyback ini merupakan komponen tidak sembarangan karena tegangan 20.000kv lebih, dapat mematikan manusia. Untuk itu anda harus memanggil ahlinya.

Ingat ya! Sebelum mengeluarkan biaya lebih banyak lagi segeralah panggil tukang servis tv , agar tv anda selamat dari kematian total jika mengalami gejala yang telah saya sebutkan diatas.

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

1 komentar untuk "Awas! Tv Gejala ada desis di belakang tabung berakibat fatal!"

Unknown 12 November 2018 pukul 16.24 Hapus Komentar
Tv saya th merk Sanyo udah lama gak di pake jd rusak.rusakny saat tv di nyalakan tu soket blakang tabung Ada percikan api trus ad suara crek2 gtu Dan layarny cma nyala putih aj.apa msalahnya Dan gmn mbetulinnya.mhon solusiny,mkasih..