Cara Paling Sederhana Memasang KIT Subwoofer

Cara Paling sederhana Memasang KIT Subwoofer - mendapatkan pesanan memasang op ampli subwoofer. Dulu sempat bingung, dalam memasang kit subwoofer yang biasanya digunakan pada speaker aktif.

KIT SUBWOFER yang saya maksud adalah kit yang terpisah dari tone control. Karena saat ini dipasaran sudah ada kit tone kontrol + subwofer. Mungkin daripada kit yang ada menganggur, lebih baik menambah kit subwofer nya saja.

Kit subwofer boster yang ada dipasaran saat ini beraneka ragam. Hasil kualitas frekuensi yang dapat di bost dan cros juga bermacam-macam, ada yang cenderung kasar ada juga yang kalem ketika sub di bosst. Sehingga sangat penting memilih jenis filter subwofer yang akan dipasang.

Lalu apa perbedaan secara mendasar mengenai op ampli giga bas dan subwoofer? Tentu keduanya berbeda. Giga bass biasanya diguanakan untuk memperkuat nada bass pada renge frekuensi diatas 100 Hz lebih. Jika subwofer bahkan sampai rentang bawah 40 hz sehigga kita sering menemui gerakan speaker liar karena menggunakan kit subwover ini. Tentu keduanya disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan speaker.

Cara Memasang KIT Subwoofer


Kit subwofer rata-rata menggunakan tegangan suplay simetris sehingga sangat ribet jika meggunakan tegangan ini, maka sangat cocok dipasangkan menggunakan tone control yang mengunakan sistem simetris pula. Maka suplay yang akan kita ambil bisa di satukan dengan suplay tone cotrol.

Jika menggunakan suplay jadi satu dengan tone control ini akan sangat menguntungkan karena tidak perlu membuat tegangan suply sendiri, kemudian daripada itu, sistem suplay seperti ini juga akan mempengaruhi hasil audio yang dihasilkan. Yaitu suara cenderung anteng jarang terjadi gangguan hum dan nois. Karena sistem grounding yang menjadi satu kesatuan.

Jika menggunakan tone kontro sperti ini biasanya menggunakan power amplifier daya rendah untuk ampli rumahan. sehingga perlu perhatian khusus pada sistem gangguan. Karena kit subwofer jika suplaynya tidak matang akan menimbulkan hum yang sangat terdengar dengan jelas ketika input diam.

Berikut ini merupakan gambar secara diagram block per block bagaimana memasang kit subwofer pada amplifier.

Cara Memasang KIT Subwoofer

Sistem ini sangat mirip dengan sistem yang digunakan pada speaker aktif, hal ini akan memungkinkan ketika tone kontrol distel minim semua, kita subwover akan tetap bekerja tanpa terpengaruh potensio dari tone kontrol.
cara membuat suplay power suplay untuk kit tone kontrol sub


Suplay pada kit subwofer yang menggunakan ic 4558 yaitu 15 volt dc ct .sehingga perlu pengukuran tegangan sebelum menghubungkan dengan supplay agar tidak terjadi short pada ic. 12 volt akan menjadi pilihan tepat dan garis aman untuk kit ini.

Jika hasilnya sangat kasar maka bisa menambah nilai resistor pembatas yang menuju input ampllifier sebesar 47k 0hm.

Demikian artikel kali ini semoga sedikit membantu rekan sekalian.

0 Response to "Cara Paling Sederhana Memasang KIT Subwoofer "

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel