7 Rahasia Strategi Toko Elektronik Sukses


7 Rahasia Strategi Toko Elektronik Sukses - Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang elektronik yang semakin canggih. Toko elektonik di jaman ini akan terus bertambah.

Kebutuhan elektronik untuk memudahkan manusia terus dikembangkan, sehingga penjualan barang elektronik akan semakin bertambah dan Persaingan akan semakin ketat. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mencari stratgi yang bagus agar toko yang kita kelola “tetap jaya”, ditengah persaingan yang semakin ketat.

Untuk sekarang ini meskipun toko yang kita punya memiliki stok masih sedikit atau dengan kata lain toko masih kecil, kita bisa bersaing meskipun bersaing dengan toko besar. Dengan strategi berikut ini mudah-mudahan anda dapat gambaran bagaimana bersaing dengan cara sehat, tentunya.

Ada 7 rahasia strategi toko elektronik sukses yang bisa anda terapkan dalam rangka menggaet banyak kosumen agar loyal. Sehingga omset akan semakin bertambah.

Srategi 1

Kita ambil pada strategi pertama dari sudut pandang pembeli.

“Apa yang dibutuhkan seorang pembeli di sebuah toko?”

Sebenarnya pembeli tidak menilai sebuah toko elektronik hanya barang berkualitas saja namun, pada pelayanan dan keramahan.

Sebesar apapun toko elektronik, jika pelayanan kurang memuaskan maka dinilai akan semakin berkurangna pembeli yang loyal terhadap toko. Meskipun memang harganya sedikit lebih murah dibanding dengan toko lainya.

Berbanding terbalik jika pelayanan sebuah toko elektronik meskipun harganya lebih mahal namun pelayanan yang baik maka pembeli akan loyal.

Maka perbandingan kedua ciri khas toko tersebut akan cenderung sukses memiliki pembeli loyal dengan cara pelayanan yang baik. Dengan begitu tidak tertutup kemungkinan jika semakin kesini toko yang pelayanan kurang baik akan kalah, meskipun harganya lebih murah.

Sedikit cerita mengenai sebuah toko elektronik besar namun pelayanan tidak memuasakan. Tertuama pada kariyawan. Pada pelayanan penjualan mereka begitu sadi ketika melayani para pembeli, bahkan ketika ada pembeli, menawar sebuah barang mereka malah marah-marah. Saya sendiri geram terhadap toko tersebut. Apakah ini yang diajarka oleh boss mereka. Jadi males jika harus perg ke toko itu lagi.

Jadi selalu awsi kariyawan yang bekerja itu akan mengurangi dampk buruk dari kemalasan kariawan.


Strategi 2

Menjadi penjual yang paham produk

Seorang penjual harus paham produk yang dijual, kan gak lucu bila ada sesorang yang ingin membeli barang elektronik sedangkan ditanya mengenai kualitas dan fitur barang tidak paham hanya bilang kurang paham. Maka penjual seperti ini biasnya akan membuat seorang konsumen ragu. Karena seorang pembeli biasanya membandingkan antara harga mahal dan harga murah. Jika tidak paham maka seller akan gagal menjual produknya.

Jika seorang penjual menguasai materi produk ketika pembeli ada keraguan untuk membeli sebuah barang maka akan memiliki opsi untuk menawarkan fitur pada sebuah produk lain yang lebih meyakinkan. 

Dalam hal ini mengelola sember daya manusia sangat penting dilakukan pada saat rekruitmen pekerja. Anda harus merekrut pekerja yang paham dibidangnya. Usahakan mereka yang mau belajar sebagai pelayan yang baik dan ramah, mampu menguasai materi penjualan.

Strategi 3

Jalin hubungan baik dengan pembeli agar mereka loyal dengan toko kita.

Saat anda memiliki kariyawan usahakan anda tetap menjalin hubungn baik dengan pengunjung yang datang. karena biasanya pelanggan akan lebih percaya pada pemilik toko daripada kariyawan. Perasaan seorang pembeli ketika dilayani oleh pemilik sendiri dan akrap dengan pemiliknya biasnaya akan lebih loyal. Tentu dalam hal ini pemilik juga harus memiliki keterampilan sebagai seller yang baik misalnya paham kualitas barang dan harga produk yang dijual sehingga ketika ada penawaran akan mengerti menghandle harga minimum.



Strategi 4

Display bagus.

Pada sebuah toko jika dilihat dari luar penampilanya menarik dan terlihat penuh dengan barang maka orang akan tertarik. Jika sebuah toko terlihat dari luar kosong, dan terlihat sedikit barang, orang akan cenderung ragu untuk datang ke toko. oleh sebab itu tampilan pada sebuah toko elektronik pertama harus terlihat menarik ketika dilihat dari luar seakan didalam sebuah toko penuh banyak barang, dengan hal tersebut akan menarik pembeli untuk datang. Harus terlihat toko elektronik ketika dipinggir jalan orang lewat bisa mengenali bahwa ini adalah sebuah toko elektronik bukan warung klontong.hehe,,!

