PIN PROTEK TV SANYO DYNAMIC SERIES

Sering saya katakan bahwa Salah satu tantangan memperbaiki kerusakan televisi paling menantang adalah tv protek. karena membutuhkan keelian yang luar biasa.  Terutama jika terjadi pada TV Sanyo.Tv ini sangat komplek sekali dalam hal memproteksi mesin tv. Kemungkinan hal ini bertujuan agar televisi aman jika terjadi kerusakan yang mengakibatkan kerusakan yang lebih parah, atau masalah pada keamanan dari kebakaran. hal ini menjadikan bukti tv sanyo mendepankan kualitas dan keamanan.

Jika dilihat secara seksama tv sanyo ini sekmaticnya tidak seperti tv yang lainya. lebih kompleks terutama tv sanyo yang diynamic series yang mengunakan 2 ic yaitu ic croma LA 76818A dan ic program LC863440. 

TV Sanyo ini lebih menonjol pada tegangan b+ flyback, jika tv pada umumnya 115 volt pada tv sanyo menggunakan tegangan 130 volt.

Titik protek pada tv Sanyo ada beberapa blog bagian sensor, sehingga perlu kejelian dalam melakukan pencarian. jika kita tidak mengetahui pasti mana titik protekya pasti seminggu tidak akan ketemu mencari kerusakan tv sanyo protek. karena ternyata setelah saya pelajari dari beberpaa sumber menyebutkan bahwa titik protek pada tv sanyo terdapat di tegangan yang tidak normal saja bisa mengakibatkan tv protek meskipun hanya 1 atau dua volt saja dari tegangan normal.

Dengan menggunakan multitester digital saat mencari kerusakan, mungkin akan lebih efektif dibanding dengan menggunakan tester analog. karena ini berkaitan dengan tegangan yang akurat.

Menangani tv protek  pertama yang harus kita lakukan adalah mencari pin protek pada ic programnya dulu, atau dengan kata lain mencari master proteknya, dari situlah semua sinyal protek akan terdeteksi. sehingga perlu dicut terlebih dahulu untuk memaksa tv agar tetap bisa bekerja dan kita bisa mencari titik sensor proteknya yang bermasalah.

berikut ini telah saya rangkum dari bebrapa pengalaman saya dan dari sumber dari beberapa pengalaman rekan teknisi mengenai tv sanyo protek. tentu berbeda tipe dan dan chasis juga berbeda titik proteknya.

Pin protek tv sanyo dynamic series

tv ini enggunakan dua ic yaitu  program LC863440 dan ic croma LA76818A.
PIN protek terletak dari ic program kaki 27, ingat ic program bukan ic croma. jika ingin mematikan sumber utamanya lepas resistor dengan no r830.
setelah melepas sumber protek , kemudian baru mencari sensor proteknya. pada tv sanyo dynamic ini menggunakan sensor di beberapa titik tegangan. yaitu:

output heater dari flyback r 476 3k3. karena ada berbedaan data dari sumber , saya pun menyimpulksn bahwa sanyo dynamic series menggnakan jenis chasis bebeda, sehingga sistem kerjanya berbeda. ada yang mengatkn bahwa output flybak heater di sensor oleh r 475 dan ada juga yag menyebutkan r 476. namun intinya sama-sama mengirimkan sinyal ke mastr proteksi i program kaki 27 mellui resistor 830.

Tv Sanyo dynamic 14 inci ini pada tegangan video menggunakan tegangan b+ 130 volt tidak bersumber dari flyback, sehingga tegangan normal ikut dengan B+130 volt.

Saya melansir dari blog wyn-suparno blog sensor protek terdapat di
"out regulator 9v D681, out vertikal R527, OUTPUT X-RAY pada kaki flyback low-b r477, output heater 476, output 180 volt d489. "

setelah saya cocokan dengan tv sanyo dynamic ukuran 12 inc, tidak match kemungkinan berbeda seri chasis. perbedaanya terletak pada komponen yang beda 1 nomor. dan pada  x-ray low-b tidak terhubung dengan apapun pada tv yang saya tangani.

Kemudian saya melansir dari masyono11 BLOG sensor proteknya di:
"R 475 1 HEATER, Q443 ,D486=180VOLT ,D003,D004, 16 VOLT. "

Hal yang sama dari kedua sumber refrensi tersebut adalah master proteknya terletak pada kaki 27 ic lc 863440.


Perbedaan secara sekematik dengan yang saya alami adalah pada tegangan video 180 volt karena tv sanyo yang saya tangani menggunakan b+130 volt saja. sehingga ketika ada permasalah pada tegangan b+ akan tetap protek.


hal yang sering terjadi kerusakan pada tv sanyo adalah flyback, padahal sangat sulit mendapatkan tipe seri yang sama pada tv sanyo ini. jika berbeda seri namun tata letak kaki sama, namun tegangan berbeda ini yang akan mengakibatkan tv masih protek meski sudah mengganti flyback.

perbedan juga saya dapatkan pada sensor x-ray low-b, dari output flybak. ini biasanya juga menjadi sensor namun ternyata tv yang saya tangani bahwa sensor x ray tidak terhubung dengan apapun hanya saja memang pada chasis ada komponen yang kosong.


sempat memang kemarin-kemarin mengalami kegagalan dalam menangani tv sanyo prtek, ternyata saya masih kurang pengetahuan dalam menangani tv protek, terutama pada tv sanyo.

semoga bisa menadi refrensi membantu rekan sekalian dalam memperbaiki tv sanyo protek terutama yang bertipe dynamic series.
NB: jika ada data dalam penulisan mohon maaf karena terbatasnya waktu saya menulis konten ini.
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

1 komentar untuk "PIN PROTEK TV SANYO DYNAMIC SERIES"

ah itu hanya perasaanmu saja 12 Desember 2018 pukul 12.34 Hapus Komentar
Ilmu yg bermanfaat