Teknik Dasar Memperbaiki SMPS Mati [Switch Mode Power Supply]

cara Memperbaiki smps
RANGKAIAN SMPS LCD TV
SMPS merupakan kependekan dari Switch Mode Power Supply. Ada banyak sebutan untuk jenis smps yaitu power suplay, regulator, ac-matic. Jadi jika anda sedang mencari cara memperbaiki kerusakan smps sebuah perangkat bisa menghadirkan kata tersebut di kolom pencarian google. Namun harus disertakan dengan smps, karena jika tidak menyebutkan kata smps bisa jadi, akan muncul jenis power suplay konvensional atau yang masih menggunakan trafo step down.

Memperbaiki sebuah sirkuit smps merupakan tantangan yang menarik untuk dilakukan, karena setiap teknisi memiliki cara tersendiri bahkan rahasia tersendiri dalam memperbaiki rangkaian power suplay jenis smps. Tidak semua teknisi memiliki kemampuan untuk ini, dikarenakan terkadang sparpart untuk mengganti tidak tersedia dipasaran sehingga memilih jalan cepat dengan cara membeli modul satu blok. Atau memiliki teknik tersendiri untuk mengatasi smps bermasalah jika tidak tersedia sparpart yang dibutuhkan. Misalnya sistim jumper pada sistim sejenis.

Mempelajari smps merupakan ilmu paling dasar dalam mereparasi perangkat elektronika. karena sekarang ini setiap perangkat elektronik menggunakan sistim smps pada catu daya yang di gunakan. Sehingga penting bagi pemula untuk mempelajari lebih lnjut. Bisa dipastikan bagi Seseorang bisa menguasai dalam memperbaiki smps bisa memperbaiki bliok yang lain. Karena pada dasarnya prinsipnya disini adalah mengenai pengukura tegangan dan yang lainya. Sehingga dapat menguasai pada blok yang lain karena sudah memiliki dasar elektronika ketika mempelajari smps.

Teknik sederhana memperbaiki power suplay mati kita hadirkan sebagai langkah untuk pemula memperbaiki power suplay yang bermasalah pada tegangan atau bahkan tidak ada output power suplay

Perlu diketahui Pada dasarnya, semua fungsi catu daya hampir sama yaitu menghasilkan tegangan output untuk berbagai sirkuit sekunder. Setelah Anda tahu cara kerja catu daya, Anda akan mengetahui sisanya

Masalah power suplay smps dapat terjadi di bagian primer atau sekunder. Bahkan jika ada beberapa masalah di bagian blog diluar smps Misalnya terjadi short pada ic prosesor, catu daya mungkin tidak berfungsi atau hanya berkedip akibat korsletnya ic tersebut. Ada banyak metode pemecahan masalah catu daya; Saya akan menjelaskan salah satu teknik dasar cara saya tentang cara memperbaiki kerusakan smps. power supply ketika akan diperbaiki apakah itu switching power supply tv atau power supply komputer Atx kita kenali jenis kerusakan power supply terlebih dahulu sebelum membuka casing. Masalah suplai daya dapat dikategorikan ke dalam daya, daya output rendah, power supply mati kadang mati kadang hidup, power blink dan tegangan output lebih tinggi abnormal. Ini untuk memastikan mengenali gejala bagian blok yang bermasalah.

Teknik dasar memperbaiki smps mati total

Apapun masalahnya, menggunakan metode prosedur standar untuk mengujinya.

  • Periksa sakelar on / off, sekering dan lepaskan filter besar kapasitor-jika sekering terbakar menjadi warna gelap, ini menandakan korslet berat di bagian catu daya. Ini bisa jadi dioda bridge yang short, transistor daya short atau bahkan ic daya terjadi korsleting. Terkadang diluar dugaan, bahwa kumparan primer korsleting pada transformator daya mode sakelar dapat terjadi. Jika sekering hanya putus biasa [tidak terbakar], mungkin sekering rusak dengan sendirinya karena sekering sudah berumur atau usang. Sebagian besar, hanya mengganti sekering akan memecahkan gejala tidak ada tegangan pada power suplay.
  • mengukur dioda sekunder bekerja. Anda dapat mengecek satu persatu agaryakin tidak ada yang short salah satu pun. Ini penting untuk dilakukan agar tidak kebingungan jika ada satu yang terlewatkan pada prosedur servis.
  •  jika anda memperbaiki sebuah perangkat tv kerusakan smps tidak adadaya ditandai sekering putus parah, ini bisadiakibatkan oleh B+ dan transistor horizontal output. Kemungkinan terjadi over tegangan b+, transistor horizontal short, flaybac bermasalah.
  • Periksa semua kapasitor elektrolitik dengan esr tester di bagian primer dan sekunder.
  • jika ada beberapa perubahan nilai kapasitor elektrolit di bagian catu daya, (baik daerah primer atau sekunder) catu daya akan berkedip, menghasilkan daya output rendah atau sama sekali tidak ada daya.
  • Periksa gulungan utama transformator daya mode sakelar dengan tester flyback. Periksa juga lilitan primer flyback, b + gulungan kumparan dan gulungan yok horizontal jika Anda memperbaiki tv crt. Salah satu korsleting dari komponen tersebut dapat menyebabkan listrik mati, berkedip, dan bahkan tidak ada tegangan sama sekali.

Jika Anda telah mengkonfirmasi bahwa sisi sekunder semua komponen tidak ada yang short, maka yang perlu Anda lakukan adalah menguji dan mengganti semua komponen di bagian primer. Di sinilah keterampilan pemecahan masalah Anda yang sebenarnya diperlukan. Memahami dan mengetahui cara menguji komponen elektronik dasar sangat penting jika tidak, Anda akan menghadapi kesulitan dalam menemukan kerusakan. Jika Anda baru di bidang perbaikan elektronik ini, saya sangat menyarankan Anda memeriksa setiap komponen satu persatu dalam rangkaian catu daya dan setelah Anda menguasainya, Anda dapat menemukan kesalahan dengan pengujian tegangan atau bahkan mengidentifikasi kesalahan pada blok bagian lainya.

Penting agar tidak kecolongan!!

Setelah Anda menyelesaikan seluruh pengujian komponen dan sudah mengganti bagian-bagian yang diperlukan, Anda harus menyalakan catu daya dengan menggunakan bohlam 100-watt yang terhubung dengan sekering. [ antar kaki sekering] putuskan pada jalur penting pada sekunder. Terutama pada beban berukuran volt besar.

Jika lampu bohlam sangat terang dan tidak akan padam bahkan setelah beberapa menit, maka masih ada masalah dalam catu daya. Jika bohlam menjadi redup atau mati, Anda tahu bahwa korsleting itu telah teratasi dan Anda sekarang dapat menyalakan power supply dengan yakin tidak ada keraguan takut mati lagi.

Jika Anda ingin menjadi ahli dalam perbaikan power suplay, Anda harus berlatih, membaca dan memahami sepenuhnya tentang komponen elektronik dasar dan catu daya bekerja. tanamkan pengetahuan tentang catu daya smps di pikiran dan tangan Anda, saya percaya, tidak akan ada masalah catu daya yang terlalu sulit bagi Anda untuk diperbaiki.

Semoga bermanfaat!!!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.