Urutan Instalasi Sound Sistem 2 Way dan 3 Way

Urutan instalasi sound system 2 dan 3 way - Ada banyak pendapat mengenai urutan instalasi sound sistem. Setiap soundman memiliki cara tersendiri dalam hal instalasi aksesoris sound sistem. Kali ini saya akan sedikit memberikan dasar dalam berbagai macam instalasi sound sistem. Menurut yang pernah saya lakukan dan berdasarkan pengalaman.

Perangkat yang digunakan oleh sound audio sistem menggunakan beberapa alat diantaranya kabel, mixer, equalizer, speaker menejemen, crossover, amplifier, crossover pasif dan speaker. 

Instalasi yang paling sederhana akan mempermudah saat berada dilapangan. Berikut saya berikan beberapa jenis instalasi yang berbeda-beda.

Urutan Instalasi pada sound sistem 2 way hight dan low

Instalasi ini merupakan instalasi yang sederhana. Biasanya digunakan pada audio sederhana. Urutan yang digunakan yaitu mulai dari mixer >> equalizer>> tone control>> amplifier>> crossover passive>> speaker>>.

2way


Dalam instalasi ini akan sangat menghemat power amplifier karena yang digunakan merupakan crossover pasif. Jika menggunakan crossover aktif mungkin akan menggunakan dua amplifier untuk memisahkan suara. Namun jika menggunan crossover pasif ini akan menghemat perangkat amplifier. Namun Kelemahan dalam sistem ini masih kalah dengan sistem instalasi yang menggunakan crossover aktif. Sehingga amplifier yang digunakan harus yang powerful dan multi frekuensi.

Penggunaan crossover pasif bisa dihilangkan dengan mengganti preamp dengan crossover aktif 2 way sebelum input amplifier. atau bisa juga opsi lain dengan mengatur eq stereo menjadi dua medan frekuensi. namun amplifier harus streo. atau menambah satu amplifier. 

Sistem 2 way biasanya digunakan untuk acara kecil kecilan tidak harus menggunakan subwofer. Misalnya acara musik akustik. 

Urutan instalasi sound system 3 way

Sebenarnya pada sistem tiga way tidak jauh beda dengan sistem 2 way. Yang menjadi perbedaan adalah pada pembagian suara speaker/speker menejemen. Crossover yang digunakan adalah crossover aktif dan pasif. Sehinggga pemahaman dalam menghandle frekuensi lebih ketat. terutama pada eq.

pemahaman bagaimana mengurutkan aksesoris audio beserta instalasi power amplifier bersama speaker

keterangan gambar;
  • Pertama audio dioleh dari mixer
  • Kemudian masuk ke pengaturan frekunsi /EQ
  • Dari eq dipisah menggunakan crossover aktif maupun speaker menejemen/driverack
  • pembagian kepada amplifier menggunakan dua buah. agar kerja amplifier seimbang masing masing amplifier dikhususkan senada agar kerja seimbang
  • menuju crosover pasif pada box speaker yang menggunakan sistem 3 way midlow, mid hig dan twitter.
Opsi lain Perangkat yang digunakan bisa menggunakan crossover aktif 3 way namun harus menambah satu amplifier lagi. Sehingga amplifier yang dibutuhkan yaitu tiga buah maupun dua perangkat. Ini merupakan instalasi sistem yang sering digunakan olah kebanyakan sound sistem. Bisa dikatakan sistem 3way low mid high merupaka sistem yang ideal dalam standar instalasi audio sound sistem. Low mid high. Low biasanya ditekan pada sublow dan low mid untuk menghasilkan suara yang utuh pada frekuensi 30hz sampai 300hz.

pemahaman urutan instalasi sound system 2 way dan 3 way sangat penting bagi yang keseharianya bergerak dibidang audio sistem.ini hanyalah refrensi berdasarkan pengalaman pribadi. jika ada salah mohon koreksi!
SPEAKER MANAJEMEN DI SOUND SISTEM

Update gambar instalasi dengan manajemen speaker dengan sistem 2 way, namun memiliki frekuensi yang dapat di atur menggunkan grafik equalizer di dalam driverack.
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

1 komentar untuk "Urutan Instalasi Sound Sistem 2 Way dan 3 Way"

Tury.ok 5 Desember 2018 pukul 17.20 Hapus Komentar
Maaf masih pemula.... saya punya 4 box 15 in utk low 2 kiri dn 2 knan.... dn 2 box 12 in lngkap tweternya utk 1 d kiri dm 1 d knan... gmna pasng nya klau pkai crossover dbx .. mhon pnjlasan nya trimksh.