Saya mengamati hal ini terjadi pada sebuah toko elektronik yang sepi pembeli. Setelah saya selidiki dan amati, ternyata memang letak toko tersebut tidak terlihat dari jalan raya karena letak ruko gak kedalam. Dan lebih parahnya lagi toko tersebut tidak memiliki baner bahwa toko elektronik. Kemudian jika terlihat dari jalan raya toko tersebut hanya terlihat sedikit barang elektronik. Sehingga pembeli pun akan ragu bahkan untuk mendekat.

Strategi 5

Mencatat setiap kekurangan stok barang.

Hal ini sangat penting dilakukan terutama pada toko yang baru buka. Karena stok barang masih sedikit kemungkinan besar akan banyak kekurangan produk yang akan dijual, maka jadikan konsumen sebagai sarana melengkapi barang tersebut. Setiap ada pembeli yang mencari sebuah produk dan  stok ternyata belum ada anda wajib mencatatnya sebagai bahan pertimbangan stok sebuah toko. Kemudian sebagai bahan pertimbangan untuk menyetok barang yang mungkin banyak bertanya namun barang belum ada.

Atau berusaha mengadakan barang tersebut dalam beberapa waktu agar pelanggan datang ke toko anda kembali.

Salah satu alasan agar konsumen percaya ada kalimat sakti yang dipakai oleh penjual yaitu. “stok lagi kosong” dan jangan bilang “tidak ada” kemudian sambung dengan “distributor belum datang mungkin ada perubahan jadwal, kemeungknan akan datang dalam waktu dekat”….kemudian berikan tempo agar kita bisa mencarikan barang yang dibutuhkan. 

Semakin lengkap menjual kebutuhan elektronik maka toko akan semakin didatangi pembeli karena secara tidak langsung hal ini mempengarughi strategi marketing free.

Strategi 6

Promo

Memiliki reputasi baik, dengan toko lengkap pelayanan ramah ini merupakan sebuah marketing secara tidak langsung menimbulkan efek multiplayer. Ketika seorang konsumen puas dengan pelayanan sebuah toko maka biasanya akan merekomendasikan orang lain untuk membeli ke toko dia membeli barang. Jika di market online,, testimoni sebagai langkah marketing meyakinkan calon pembeli.

Sebuah toko tanpa promosi maka perkembangan akan sangat lembat meski stok barang komplit namun promo tidak digencarkan maka akan mengalami keusangan. karena stok barang elektronik hampir setiap bulan dan tahun akan terus bertambah dan berkembang sehingga stok lama akan akan usang dan peminatnya akn berkurang. Oleh sebab itu promo cuci gudang harus diterapkan kepada produk lama.

Banyak jaaln untuk mempromosikan sebuah toko, untuk saat ini bisa melalui marketing online. Selain itu juga saat ini memanfaatkan internet terutama sosial media merupakan salah satu jalan ampuh mepromosikan bisnis anda. Promo berbayar tidak ada ruginya misalnya menggunakan fb ads atau menggunakan jasa adwords di google.

Strategi7
Memberikan kenyamana kepada konsumen

Strategi toko elektronik sukses ke 7 yaitu kenyamanan konsumen. Kenyamanan dalam artian jika seorang konsumen datang ke sebuah toko harus dalam keadaan nyaman bahkan betah berlama-lama di toko untuk memilih barang yang mereka butuhkan. Sebagai contoh kenyamanan.;

Parkir luas akan mimbulkan kenyamanan bagi pembeli. Karena saat pembeli memilih barang tidak resah memikirkan kendaraanya yang diparkir di tempat yang leluasa. Jika parkir dijalan biasanya para pembeli akan cenderung cepat-cepat dalam memilih suatu barang yang dibutuhkan. Sehingga hal ini sering menjadikan konsumen berfikir dua kali jika ingin datang lagi ketoko anda.

Transaksi aman. Sebagian barang elektronik memiliki harga diatas satu juta, sehingga para pembeli tidak semuanya membawa uang cas, biasanya meraka menggunakan atm/ kartu kredit sebagai pilihan transaksi maka toko harus menyediakan  perangkat agar keamanan konsumen dalam bertransaksi terjamin. misal via transfer atau menyediakan EDC.

BACA JUGA: Cara bagaiman memulai usaha toko elektronik modal minim

Dari 7 rahasia strategi toko elektronik sukses tersebut bisa anda maksimalkan meskipun toko yang kita punya hanya kecil namun dengan strategi 7 tersebut maka efeknya kan jangka panjang. Konsumen loyal harus dipelihara sebagai strategi memaksimalkan omset penjualan jangka panjang.

Anda harus selalu melihat sudut padang dari mata konsumen!!!! makarating untuk toko anda semakin baik. Selalu memperbaiki kesalahan, melengkapi kekurangan!!!


Strategi diatas bersumber dari berbagai pengalaman pernah bekerja dan menjadi karyawan disebuah toko elektronik. Toko kecil atau besar yang penting omset semakin bertambah, bukanya malah berkurang. Semoga memberikan sebagai refrensi ketika anda memiliki pertanyaan “mengapa toko elektronik sepi?” omset kian hari semakin menurun?

0 Response to "7 Rahasia Strategi Toko Elektronik Sukses "

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel