4 Cara Melebarkan Layar TV China Kurang Penuh Kiri Kanan


Gambar kurang lebar kiri dan kanan biasanya dialami ketika ganti mesin tv china atau memang kerusakan terjadi pada sebuah mesin tv. Memasang mesin baru ataupun memperbaiki mesin lama permasalahan yang pasti tidak jauh dari blog bagian horizontal out. Nah bagaimana cara melebarkan layar tv china kiri dan kanan? Kali ini kita akan membahas mengenai hal ini.

Disini saya akan shere pengalaman selama ini ketika menemui keruskan gambar kurang lebar pada tv china yang memang sering saya alami ketika mengganti tv terutama ukuran 21 inc.  kebetulan kemarin saya mendapat orderan untuk mengganti mesin tv polytron u-slim mengalami gambar kurang lebar, sehingga terbesit fikiran saya untuk shere pengalaman ini.

Pada penggunaan mesin wcom terbaru, ada circuit EW. Rangkaian ini memiliki fitur untuk melebarkan layar tv melalui variable resistor H-size. Sehingga tidak perlu merubah komponen dengan cara yang saya shere. Yang saya tulis ini jika tidak ada menu atau fitur untuk melebarkan layar yang memang rata-rata pada mesin china lama tidak ada fitur adjuster h size.

Ada 4 cara yang dapat kita lakukan untuk melebarkan layar, yaitu

1.    Mengganti capasitor H-size
2.    Menggunakan trafo yoke
3.    Dan membuat lilitan di ferrite fbt
4.    Merubah lilitan defleksi yoke

1.    Mengganti capasitor
Capasitor horizontal yang dimaksud adalah capasitor bukan c resonant yang letaknya di colektor horizontal. Capasitor yang meski diganti adalah capasitor yang berada setelah capasitor resonant yang ukurannya biasanya 680n/684, 470n/474, 150n/154.ataujika dalam skema tertulis c 442. Hati-hati jangan salah paham! Saya pernah mengalami kesalahan saat mengganti capasitor untuk melebarkan layar. Kesalahan saya adalah salah pengganti capasitor resonant, sehingga terjadilah kerusakan yang sangat parah karena tegangan fbt menjadi naik, sehingga transistor horizontal langsung jebol. Yang lebih parahnya lagi, leher tabung langsung patah.  Pengalaman pahit dulu ketika awal-awal belajar hehehe. Belajar dari pengalaman saya bahwa jangan sembarangan mengganti capasitor resonant, jika masih mendekati nilai aslinya tidak ada masalah namun jika nilainya sudah jauh dari nilai aslinya itulah yang berbahaya. Misalnya pada resonant aslinya ukurannya 912, akan diganti 822j, oke lah masih ada toleransi. Namun jika diganti ke 522, dah tr horizontal langsung koit.
sekema sedehana pada blog horizontal

Hukum melebarkan layar mengganti capasitor h-size,
‘Semakin rendah ukuran capasitor maka layar akan melebur, begitu sebaliknya semakin tinggi nilai capasitor layar akan menyempit.”

Contoh:
Tv china wcom kurang layar kurang lebar kiri kanan dengan capasitor size ukuran 684j. untuk melebarkan layar ganti capasitor dengan ukuran 474j. sehingga layar akan bertambah lebar. Jika masih kurang lebar lagi maka ganti dengan nilai 394j.


2.    Menggunakan trafo yoke
selain mengganti capasitor h size, yaitu menggunakan trafo yoke. Trafo yoke berfungsi sebagai lilitan untuk melebarkan layar tv. Ini sering kita lihat pada tv rakitan menggunakan crt monitor komputer.

Penggunaanya sangat mudah, ini merupakan jalan ketika capasitor yang kita butuhkan tidak ada. Salah satu alternativenya menggunakan trafo yoke. Meskipun sebenarnya trafo yoke untuk memperbaiki impedance defleksi yoke, namun cara ini cukup lumayan ampuh untuk melebarkan layar tv. 

Cara menggunakanya mudah, lihatlah gambar berikut ini
untuk melebarkan layar kekiri dan kekanan. memperbaiki impedansi defleksi yoke
sekama trafo yoke

Keterangan gambar:
Perhatikan warna kabel disesuaikan dengan warna pada gambar. Pin no 1 di hubungkan ke kabel biru, sedangkan yang merah di hubungkan ke pin 2 kemudian diputus ke pin 3,4,5. Tergantung impedansi pada defleksi yoke.

3.    MEMBUAT LILITAN DI FARRIT FLYBACK
Cara ini sangat mudah dilakukan, bahkan cenderung aman dan hemat biaya. Memanfaatkan farrit flyback untuk melilit kabel yang berfungsi untuk melebarkan layar.

Bahan yang digunakan hanya seutas kabel 50 cm … kemudian jumlah lilitan disesuaikan dengan ukuran layar. Yang perlu diperhatikan adalah arah lilitan. Arah lilitan searah dengan jarum jam dari kabel horizontal out arah lilitan kekanan. Jik terbalik layar akan menyempit. Semakin banyak lilitan maka layar semakin melebar.
Contoh gambar:

Keterangan gambar
Dari soket horizontal out kabel merah menuju farrit flyback dari kiri arah kanan. Kemudian menuju defleksi yoke. Lilitan biasanya antara 7-12 lilitan.  

4.    Merubah lilitan defleksi yoke
Cara ini juga sering dilakukan dalam memperbaiki impedansi sebuah defleksi yoke, Meskipun sebenarnya saya sendiripun belum melakukan dengan cara merubah lilitan defleksi yoke.

Bagaimana melakukanya? Caranya kita ukur terlebih dahulu defleksi yoke pada bagian horizontal. Kemudian jika impedansi terukur dibawah 1,5ohm maka harus merubah lilitan yang aslinya paralel dirubah lilitan menjadi seri sampai mendapatkan nilai diatas 1,5 ohm. Jika cara ini tidak mempan gunakan trafo yoke seperti yang saya katakan diatas.


Jika 4 jalan cara melebarkan layar seperti diatas tidak mempan juga kemungkinan ada kerusakan pada defleksi yoke. Mungkin ada salah satu lilitan putus. Agar tidak fatal jangan melakukan penggantian c resonant.

Semoga bermanfaat!!!

2 Responses to "4 Cara Melebarkan Layar TV China Kurang Penuh Kiri Kanan"

  1. Trikasih dapat pengalaman baru.

    ReplyDelete
  2. Bang sy pasang kurang lebar kiri kanan sy tambah tf yoke jg g mau jd apa ya bang solusinya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel