Shere pengalaman! Potensi dan Kelemahan Usaha jasa Servis Elektronik

mungkin bisa menjadi refrensi bgi anda yang sedang melirik maupun merintis usaha jasa servis/perbaikan perangkat elektronik
Alat servis elektronik
Pada kesempatan ini saya akan menulis beberapa Kelemahan dan potensi dari usaha bidang jasa perbaikan elektronik. Mungkin ini adalah shering pengalaman pribadi. jika anda sedang merintis atau sedang melirik usaha di bidang servis elektronik, Setelah membaca shering saya ini mudah-mudahan bisa menjadi refrensi dan gambaran bagaimana tentang usaha jasa servis elektronik.

POTENSI jasa servis elektro Menurut versi pengalaman admin

Pertama, Kelebihan perbaikan elektronik saat ini adalah peluang yang masih terbuka lebar, sehingga siapapun dapat menjalankan usaha ini dengan leluasa tanpa persaingan yang cukup ketat, tidak seperti halnya servis sepeda motor yang notabene saat ini sudah menjamur dimana saja. Dari sini kita sudah mendapat satu kekuatan untuk membuka usaha servis elektronik yaitu peluang yang masih terbuka lebar.

Kedua, Modal usaha tidak terlalu banyak
Sedikit bercerita bahwa dulu ketika saya memulai usaha servis elektronik, saya hanya bermodalkan tang solder dan tester yang saya beli dengan harga 300 ribu sudah dapat alat tersebut. Kemudian, untuk sparpart saya tidak stok di rumah. Kemudian tempat tidak menjadi prioritas karena dijalankan di rumahpun bisa tinggal bagaimana kita promo tentang jasa yang kita jual.

Hal paling penting dalam usaha jasa servis adalah ilmu pengetahuan dan pengalaman di bidang elektronika. Saya dulu untuk mendapatkan ilmu dasar elektronika kebetulan di daerah saya ada program pemerintah untuk bisa kursus secara gratis, bahkan diganti ongkos bensin. Jadi jika kita sudah niat untuk memulai usaha pasti ada jalan. Bisa dibilang bahwa, usaha ini sangat murah dilakukan tanpa modal yang terlalu besar. Mungkin dengan uang satu juta cukup sebagai uang jalan sekaligus sudah mendapatkan alat. 

Ketiga, Mudah dilakukan
Usaha ini sangat mudah sekali dijalankan karena di rumah pun bisa dijalankan, asalkan bagaimana kita menjual jasa. Karena saat ini orang sudah modern, ketika ingin servis elektronik orang lebih suka jika bisa dipanggil ke rumah. Bahkan saat ini modalnya sudah layanan panggilan.  Sehingga ketika jasa yang kita jual memuaskan maka pelanggan akan semakin banyak. Tanpa perlu promosi, jika layanan memuaskan promo akan terbantu dengan kesaksian pelanggan.

Keempat, Bisa bekerja denga hobi yang kita suka
Jika anda adalah penggemar elektronika usaha ini sangat cocok. Hobi oprek elektronik dibayar. Kesenangan kita menjadi dobel. Sudah mendapatkan Kesenangan dibayar. sElain itu, biasanya bekerja dibidang kita suka lebih berpotensi untuk bisa berhasil.

Meskipun usaha ini sangat murah dan mudah namun jika kita tidak senang dengan bidang elektronik maka rata-rata tidak akan bisa menjalankan secara maksimal. Seperti halnya dulu saya ketika kursus servis elektronik didalam sebuah kelas ada 20 siswa ternyata ketika saya Tanya dari mereka hanya saya saja yang benar-benar menggeluti bidang ini sebagai usaha. Dari beberapa murid yang saya Tanya kenapa tidak menjalankan secara serius sebagai usaha rata- rata mereka tidak tlaten dalam menjalani usaha ini. Kenapa tidak tlaten, karena mereka tidak senang dengan elektronika hanya cob-coba. Nah dari sini kita dapat mengambil pelajaran bahwa kecintaan terhadap apa yang kita lakukan akan sangat menentukan.

Semua itu telah saya lalui sekitar 5tahun ang lalu. Untuk sekarang sudah lumayan. Yang pasti dalam servis elektronik hal paling penting untuk dilakukan adalah investasi ilmu dan alat. Jika keduanya di kembangkan maka kan menciptkan produk jasa yang luar bisa.

KELEMAHAN
Dibalik potensi kemurahan dan kemudahan ada juga Kelemahan yang perlu anda ketahui. Bahwa usaha tidak ada yang langsung sukses, semua orang pernah mengalami jatuh bangun dalam membangun usaha yang di Jalani. Halangan dan rintangn pasti ada. Namun semua itu akan berlalu seiring dengan berjalanya waktu. Tinggal bagaimana kita menghadapi setiap persoalan yang ada.

Sebagai contoh tantangan dalam usaha jasa servis elektronik :
Sparpart sulit didapatkan,

jika pengalaman kurang maka kerugian akan semakin besar,
Setiap tahun harus mempelajari Perkembangan teknologi terbaru, sitem baru,karena elektronik adalah imu yang sangat luas untuk dipelajari maka belajar belajar dan belajar merupakan Kunci dari keberhasilan.
Dll.

Saran saya, jika anda berminat dibidang ini dan sedang merintis jangan mengandalakan sebagai pekerjaan utama dulu. karena jika anda menjalankan usaha ini baru dan belum sama sekali memiliki pengalaman yang cukup mumpuni akan gagal. Lebih baik ini dijadikan usaha sampingan dahulu, nanti ketika pengalaman sudah banyak pelanggan pun sudah berdatangan maka baru bisa langsung buka dijadikan penopang penghasilan utama. Jika langsung dijadikan usaha utama maka kebutuhan sehari-hari akan kurang.

Note**
Salah satu paling ampuh dalam mendapatkan ilmu dan pengalaman adalah belajar kepada orang yang telah berpengalaman secara langsung. Ataupun bisa tidak langsung seperti halnya bergabung pada forum teknisi di fb atau terus pantengin website yang sering shere tentang kerusakan. Karena pengalaman dalam perbaikan tidaklah instan. Kegagalan pasti akan anda temui. Namun keberhasilan juga akan anda temui.

Fokuslah pada beberapa perangkat dulu, misalnya anda ingin servis perlengkapan elektronik rumah tangga maka hal yang perlu di pelajari misalanya tv dulu. Atau anda ingin mendalami jasa perbaikan pendingin ac dan kulkas, focus pada pendingin. Nanti jika sudah menguasai salah satu baru menambah ke pengetahuan yang lain. Semakin tambah ilmu semakin tambah omset.

Seperti itulah Seputar pengalaman dalam menjalankan usaha servis elektronik yang saya alami. Mungkin anda sedang merintis usaha ini atau bahkan sudah lebih berpengalaman di bidang usaha jasa servis elektronik. Bisa shering di kolom komentar, Seputar potensi dan kelemahan usaha servis elektronik

Terimakasih telah membaca artikel soldiradem blog semoga bermanfaat bagi yang mungkin mencari refrensi Seputar usaha jasa servis elektronik. 

0 Response to "Shere pengalaman! Potensi dan Kelemahan Usaha jasa Servis Elektronik"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel