Memperbaiki Amplifier Yiroshi R 10 ohm Terbakar Terus



Memperbaiki Amplifier Yiroshi R 10 ohm Terbakar Terus - Beberapa hari ini saya mendapat garapan amplifier sound blaster 1250 watt. Driver sound blaster ini merupakan adopsi driver yiroshi. Karena setelah saya cocokan dengan skema amplifier yiroshi ternyata sangat mirip tanpa adanya modifikasi secara sistem kerjanya. Driver yiroshi merupakan amplifier yang bekerja sistem tiga tingkat sehingga power full. Driver ini juga bekerja pada tegangan tinggi yaitu 70v. suara yang dihasilkan cenderung ke nada low bass begitu empuk. dan fleksibel untuk segala jenis frekuensi. Bahkan saat digunakan pada tegangan rendah sekalipun, suara yang dihasilkan begitu bagus tanpa ada distorsi. Sehingga saya menyimpulkan bahwa drver yiroshi bekerja pada tegangan rendah pun bisa.  

Tentu sebuah amplifier ada Kelebihan dan kelemahanya yaitu driver ini memiliki Kelemahan boros transistor final. Ini sangat logis, karena driver ini bekerja pada tegangan tinggi sudah begitu menggunakan sistem tiga tingkat. Jika transistor tidak kuat maka bisa menyebabkan jebol saat di geber dilapangan. Untuk mengatasi hal ini bisa ditambah jumlah transistor sebagai penguat akhir untuk meringankan beban transistor final dan menambahkan resistor pembatas pada bagian basis transistor final.  

Kali ini permasalahan terdapat pada resistor terbakar pada bagian r ukuran 10ohm 1 watt. Gejala yang ditimbulkan resistor 10ohm 1watt panas, jika digunakan dalam jangka waktu yang lama resistor 10ohm ini berasap namun amplifier tetap bekerja dengan normal tanpa adanya cacat audio.

Resistor ukuran 10ohm 1watt pada driver jenis yiroshi ini, berfungsi sebagai resistor pembatas tegangan untuk menyuplai transistor op amp 2n1555 dan 2n1504. Sehingga jika terjadi masalah di bagian sekitaran transistor tersebut sering terbakar.

Namun perspektif saya tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada. Bahwa resistor 10ohm1watt ini terbakar bukan karena transistor driver bermasalah, Namun penyebabnya sangat mengagetkan saat ternyata ada suatu hal yang tidak saya sadari dari awal. yaitu terjadinya korup tegangan pada bagian negatif power suplay power amplifier. 

Jadii setelah saya ukur tegangan positif dan negatif secara simetris ternyata antara tegangan positif dan negatif selisih tegangan sekitar 10 volt. penyebanya elco primer kering pada bagian negatif.

saya kira ini kerusakan disebabkan oleh bagian transistor final ternyata permasalahan ini hanya sepele yaitu keringnya elco 10000 uf pada bagian tegangan negatif.

Nah itulah sedikit pengalaman saya dalam memperbaiki driver power yiroshi. Semoga bermanfaat.

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

1 komentar untuk "Memperbaiki Amplifier Yiroshi R 10 ohm Terbakar Terus"

By.AEpro NN 21 Oktober 2018 pukul 21.32 Hapus Komentar
Saya mencoba DRIVER yiro dengan volt 55vac, 20A, elco 8 biji buat dorong 18" x2 kok masih megap_megap.., apa perlu naikin volt lagi ?.