Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

FUNGSI CAPASITOR PADA TWEETER

FUNGSI CAPASITOR PADA TWEETER - kali ini soldiradem blog akan membahas Seputar fungsi capasitor pada tweeter.

Apa fungsi pada capasitor tweeter? 


Fungsi utama capasitor yang dirakit secara seri dengan speaker tweeter yaitu sebagai crossover pasif pada range frekuensi tinggi atau kita mengenalnya sebagai Higt Pass Filter. Capasitor akan mencegah nada low agar tidak masuk ke speaker tweeter.  

Nada audio dibagi menjadi banyak frekuensi ada frekuensi yang diinginkan ada juga frekuensi pengganggu. Fungsi utama dari capasitor ini akan memfilter nada yang tidak diinginkan mengalir ke speaker. 

Secara umum fungsi dari capasitor pada tweeter yaitu memotong frekuensi rendah dari amplifier. Fungsi speaker tweeter mengeluarkan nada tinggi, sehingga jika terkena nada bass maka speaker tweeter biasanya akan langsung mati atau tidak tahan lama. 

Hukum fungsi capasitor tweeter 

Semakin kecil angka capacitor maka semakin tinggi frequency yang dilewatkan oleh capacitor, dan sebaliknya semakin besar ukuran capasitor maka semakin rendah frekuensi yang dilewatkan capacitor ke tweeter. 
FUNGSI CAPASITOR PADA TWEETER

Penggunaan Capasitor Tweeter

Kemungkinan pengaplikasikanya tweeter digunakan dalam beberapa perangkat seperti penggunaan pada audio Mobil, speaker aktif, dan profesional sound sistem. 

Komponen tweeter pada bagian input load speaker akan ada jenis capasitor yang berfungsi sebagai crossover pasif misalnya 4 way low, mid, hight, twiteer.

Oleh karena itu penting untuk kita menentukan ukuran capasitor pada tweeter, jika ingin tweeter menghasilkan nada tinggi yang bagus dan tweeter bisa awat.

Dalam menentukan ukuran capasitor sebuah tweeter kita harus mengetahui range frekuensi pada komponen tweeter yang akan kita pasang, baru kita bisa menentukan berapa ukuran yang Aman dan pas untuk tweeter tersebut. 

1.    Penggunaan tweeter dalam audio Mobil

Tweeter pada audio mobil biasanya sudah dilengkapi dengan capasitor dari pabriknya sehingga tidak perlu lagi menambahkan capasitor sebagai crossover. Namun ada juga yang belum menggunakan capasitor.

2.    Penggunaan pada speaker aktif

Pada speaker aktif biasanya menggunakan capasitor berukuran 1uf 50v atau elko. Ini seringkali digunakan karena suaranya pas sesuai dengan spesifikasi load speaker yang digunakan. Seperti misalnya menggunakan twitter merek acr tipe PCT-2500. Menggunakan elko 1 uf 50v aman twitter tahan lama, namun suara yang dihasilkan sangat tipis, jika ingin nada lebih rendah bisa diganti dengan 2,2 uf misalnya, dengan konsekwensi twitter tidak tahan lama. namun juga tegantung tone control sebagaiman pengaturan nada yang baik akan mendukung kerja load speaker speaker aktif tetap awet.

3.    Penggunaan dalam high power/profesional audio sound

Suara yang lepas pada nada high sangat dibutuhkan pada sound sistem agar suara seimbang dengan nada mid dan low. Penentuan capasitor pada tweeter high power sangat penting untuk menentukan kualitas audio yang dihasilkan dari paduan nada low mid high, dengan Harapan tweeter tetap awet. Nah untuk mengurangi keruskan tweeter ditentukan pada pemilihan capasitor tweeter.

Cara menentukanya masih menggunakan sistem spesifikasi range frekuensi yang di tuturkan jenis tweeter.

Tweeter biasanya bekerja antara range 500hz sampai 20khz dengan suara vocal masih terdengar ini biasanya memiliki oleh speaker berkualitas misalnya RCF.

Namun Jika kualitas twitter hanya standar hanya memiliki range dari 1000 hz sampai 20khz akan sangat penting dalam menentukan capasitor untuk membatasi range mid masuk ke tweeter. misalnya suara mid vocal yang biasanya range 500 hz padahal twitter yang kita gunakan tidak menjangkau range tersebut maka jika sampai masuk ke tweeter kemungkinan akan mengalami kerusakan. Oleh karena itu maka capasitor dikurangi. Begitu sebaliknya jika renge twitter terlalu tipis maka ukuran capasitor di tambah. 

Misalnya menggunakan capasitor 4,7 uf suara vocal masuk dengan keras kemungkinan akan mengakibatkan tweeter tidak awet. Maka bisa di kurangi menjadi 3,3 uf. dengan begitu suara renge yang tidak seharusnya bisa terpotong demi menghemat anggaran load speker tweeter yang boros. Ini tidak berlaku pada beberapa jenis speker yang berkualitas tinggi yang biasanya langsung di suplay dari crossover pasif dari pembagian dalam box speaker.

Nah itulah gambaran fungsi capasitor pada tweeter. Semoga menjadi refrensi ketika akan memasang tweeter.