Menurut Anda Sound System Sekedar Hobi Atau Bisnis?

Menurut Anda Sound System Sekedar Hobi Atau Bisnis?

Sound sistem semakin ke sini- semakin maju, terus terjadi berbagai inovasi dari mulai; speaker,amplifier, acsesoris, maupun box speakernya. Semua berkat dampak kemajuan teknologi internet. Karena bagaimanapun para penggemar audio saat ini, dengan mudah mengakses bebagai macam informasi mengenai berbagai hal terutama para sound enginer.

Dulu ketika jarang pengetahuan informasi, seolah perangkat sound seperti tabu sehingga macamnya monoton. Hal ini karena mungkin forum tetang audio masih terbatas hanya orang-orang itu saja. Berbeda dengan saat ini sudah banyak forum yang lebih luas untuk lebih menggali iformasi agar lebih baik, misalnya melalui group-group di facebook.

Sebagai contoh:, jika dulu box sound sistem hanya berbentuk kotak, balok, satu speaker satu, sehingga untuk membawanya harus muat satu truk meskipun itu hanya untuk acara hajatan, berbeda untuk sekarang sudah berubah menjadi lebih ringkas.

Jika dulu taunya speaker hanya cnon dan acr sekarang sudah tau berbagai macam speaker. yang menjadi ukuran kemajuan nyata adalah sound build up. Dulu orang akan terheran heran ketika ada orang yang memiliki rental sound sistem build up, karena mereka belum mengetahui berapa harga sound tersebut. Karena saat ini sudah bisa mengakses bahkan bisa mebandingkan harga pasaran sebuah perangkat, sehingga bisa menjadi bahan perbandingan untuk bisa membeli sound build up.

Salah satu yang nyata pada perangkat power amplifier. Bahkan jika dibandingkan antara merakit, dengan membeli ampli build up bisa sama. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan diantara merakit atau membeli sudah jadi. Tentu ini kembali pada soundman tersebut. Jika hobi merakti sendiri akan menjdi kebanggan jika bisa erakit sendiri. berbeda dengan anda ang mungkin tidak bisa merakit amplifier sendri maka mungkin lebih hemat jika membeli build up. karena kualitas audio yang dihasilkan akan berbeda. antara rakitan dan build up.

 Intinya para penggemar audio saat ini sudah lebih jauh berkembang.

Kemudian.......

Sekarang ini banyak yang bingung ketika rental sound mereka sepi job. Mereka selalu mengeluh ketika sound mereka tidak keluar beberapa bulan. Bahkan setahun bisa dihitung 3 -4 kali saja. lalu apakah ini sebuah bisnis atau hanya menjadi hobi belaka?

Miris memang, jika kita hitung untuk satu kali sound digunakan keuntungunnya tidak sebanding bahkan keuntungan satu kali main, tidak bisa menutup untuk membeli satu perangkat saja.

Misalnya pada satu acara hajatan 3 hari, per hari kita katakan 750 ribu, kemudian kali tiga 2150.000. . untuk bayar solar. 300.000.unutk bayar tenaga, 300.000 per tiga hari. trnasport dan lain-lain. ya terim bersih sekitar 1 jtan lah. Harga segitu merupakan kelas lumaya jika di daerah saya. suara suarah glerr.

Degan gambaran harga seperti itu ada kemungkinan alat mengalami kerusakan. Dalam hal ini masuk kedalam uang satu juta kemudian disisihkan untuk asuransi alat. Karena kemungkinan besar elektronik akan mengalami kerusakan. Sukur bisa memperbaiki sendiri, namun tidak semua sound man dan pemilik sound ini memiliki kemampuan untuk memperbaiki sendiri. Jika tidak maka kemungkinan memakan biyaya yang lumayan besar.

Nah, itu dilihat dari sudut pandag bisnis. sekarang pilihan kita, apakah hobi atau menjadikan sebuah ide bisnis yang lumayan.

Jika dilihat dari sudut pandang hobi, memang jika merasakan sound anda tidak keluar atau sepi job tidak menjadi pokok permasalahan yang serius. Karena memang hobi. Hobi yang memang mahal begitu kira-kira. hehe!

Semakin kesini banyak orang yang terjerumus dalam melihat usaha sound sistem. Orang dari daerah menjual banyak hal untuk bisa memiliki satu set sound sistem. Aset mereka dialihkan ke perangkat sound sistem. Ada beberapa orang ingin sekali memiliki sound sistem, mereka rela menjual sebidang tanah. Itu sebenarnya bukan kabar yang baik.

Penting perlu mempertimbangkan juga masalah kedepanya karena sound sisem pada bulan tertentu akan mengalami sepi, misalya bulan ramadhan dan bulan-bulan lain yang sepi dengan orang hajatan.

Itu terserah Masing-masing orang mengani aset mereka yang dialihkan ke sound sistem. Namun yang pelu diingat adalah persaingan semakin tinggi. Jika memang di daerah anda jarang pemilik sound sistem ini menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Bahkan sederhananya ketika hanya memiliki 4 buah speaker 15 inci kemudian disambung dengan corong toa saja sudah menghasilkan. Keuntungan akan lebih daripada yang menggunakan peralatan mahal. Namun kembali lagi pada peluang.

Sound sistem besar, biasanya memiliki jaringan EO, sehingga sekali main bisa mendapatkan event besar. Sehingga itu bisa menutup biaya yang dikeluarkan jika memang memiliki jaringan yang luas.

hehehe,, ini hanyalah gurauan jika anda memiliki pendapat silhakan di postkan di komentar mengenai sound sistem sekedar hobi atau bisnis????


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Menurut Anda Sound System Sekedar Hobi Atau Bisnis?"