Cara Memperbaiki TV Polytron Diva Xbr Mati Total


Kali ini saya mendapat servisan tv polytron lagi dengan gejala mati total. Tv polytron Xbr ukuran 21 inci. dengan ada logo diva pada osd.

Ketika saya tanya gejala awalnya akan mati kepada pemilik mengatakan,, ada keanehan pada tv, layar tiba-tiba melebar tidak lama kemudian tv langsung mati total tanpa ada kedip-kedip sedikitpun.

Satu kesimpulan awal bahwa tv polytron ini tidak mati seperti biasa. Jika biasanya memeprbaiki pada blog regulator langsung terselesaikan, kemungkinan kali ini agak sedikit ribet karena ada gejala lain yaitu pada saat sebelum mati layar mengalami melebar kekiri ke kanan secara tiba-tiba sebelum akhirnya TV mati.

Perbaikan dimulai!!

Seperti biasa lah, bersih-bersih pcb karena pasti debu tebal selalu menyelimuti komponen mesin tv.

Kemudian saya langsung menuju arah transistor horizontal. c 6090 yang ternyata terlihat gosong dan retak pada body transistor. wah ini pasti ada masalah pada komponen demper horizontal terutama pada capasitor milar resonant. Parah!

Capasitro resonant menggunakan ukuran 33nf 1600v biru, setelah dicek ternyata capasitasnya sudah turun. Pantas saja jika layar melebar, karena semakin kecil nilai kapasitor maka layar akan semakin lebar kemudian transistor horizontal akan bekerja lebih panas. Flyback akan menyemburkan tegangan lebih besar. Sehingga wajar, jika transistror horizontal bisa terbakar.

Ternyata setelah saya amati lagi, tv polytron ini menggunakan driver EW, untuk melebarkan layar atau mengatur ketegakan garis tepi bilah samping layar. Karena transistror horizontal saja sampai pecah, pasti transistror ini ikut-ikutan mati. Benar adanya setelah saya cek ternyarta memang transistor ini short.

Karena saya belum menyalakan tv dan langsung menuju ke permasalahan yaitu pada blog horozontal setelah penggantian komponen yang mati langsung runing test dengan menyelakan tv , belum mengganti ic power suplay. Ternyata, langsung bisa start, berarti permasalahan hanya pada komponen blog horizontal yang semuanya memang short.

Saya tidak menyangka jika pada blog power suplay tidak terdampak short. Mungkin tegangan hanya tertahan. sehingga tv polytron DIVA xbr ini mati total. tapi biasanya jika terjadi short masih ada led indikator menyala meski berkedip-kedip. Tapi tidak apalah yang penting bayaran . clingggg!!!

Semoga bermanfaat!!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.